Cara Unik Media Luar Ruang, Seniman Diajak Kerjasama
- Jaris & K
VIVA Lifestyle – Ada banyak cara yang kini bisa dilakukan agar dilihat banyak orang. Salah satunya Out-of-Home (OOH) Media Advertising atau iklan media luar ruang. Saat ini medi luar ruang telah mengalami banyak pergeseran menjadi lebih inovatif dan mengikuti perkembangan zaman. Industri media luar ruang kini telah berkolaborasi secara digital seperti digital billboard salah satunya.
Peralihan OOH konvensional ke media digital ini pastinya telah dilakukan oleh para perusahaan iklan. Namun tak berhenti sampai di situ, para perusahaan iklan perlu memberikan sentuhan khas untuk membuat media luar ruang mereka menjadi lebih eksklusif.
Efektifitas OOH dalam menyampaikan suatu konten masih relevan hingga saat ini, karena media luar ruang dipasang di lokasi-lokasi strategis yang dapat menjangkau masyarakat lebih banyak. Hal lain yang jadi faktor penentu ialah bagaimana pengemasannya agar iklan tersebut menjadi viral.
OOH dan media sosial bisa saling berintegrasi dalam mencapai awareness dan imagery. OOH bisa digunakan untuk memperkuat sebuah gerakan di media sosial, begitu pula sebaliknya. OOH menjadi media yang baik untuk menjembatani dunia nyata dan dunia maya. Kombinasi antara keduanya dapat menjaring audience yang lebih besar lagi.
Ketika konten dikemas secara kreatif dan meninggalkan kesan baik kemudian ditarik ke media sosial sehingga menjadi viral, di situ letak kemampuan OOH mengubah pemasaran di dunia nyata menjadi sensasi di media sosial. Hal ini yang dilakukan salah satu perusahaan creative OOH, Jaris & K.
Maka mereka menggandeng berbagai pihak, mulai dari seniman sampai influencer. Dengan adanya mereka maka aktivitas yang dibuat akan semakin kreatif.
"Para influencer tersebut memiliki pengikut secara daring dan luring yang dapat membentuk sebuah opini publik yang kuat apabila dikemas dengan aktivitas dan konsep yang kreatif tanpa mengurangi ciri khas dari para tokoh influencer tersebut yang berefek untuk meningkatkan visibilitas brand," kata Komarudin Fuad, Direktur Utama Jaris & K dalam keterangan tertulisnya.
Nantinya, mereka akan menyediakan konten kreatif yang dibuat semenarik mungkin untuk memberikan engagement kepada target market brand. Diperkuat melalui digital yang tentunya akan memberikan dampak yang luar biasa pada brand awareness dan imagery brand tersebut.
Dalam hal ini, mereka memiliki strategi untuk menjangkau target market dari brand melalui viral efek yang dihasilkan dari integrasi media luar ruang, kreatif dan digital. Selain dapat menyasar target market sebanyak-banyaknya, viral efek ini juga bisa berguna untuk mengetahui eksistensi sebuah brand.