Pengunjung Membludak, Produk Peserta Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) Laris Terjual
- ist
VIVA Lifestyle – Memasuki hari kedua Pekan Puncak Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022, mendapatkan tanggapan positif dari pengunjung. Bukan hanya melihat-lihat, para pengunjung juga membeli produk yang dipamerkan.
Acara yang berlangsung 6-9 Oktober di AEON Mall BSD City, Tangerang itu memamerkan produk kreatif terbaik dari 16 peserta AKI 2022 yang disaring dari finalis AKI di 16 kabupaten/kota berdasarkan penilaian oleh mentor AKI dan Kemenparekraf. Yuk scroll artikel selengkapnya berikut ini.
Untuk diketahui, rangkaian pameran AKI 2022 telah dilaksanakan di 16 kota/kabupaten, mencakup Tasikmalaya – Cirebon – Yogyakarta – Tegal – Banjarmasin – Padang – Tangerang – Cilegon – Pontianak - Banda Aceh – Jember – Kendari - Sidoarjo – Jambi – Ambon dan Pekanbaru.
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo di hari kedua perhelatan Pekan Puncak Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 mengunjungi satu per satu 16 booth peserta perwakilan dari 16 daerah ini. Selama kunjungan, ia juga berdialog dengan peserta pameran.
“Saya lihat satu persatu booth peserta. Yang bikin saya senang ada peserta AKI yang bergerak di bidang social preneur yang membantu ibu-ibu di daerah, itu membantu kita melestarikan budaya. Ada juga peserta yang memakai produk daur ulang yang ramah lingkungan,” ujar Angela dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.
Selama dialog, Angela mengaku bangga ada peserta dengan brand sendiri yang telah mengekspor produknya. Angela menilai produk pelaku ekonomi kreatif yang dipamerkan di AEON Mall BSD memiliki kualitas baik dan bagus.
“Keren banget, beragam produk AKI ini bisa menjadi solusi dari kebutuhan dan permasalahan kita sehari-hari. Salah satunya ada aplikasi betukang.id yang menyediakan jasa tukang dari berbagai keahlian, udah nggak khawatir lagi kalau tiba-tiba atap di rumah bocor,” tambahnya.
Mengusung tema ‘Legenda untuk Indonesia’ diharapkan Pekan Puncak AKI 2022 mampu melahirkan tokoh terkenal, dan menjadi ikon produk lokal yang bisa menjadi legenda untuk Indonesia.
Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) merupakan program unggulan pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif.
Finalis AKI 2022 merupakan hasil dari kurasi dengan total pendaftar 6.531, dengan total finalis dari 16 Kabupaten/Kota adalah 433 yang terdiri dari subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film, dan musik.
Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) merupakan program unggulan pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fashion, aplikasi, film, dan musik, yang diselenggarakan di 16 Kota/Kabupaten di Indonesia.
Program ini diharapkan hadir untuk mendorong UMKM kreatif Indonesia naik kelas dan percepatan pertumbuhan ekonomi.
AKI berhasil menjadi wadah untuk kolaborasi pelaku ekonomi kreatif, bahkan bertemu dengan potential buyer dan investor. Keberhasilan AKI 2021 itu dilanjutkan pada 2022 dan membuahkan dampak positif.
Pada hari kedua Pekan Puncak AKI 2022 disemarakkan penampilan KAHITNA, sebuah grup band legendaris di Indonesia. Empat lantai AEON Mall BSD dipenuhi oleh masyarakat yang ingin bernyanyi bersama grup band legendaris ini.
KAHITNA menutup penampilan dengan lagu Cantik. “Jangan lupa untuk mengunjungi dan membeli produk di antara booth-booth ini, saya pengen liat produk anyaman yang ada di sana deh,” seru Hedi Yunus, salah satu personil KAHITNA.
Hari ketiga dan keempat Pekan Puncak AKI 2022 masyarakat dihibur oleh penampilan Vidi Aldiano dan JKT48.