Seberapa Sering Jeans Seharusnya Dicuci? Ini Penjelasan Ahli

Kancing kecil di celana jeans Levi's
Sumber :
  • instagram.com/levis

Jakarta – Denim atau jeans telah ditemukan lebih dari 150 tahun yang lalu, dan pertanyaan mengenai bagaimana dan kapan waktu tepat untuk mencuci pakaian itu sudah lama menjadi perdebatan. 

Sering Terlupa, Ini Alasan Bak Cuci Dapur Tidak Boleh Dianggap Sepele

Meskipun banyak orang memilih untuk tidak pernah mencuci jeans mereka, direktur desain Levi's Paul O'Neill secara pribadi mengatakan bahwa dia mencuci jeans miliknya setiap "30 hingga 50 kali pemakaian". 

O'Neill mengatakan kepada Australian Financial Review bahwa dia merekomendasikan untuk mencuci jeans dengan siklus lembut, yaitu dengan menggunakan air dingin agar warnanya tidak pudar, dan menggantung atau menjemurnya di luar agar kering dan jangan pernah mengeringkan dengan mesin. 

Capim KPK Hari Ini Jalani Tes Tulis, Belasan Ahli Dilibatkan Susun Pertanyaan

celana jeans

Photo :
  • U-Report

“Semakin sering Anda mencuci denim Anda, semakin ringan jadinya jeans itu karena ia akan kehilangan indigo di setiap pencucian,” katanya. 

Padukan Gaya Kontemporer dan Klasik, Poppy Dharsono-Riki Damanik Hadirkan Fashion Fusion di JF3

Namun, dia menjelaskan bahwa seberapa sering jeans harus dicuci tergantung pada preferensi pribadi dan tidak ada cara yang “resmi”. 

Daripada mencuci jeans, beberapa orang menemukan cara lain untuk menyegarkannya seperti memasukkannya ke dalam freezer, menyemprotnya dengan cuka atau menjemurnya di bawah sinar matahari untuk "pencucian UV" untuk membunuh bakteri, kata O'Neill. 

Mary Lou Ryan, salah satu pendiri merek pakaian Bassike, mengatakan bahwa dia hanya mencuci celana jeansnya jika perlu dengan sedikit deterjen ringan. "Saya mencucinya dari dalam ke luar untuk melindungi serat luar, dengan siklus yang lembut, jika ada noda di sana," kata direktur keberlanjutan perusahaan Bassike itu. 

Meskipun jika kamu memilih untuk tidak mencuci jeans sama sekali, sedikit laundry spray pada noda sudah cukup, lanjutnya. 

Di sisi lain, stylist Jane Herman, yang memiliki buletin bernama Jane on Jeans yang ia dedikasikan untuk semua hal tentang denim, percaya bahwa satu-satunya orang yang tau seberapa sering jeans kamu harus mencuci jeans adalah dirimu sendiri. 

“Saya adalah jeans saya,” aku Herman. “Saya tidak mencucinya setiap kali saya selesai memakainya, tapi saya punya anak kecil, jadi noda makanan dan tempat bermain yang berantakan selalu menjadi alasan saya untuk mencuci jeans.”

Celana jeans.

Photo :
  • U-Report

Nasihat blogger itu untuk mencuci jeans mirip dengan pakar lainnya: air dingin, sedikit detergen ringan, dan "keringkan seluruhnya" tanpa mesin. 

Dia juga mengatakan bahwa beberapa jeans terlihat dan terasa lebih baik saat tidak dicuci, menekankan bahwa ini tentang preferensi pribadi. “Jika Anda tidak ingin mencuci jeans Anda, maka jangan lakukan. Jika Anda ingin melakukannya, ya silahkan. Mereka adalah jeans Anda. Itu yang membuat mereka hebat,” kata Herman. 

Sementara itu, Gen Z telah memutuskan bahwa skinny jeans sudah ketinggalan zaman. Orang-orang sekarang memilih untuk memakai jeans baggier, seperti jeans lebar kaki yang lebih longgar, atau mother jeans dan father jeans yang lebih oldschool.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya