5 Agama Terbesar di Dunia dengan Jumlah Pemeluk Terbanyak, Islam Urutan Berapa?

Suasana salat subuh di Masjidil Haram Mekah Arab Saudi
Sumber :
  • Reasahalharamain

Jakarta – Agama merupakan sistem ajaran yang mengatur tata keimanan atau kepercayaan serta peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, agama juga menjadi tata kaidah yang berkaitan dengan kehidupan manusia di dunia. Sejumlah agama yang tersebar di muka bumi adalah Islam, Kristen, Buddha, sampai Hindu

Kuliah Umum di Rusia, Megawati Paparkan "Model Penjajahan Gaya Baru"

Jumlah pemeluk setiap agama juga bermacam-macam, bahkan ada yang totalnya mencapai miliaran orang. Melansir situ Pew Research Center, dari jumlah populasi orang di seluruh dunia, hampir 84% di antaranya menganut paham agama, sedangkan sisanya tidak memiliki agama apa pun. Nah, untuk kamu yang penasaran berikut ulasan selengkapnya. 

1. Kristen

Kuliah Umum di Rusia, Megawati Ingatkan Potensi Konflik Dunia akibat Penyalahgunaan AI

Gereja Katedral Jakarta.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Wilibrodus

Agama dengan pengikut terbanyak di dunia adalah Kristen. Dilihat dari hasil studi yang dilakukan pada tahun 2022, jumlah pemeluk agama Kristen mencapai 2,4 miliar, kemudian terbagi atas teologi Barat dan Timur.Mengutip situs Encyclopedia Britannica, Kekristenan memiliki enam cabang untuk dipilih oleh setiap orang percaya.

BNI Masuk Daftar 1.000 Perusahaan Terbaik Dunia 2024

Cabang-cabangnya itu meliputi Catholicism, Protestantism, Eastern Orthodoxy, Anglicanism, Oriental Orthodoxy, dan Assyrians. Negara dengan orang Kristen terbanyak di dunia adalah Amerika Serikat, dengan 253 juta orang percaya. Diikuti oleh Brasil dengan 185 juta orang dan Meksiko dengan 118 juta orang.

2. Islam

Suasana salat subuh di Masjidil Haram Mekah Arab Saudi

Photo :
  • Reasahalharamain

Agama terbesar kedua di dunia adalah Islam. Jumlah pemeluk Islam di muka bumi ini telah mencapai 1,8 miliar orang. Di negara-negara seperti Maladewa, Arab Saudi dan Mauritania, jumlah pemeluk Islam hampir menyentuh angka 100%.

Sementara di beberapa negara Timur Tengah lainnya seperti Kuwait, Iran, Sudan, Pakistan, Turki dan Afghanistan, jumlah penganut agama Islam mencapai 95%. Diprediksi jumlah pemeluk Islam akan meningkat pesat dari waktu ke waktu. Menurut sebuah penelitian, jumlah pemeluk Islam bisa mencapai 3 miliar pada tahun 2060.

3. Hindu

Pura Taman Ayun Bali.

Photo :
  • U-Report

Agama Hindu juga termasuk ke dalam daftar agama terbesar di dunia dengan jumlah pengikut mencapai 1,2 miliar jiwa. Fakta yang menarik dari agama ini adalah bahwa jumlah umat Hindu terbesar berada di tiga negara yaitu India, Nepal dan Mauritius.

Hampir 80 persen populasi di India menganut agama Hindu, diikuti oleh Nepal sebesar 79 persen, dan terakhir Mauritius sebesar 48 persen. Umat ??Hindu lainnya tersebar di Karibia, Asia Tenggara, dan Amerika Utara serta Amerika Selatan.

4. Buddha

Biara Buddha di negara bagian Sikkem, India

Photo :
  • Sumber BBC

Agama terbesar kedua di dunia adalah Buddhisme atau Buddha, dengan lebih dari 500 juta orang pengikut yang ada di planet ini. Menariknya, sebanyak 18% atau sekitar 250 juta pemeluk agama Buddha tinggal di wilayah China daratan.

Banyak pengikut Buddha yang tersisa tinggal di Asia Timur dan Selatan, salah satunya di Thailand. Menurut catatan, hampir 93% penduduk Thailand beragama Buddha, nomor dua setelah China di negara dengan jumlah umat Buddha terbesar.

5. Shintoisme

Kuil Shinto di Jepang.

Photo :
  • Pexels

Agama terbesar terakhir di dunia adalah Shintoisme. Sebagai referensi, agama ini mulai berkembang di Jepang sekitar abad ke-8 Masehi. Pada tahun 2022, jumlah penganut Shinto di dunia akan mencapai 104 juta. Agama ini lebih cenderung menjadi dasar dari banyak praktik budaya di Jepang.

Agama Lain dengan Pengikut Terbanyak

Yahudi.

Photo :
  • U-Report

Jika di atas adalah daftar lima agama terbesar di dunia, di bawah ini adalah lima agama lain dengan jumlah pengikut terbanyak di dunia. Namun perlu diingat bahwa kurang dari 50 juta orang mempraktikkan agama ini. Berikut ulasan selengkapnya seperti dilansir laman Encyclopaedia Britannica.

Sikhisme memiliki pengikut sebanyak 25 juta di seluruh dunia. Kemudian ada Yahudi dengan total pemeluk agama Yahudi sebesar 14 juta orang di seluruh dunia. Taoisme memiliki  jumlah pemeluk agama ini sudah mencapai 12 juta jiwa di bumi. Muisme memiliki penganut 10 juta orang. Terakhir, Cao Dai memiliki pengikut sebanyak 4,4 juta jiwa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya