Hari Peduli Sampah Nasional, Jangan Langsung Buang Kemasan Belanja

Ilustrasi belanja/sale.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Lifestyle – Dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2023, Blibli memberi insentif untuk setiap kemasan bekas yang dikembalikan pelanggan akan diganjar 10 reward points, 10 kali lebih tinggi dari belanja online regular, dan untuk setiap 10 kemasan yang dikembalikan, tiap pelanggan telah turut mendonasikan satu bibit pohon. 

Aturan Kemasan Rokok Polos Dinilai Tumpang Tindih dan Melawan UU Merek

“Ini merupakan keuntungan bernilai tambah bagi pelanggan karena poin reward tersebut dapat digunakan untuk berbelanja kembali di ekosistem Blibli Tiket, baik itu belanja aneka kebutuhan di Blibli, pesan berbagai jenis tiket dan kamar hotel di tiket.com, atau belanja groceries berkualitas premium di Ranch Market lewat aplikasi Blibli” ujar Lisa Widodo, COO & Co-Founder Blibli, dalam keterangan pers.

Ilustrasi daur ulang sampah.

Photo :
  • ist
Praktisi Pemasaran Ungkap Dampak Buruk Kemasan Rokok Tanpa Merek

Untuk mendapat reward ini, pelanggan dapat mengembalikan sampah kemasan belanja online berupa kardus dan plastik melalui kurir Blibli Express Service (BES) saat mengantar pesanan belanja online. Extra points akan ditambahkan langsung ke akun pelanggan.

“Tanggung jawab untuk menjaga dan merawat bumi ada di tangan kita. Daur ulang sampah bukan hanya tentang ekonomi sirkular, namun juga upaya berkelanjutan untuk menjaga bumi dan berkontribusi pada tercapainya emisi nol," tambah Lisa

Arvindo Sebut Penerapan Kemasan Polos Bikin Rugi Industri Rokok Elektronik

"Di momen peringatan Hari Peduli Sampah Nasional kali ini, Blibli terus mengajak seluruh masyarakat untuk mengelola sampah dengan bijak, seraya ikut menyebarkan semangat yang sama ke lingkungan sekitar. Karena setiap langkah kecil dari kebaikan yang kita mulai akan membawa dampak yang besar bagi kelangsungan masa depan,” lanjutnya.

Ilustrasi belanja online.

Photo :
  • siliconrepublic

Blibli terus aktif dalam upaya pelestarian lingkungan sejak tahun 2020, yang dimulai dengan peluncuran program Blibli Cinta Bumi untuk mendorong konsumen menerapkan gaya hidup yang lebih sadar lingkungan, yakni melalui layanan pengumpulan sampah (waste collection services), diikuti upaya internal untuk mengelola sampah yang terkumpul menjadi filler packaging, serta konversi jumlah sampah yang dikumpulkan dari pelanggan untuk program penghijauan di berbagai lokasi di Indonesia.

Berkat partisipasi aktif pelanggan, karyawan, dan mitra bisnis, program ini telah berhasil mengumpulkan 30 ribu kemasan kardus bekas di sepanjang tahun 2022 atau lonjakan partisipasi 3x dibanding tahun sebelumnya. Blibli juga menerapkan kebijakan hijau menarik berupa konversi 10 kardus bekas belanja online setara dengan satu bibit pohon. Adapun per akhir tahun lalu, Blibli tercatat telah menanam 3.000 bibit pohon mangrove di kawasan pesisir Tambakrejo, Semarang, Jawa Tengah, yang dilakukan berkolaborasi dengan Djarum Foundation Bakti Lingkungan.

Blibli kemudian memperluas upaya hijaunya pada 2022 dengan mengolah sekitar 2,6 ton sampah plastik yang dikumpulkan bersama mitra usaha dari berbagai acara publik (konser, eksibisi, dll) menjadi produk dengan kemanfaatan baru. Bahkan Blibli meluncurkan laman khusus Blibli Cinta Bumi Eco Hub sebagai ruang pajang produk daur ulang Blibli bersama beragam produk artisan ramah lingkungan karya UMKM lokal dan merek global. 

Thomas Franken, Direktur K, Portfolio Plastics & Rubber, Messe Düsseldorf GmbH.

Industri Plastik dan Karet Indonesia Didorong Akselerasi Penerapan Ekonomi Hijau

Messe Düsseldorf mendorong para pengusaha industri plastik dan karet Indonesia untuk mengakselerasi penerapan industri hijau.

img_title
VIVA.co.id
21 November 2024