5 Fakta Unik Negara Vatikan, Negara Terkecil Di Dunia

Negara Vatikan
Sumber :
  • Bussiness World

VIVA Lifestyle – Keindahan kota, karya seni yang tak terhitung dan pemerintahan yang dipimpin oleh Paus, merupakan salah satu daya tarik negara Vatikan. Vatikan terletak di kota Roma, Italia. Vatikan terkenal sebagai negara pusat Agama Katolik dan jadi tempat kediaman Paus. 

Paus Fransiskus Ucapkan Terima Kasih dalam Bahasa Indonesia: Semoga Tuhan Memberkati Kalian

Nah, selain hal di atas, ada beberapa fakta menarik lagi mengenai Vatikan, berikut 5 fakta manariknya : 

Negara Terkecil Di Dunia

Paus Fransiskus Gunakan Pesawat Garuda Indonesia Menuju ke Papua Nugini

Negara Vatikan

Photo :
  • Bussiness World

Banyak yang tak tahu bahwa Vatikan adalah negara dan bukan hanya salah satu kota di Italia. Vatikan adalah negara terkecil di dunia dengan luas wilayah hanya sekitar 44 hektar. 

Paus Fransiskus Tiba di Bandara Soekarno Hatta, Siap Bertolak ke Papua Nugini

Per 9 Maret 2022, populasi penduduk di Vatikan paling sedikit di dunia yaitu hanya 799 jiwa saja. Meski kecil, namun Vatikan memiliki statiun kereta, statiun radio, bendera, dan juga lagu kebangsaan mereka sendiri. 

Negara Vatikan dikelilingi oleh tembok sepanjang 3 km dalam kota Roma. Walaupun tak seberapa luas, namun Vatikan memiliki arsitektur yang sangat indah dan diperkirakan, tiap tahunnya, menarik lebih dari 5 juta wisatawan. 

Berdiri di Tahun 1929 Melalui Perjanjian 

Vatikan

Photo :
  • VIVA/Ezra Sihite

Vatikan menjadi negara kediaman Paus dan menjadi pusat Gereja Katolik Roma. Gereja katolik memang sudah ada sejak dulu, namun tidak dengan Vatikan. Nama resmi Kota Vatikan baru berdiri pada tahun 1929 saat penandatanganan perjanjian.

Tanggal 11 Februari 1929 perjanjian Lateran (Corcondat) ditandatangai oleh Kardinal Gaspari mewakili Paus XI dan Bennito Mussolini mewakili Raja Victor Emmanuel III yang berisi tentang tiga poin utama yaitu (1) diakuinya Negara Vatikan yang berdaulan dan merdeka di bawah pemerintahan Tahta Suci; (2) status istimewa Agama Katholik di Italia; dan (3) ganti rugi terhadap Vatikan atas kerugian saat Kerajaan Italia berdiri. 

Kewarganegaraan Ditentukan Oleh Pekerjaan, Bukan Kelahiran

Prosesi di Dalam Gereja Vatikan

Photo :
  • VIVAnews/Azis Nurwahyudi

Biasanya di belahan dunia lain, kewarganegaraan seseorang akan ditentukan di tempat ia lahir atau ikut dengan asal orang tua. Namun, berbeda dengan Vatikan, yang mana kewarganegaraannya di dapat dari pekerjaan.

Jadi, untuk mendapat status warga negara Vatikan, maka harus memiliki pekerjaan dalam kapasitas tertentu di pelayanan Tahta Suci untuk menjadi warga negara Vatikan. Jika seseorang kehilangan pekerjaanya, maka kewarganegaraanya pun dicabut dan secara otomatis "hanya" akan menjadi warga negara Italia.

Memiliki Karya Seni dan Buku Terbanyak Di Dunia

Perpustakaan Apostolik Vatikan.

Photo :
  • www.esa.int

Museum Vatikan merupakan salah satu museum dengan koleksi seni terbanyak di dunia. Ada sekitar 70 ribu karya seni di sini.

Jika dipajang berbaris, koleksinya bisa sepanjang 15 kilometer. Ada 54 galeri dan museum yang bisa dikunjungi di sini. Kapel Sistine dan Gereja Basilika Santo Petrus menjadi salah satu yang populer di kalangan wisatawan. 

Vatikan kerja sama digitalisasi koleksi perpustakaan dengan ESA

Photo :
  • www.esa.int

Vatikan juga merupakan negara yang memiliki perpustakaan dengan buku terbanyak di dunia, dengan lebih dari 1,1 juta buku dalam koleksinya, dan sekitar 6.000 buku baru ditambahkan setiap tahunnya.

Perpustakaan di Vatikan memiliki koleksi sangat besar untuk buku-buku berbahasa Latin, Yunani, dan Ibrani. Perpustakaan Vatikan juga memiliki koleksi klasik hingga agama dan filsafat, lengkap dengan buku-buku tertua yang berasal dari abad pertama.

Bahkan, di bawah tanah, terdapat brankas yang dijaga sangat ketat karena berisi arsip arsip kuno bersejarah dan bersifat sangat rahasia. 

Satu Satunya Negara Warisan Unesco

Vatican Media/REUTERS

Photo :
  • dw

Italia memang menjadi tempat dengan banyak warisan sejarah, namun hanya Vatikan yang menjadi satu satunya negara warisan Unesco Vatikan menjadi negara warisan situs sejarah Unesco sejak 1984.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya