Kiat Zaskia Adya Mecca Pertahankan Bisnis Disaat Pandemi
- Instagram @zaskiadyamecca
VIVA Lifestyle – Dalam upaya mengedukasi, membuka akses kolaborasi, hingga menjadi sarana diskusi agar pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) termotivasi untuk terus maju dan berkembang, PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) menggelar rangkaian webinar UMKM Untuk Indonesia.
Acara yang diadakan sejak 10 Agustus hingga 15 September 2022 menghadirkan sejumlah praktisi hingga pengusaha inspiratif sebagai pembicara, salah satunya adalah selebriti yang juga pengusaha Zaskia Adya Mecca.
Istri dari sutradara Hanung Bramantyo ini berbagi kisah dalam mempertahankan bisnisnya di tengah pandemi melalui fokus kepada toko daring.
“Kita semuanya harus berubah menjadi adaptif di era digital. Alhamdulillah semua karyawan kita jadi belajar yang tadinya gak ngerti digital jadi melek digital, toko kita dari offline semuanya berubah jadi online,” ujar Zaskia belum lama ini.
.Zaskia juga membagikan pengalamannya membangun bisnis dari awal berikut tantangan yang ia hadapi. Selain itu, ia pun berbagi saran bagi para UMKM yang ingin mendapatkan suntikan dana dari pemodal.
“Dari awal, kita harus sudah siap dengan pengelolaan keuangan yang baik banget. Jadi, jangan berpikir karena UMKM, maka kita gak perlu memikirkan laporan keuangan yang oke,” ujar Zaskia.
Ajang minggu keempat ini dibuka oleh Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Hadiyanto, yang memaparkan bahwa sektor UMKM memainkan peran strategis bagi perekonomian nasional.
“Pemulihan ekonomi yang sedang mengalami kontraksi tentunya tidak lepas dari peran UMKM yang jumlahnya saat ini diperkirakan lebih dari 40 juta, dan lebih dari 99 persennya merupakan usaha skala mikro,” kata Hadiyanto.
“Berbagai program tersebut diharapkan dapat memperkuat UMKM, meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia, membuka lapangan pekerjaan baru, mendukung percepatan program penanggulangan kemiskinan, serta mengurangi kesenjangan antarindividu dan antardaerah dalam rangka menciptakan kesejahteraan masyarakat,” katanya.
Sementara itu Kepala Urusan Eksternal Sampoerna Ishak Danuningrat mengatakan, perusahaannya berkomitmen melakukan pembinaan berkelanjutan bagi UMKM, salah satunya melalui Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) yang rutin memberikan pelatihan kewirausahaan baik secara luar jaringan (luring) maupun dalam jaringan (daring), kepada masyarakat.
Beberapa program di antaranya adalah SETC Expo tahunan sebagai ajang pameran produk UMKM, dan gelaran bootcamp serta pelatihan daring bertajuk Festival Sampoerna untuk UMKM pada 2020 dan Semangat dan Aksi Perempuan Andalan untuk Indonesia (SAPA) pada 2021. Sementara pada 2022, Sampoerna mengadakan rangkaian webinar UMKM Untuk Indonesia.
Selain SETC, Sampoerna juga memiliki program pembinaan khusus UMKM toko kelontong, yaitu Sampoerna Retail Community (SRC).
“Sampoerna percaya bahwa pemberdayaan UMKM yang bersifat pembinaan dapat memberikan dampak jangka panjang bagi kualitas SDM, peningkatan daya saing usaha, hingga memberikan multiplier effect bagi masyarakat di sekitarnya,” Ishak.