Tren Belanja Selama Ramadhan Meningkat, Ini Barang Incaran Masyarakat

Ilustrasi pelanggan belanja.
Sumber :
  • Pixabay/ Preis_King

VIVA Lifestyle – Sepekan sudah umat muslim di dunia menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Berbicara mengenai Ramadhan tren berbelanja diketahui juga ikut mengalami kenaikan. 

Promo 11.11 Tokopedia, Banyak Promo dan Cashback Perlengkapan Rumah Tangga Hingga Otomotif

Chief Marketing Officer Lazada Indonesia, Intan Ayu Kartika mengungkap perilaku berbelanja di bulan Ramadhan selalu meningkat setiap tahunnya. Hal ini lantaran untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama Ramadhan hingga Lebaran. Scroll lebih lanjut ya.

“Bicara Ramadhan, Lebaran kita liat tahun ke tahun ada peningkatan pembelian karena memang itulah season-nya. Kita ada tradisi lebaran identik dengan baju baru, mudik bawa oleh-oleh, identik dengan banyak berbagi jadi itu semua yang berkontribusi konsumsi termasuk tahun ini,” kata dia dalam Buka Puasa Ramadhan Lazada, Rabu 29 Maret 2023.

Kehadiran AI Mengubah Perilaku Konsumen saat Belanja Online

Lebih lanjut diungkap Intan Ayu, lebih dari separuh masyarakat Indonesia sudah berencana membelanjakan dana tunjangan hari raya (THR) secara daring. 

Jelang Hari Belanja Nasional, E-Commerce Ini Unggul dalam Kualitas Layanan & Kepuasan Belanja Online

“Meski sudah offline, tapi riset ada kebiasaan terbangun dua, tiga tahun akan ada konsumen yang teruskan untuk belanja online,” ujarnya.

Sementara itu, berbicara mengenai peningkatan berbelanja selama bulan puasa beberapa katagori yang paling banyak diburu antara lain adalah kebutuhan Ramadhan.

Ilustrasi belanja online.

Photo :
  • readersdigest

“Ada beberapa katagori penjualannya meningkat dibanding katagori lain contoh pakaian cari gamis untuk, paket lebaran, kebutuhan saat ramadhan seperti kurma bikin kue. Make up skincare, otomotif untuk mudik. Bikin rumah cantik siapkan kue lebaran atau sesuatu spesial. Itu yang buat peningkatan,” katanya.

Berbicara mengenai belanja online pihaknya juga telah mempersiapkan program Program Membeli Untuk Memberi. Program yang berlangsung sejak 30 Maret hingga 8 April pihaknya telah menyediakan paket lebaran yang akan diserahkan kepada sekitar 100 ribu penerima paket di berbagai kota di Indonesia. 

Paket tersebut akan berisikan barang-barang dari tiga kategori produk yang diprediksi akan menjadi pembelanjaan belanja tertinggi selama bulan Ramadhan tahun ini, yaitu kategori pakaian, hadiah, hingga bahan makanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya