Mau Bisnis? Kamu Wajib Tahu Tips Ini
- Pixabay/bykst
VIVA Lifestyle – Selain komposisi yang berkualitas, dalam menciptakan sebuah bisnis produk, hal yang tak boleh disepelekan adalah kemasan. Kemasan suatu produk tak berhenti pada fungsi sebagai sarana wadah saja yang melindungi isi, namun juga bagian dari nilai jual.
Kemasan yang dipikirkan dengan matang akan menarik minat pelanggan. Sehingga mampu meningkatkan penjualan produk tersebut. Kemasan sebuah produk dapat menciptakan karakter dan citra produk itu sendiri.
"Kemasan penting bagi sebuah produk, tak terkecuali industri kosmetik. Sebab bisa menjadi suatu brand image produk itu sendiri," kata Mohamad Ari jatmiko, selaku Sales Supervisor PT Lisaboy Gaya Cantika, salah satu perusahaan importir dan supplier skincare maupun kosmetik terbesar di Indonesia.
Ari menambahkan, kemasan produk yang menarik akan meninggalkan kesan kepada calon konsumen maupun konsumen. Tak jarang, banyak orang yang membeli sebuah produk karena kemasannya yang unik dan menarik perhatian mereka.
"Agar konsumen mengenal secara mendalam ketika melihat produk dari segi bentuk dan warna misalnya," imbuhnya.
Menurut Ari, dalam membuat kemasan produk kecantikan perlu memerhatikan material kemasan. Ia mengatakan jika kemasan akan terlihat lebih menarik dan eksklusif jika terbuat dari akrilik, kaca, logam dan plastik.
Tak sampai di situ, dalam menciptakan kemasan yang menarik, material juga harus berkolaborasi dengan desain. Desain yang dibuat juga harus point out dan tidak terlalu ramai.
Memikirkan konsep kemasan produk memang cukup rumit. Sehingga muncullah jasa-jasa atau perusahaan yang juga fokus pada desain kemasan seperti PT Lisaboy Gaya Cantika. Perusahaan ini telah beroperasi sejak tahun 2017. Hingga saat ini, mereka telah menangani lebih dari 100 brand kosmetik.
Dalam menciptakan kemasan produk kosmetik, harus memperhatikan detail dan memikirkan matang-matang konsepnya. Sebelum dikirim ke pihak klien, kemasan akan melewati proses Quality Control yang sangat ketat, maka tak heran jika kemasan yang sampai di tangan klien adalah yang terbaik.