5 Fakta Negara Republik Guinea, Alat Kelamin Wanita Sering Dimutilasi

potret penduduk Guinea Khatulistiwa
Sumber :
  • Miguel Obono Ekieme/Wikimedia

VIVA Lifestyle – Fakta negara Republik Guinea tidak semua orang mengetahuinya, termasuk dengan Indonesia. Ibu kota Conakry terletak di Afrika Barat, berbatasan dengan Samudra Atlantik di barat dan selatan, Gunung Sahara di utara, dan Gunung Kamerun di timur.

Timnas Indonesia Lolos Olimpiade 2024 karena Guinea Didiskualifikasi, Benarkah?

Orang sering beralih antara Republik Guinea dan Guinea-Bissau. Padahal, keduanya adalah negara yang berbeda. Untuk membedakan Republik Guinea dari Guinea-Bissau dan Republik Equatorial Guinea, negara ini sering disebut sebagai Guinea-Conakry.

Guinea adalah negara Afrika Barat yang terkenal dengan sumber daya mineralnya yang kaya dan beragam habitat serta satwa liar. Bangsa ini memiliki perkiraan populasi 12,3 juta dan ibu kota dan kota terbesarnya adalah Conakry.

Ernando Ari Bersyukur dengan Pencapaian Timnas Indonesia U-23 tapi Belum Puas

Meskipun bahasa resmi Guinea adalah Prancis, bahasa yang paling umum digunakan adalah Fulani, Susu, dan Mandinka. Negara-negara yang berbatasan dengan negara ini antara lain Pantai Gading, Senegal, Mali, Liberia, dan Sierre Leone. Serangkaian fakta menarik tentang Guinea tercantum di bawah ini.

Meski namanya tidak setenar negara lain di Afrika, Nigeria, banyak fakta menarik yang ditemukan di Republik Guinea. Berikut ini terdapat fakta negara Republik Guinea yang menarik untuk ditelusuri:

Shin Tae-yong Sayangkan Keputusan Wasit saat Lawan Guinea

Malabo, ibu kota Guinea Khatulistiwa

Photo :
  • Amitsawant0812/Wikimedia

Guinea Adalah Negara Penghasil Bauksit Terbesar Kedua di Dunia

Sementara Guinea adalah salah satu negara termiskin di dunia, ia mengandung deposit mineral yang signifikan. Negara ini dikenal memiliki seperempat cadangan bauksit dunia, serta lebih dari 1,8 miliar metrik ton bijih besi berkualitas tinggi. Guinea juga dikenal memiliki deposit emas, uranium, dan berlian yang besar.

Guinea Memiliki Garis Pantai Sepanjang 320 Km Dan Pantai-Pantai Ikonik

Garis pantai di Guinea memiliki panjang 320 km (200 mil). Negara ini juga memiliki pantai yang indah seperti di Cape Verga dan Les de Los. Pantai-pantai terkenal di Tanjung Verga termasuk pantai Sobane dan pantai Bel Air, sedangkan gubuk-gubuk pantai bambu yang indah dapat ditemukan di Les de Los.

Guinea Sebelumnya Bernama French Guinea

Guinea dulu dinamai Guinea Prancis karena merupakan koloni Prancis yang didirikan pada tahun 1891, dan merupakan bagian dari Afrika Barat Prancis. Guinea adalah koloni Perancis selama hampir 70 tahun sampai memperoleh kemerdekaan pada 2 Oktober 1958.

Masjid Terbesar Keempat di Afrika ada di Guinea

Tidak banyak yang tahu bahwa mayoritas penduduk Republik Guinea adalah Muslim. Sekitar 80 persen penduduk di sana beragama Islam. Maka, tak heran jika masjid terbesar keempat di Afrika bisa ditemukan di negara tersebut. Masjid ini juga merupakan yang terbesar di Sahara, Afrika.

Orang-orang berbicara bahasa Prancis

Orang Indonesia yang belum pernah ke Republik Guinea sering bertanya-tanya apa bahasa ibu mereka di sana. Selidiki, ternyata bahasa ibu orang Republik Guinea adalah bahasa Prancis. Dilihat dari sejarahnya, negara ini pernah dijajah oleh Perancis. Seperti di Indonesia, Republik Guinea juga memiliki banyak bahasa daerah.

Punya Banyak Pantai Indah

Garis pantai Republik Guinea panjangnya 320 kilometer. Ada banyak pantai yang menawan di sana. Sebut saja Tanjung Verga dan Les de Los. Deretan pohon bambu juga bisa ditemukan di pantai Les de Los. Pantai lain yang tak kalah indahnya adalah Pantai Sobane dan Bel Air.

Mutilasi Alat Kelamin Wanita (FGM) Adalah Masalah Serius di Guinea

Statistik yang dilaporkan oleh Anastacia Gage dan Ronan van Rossem, masing-masing profesor di Universitas Tulane dan Universitas Ghent, mengklaim bahwa 98% wanita di Guinea menjalani FGM. Sebagian besar agama, budaya, dan kelompok etnis di Guinea mendukung FCM, menghasilkan salah satu tingkat tertinggi di dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya