7 Fakta Menakjubkan Benua Asia, Paling Sempurna di Dunia?

Peta Benua Asia
Sumber :
  • Instagram @mohammmadazrin

VIVA – Benua Asia menjadi salah satu benua terbesar di dunia dan memiliki banyak fakta-fakta menarik yang mungkin belum banyak diketahui. Mungkin setelah mengetahui fakta benua Asia, kamu akan lebih terpesona lagi dengan benua ini. Seperti yang dikutip dari South East Asia Backpacker dan sumber lainnya, berikut ini sejumlah fakta benua Asia yang menakjubkan dan belum dibayangkan sebelumnya. 

Timnas Indonesia Jadi Tim Asia Ketiga Paling Banyak Koleksi Poin Ranking FIFA

1. Benua terbesar di dunia

Peta Benua Asia

Photo :
  • Instagram @mohammmadazrin
Timnas Indonesia Masuk 10 Besar Skuad Termahal Asia 2024, Satu-Satunya Wakil ASEAN

Fakta benua Asia yang pertama yakni merupakan salah satu benua terbesar dengan ukuran total 44.579.000 km2 yang juga diisi oleh banyak populasi manusia sehingga cukup padat. Negara-negara terbesar di dunia juga dapat ditemukan di benua ini seperti Rusia, China dan India. Asia sebenarnya juga bagian dari superbenua yang dikenal sebagai Eurasia (Asia dan Eropa) yang secara teknis tidak terpisahkan. 

2. Memiliki keanekaragaman hayati

Membongkar Mitos dan Fakta BPA yang Dianggap Berbahaya bagi Kesehatan

Burung Cangak Abu (Ardea cinerea) bertengger di ranting saat berlangsung Asian Waterbird Census 2019 di Hutan Lindung Angke Kapuk, Penjaringan, Jakarta, Sabtu, 19 Januari 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dede Rizky Permana

Bukan hanya diisi oleh populasi manusia saja, benua Asia juga merupakan rumah bagi berbagai macam hewan dan tumbuhan. Ada banyak sekali keanekaragaman hayati di benua Asia, misalnya seperti gajah liar, harimau, macan tutul salju, orang utan dan masih banyak lagi, termasuk beberapa ular paling berbisa di dunia.

3. 60% populasi dunia tinggal di Benua Asia

Pengunjung Padati Bursa Kerja di Istora Senayan beberapa waktu lalu (foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

Benua Asia adalah rumah bagi lebih dari 4,46 miliar populasi orang, yang dimana berarti lebih dari 60% total populasi manusia di bumi. Negara di Asia yang memiliki jumlah populasi terbanyak diantaranya ada China dan India yang memiliki sekitar 2,6 miliar penduduk. Hingga saat ini populasi di Asia masih terus bertambah, meskipun para ahli memperkirakan akan mengalami penurunan seiring dengan semakin berkembangnya negara-negara di Asia. 

4. Paling banyak mengonsumsi beras dunia dunia

Ilustrasi beras.

Photo :
  • U-Report

Beras merupakan makanan pokok di benua Asia dan sebagian besar beras yang diproduksi dikonsumsi di sini. Orang Asia memakan hingga 90% dari total produksi beras dunia. Kebanyakan orang-orang di negara Asia, bisa makan nasi untuk sarapan, makan siang dan makan malam.

5. Memiliki 3 negara teratas dengan rata-rata IQ tertinggi 

Ilustrasi anak cerdas.

Photo :
  • U-Report

Tiga negara di Asia seperti Singapura, Korea Selatan dan Jepang memiliki rata-rata IQ tertinggi di dunia ini. Ketiga negara tersebut juga memiliki ekonomi terkuat di benua Asia dan menjadi negara yang paling makmur di dunia.

6. Memiliki 2.300 bahasa 

Ilustrasi penerjemah bahasa.

Photo :
  • U-Report

Fakta benua Asia yang selanjutnya adalah terdapat lebih dari 2.300 jenis bahasa yang ada dan digunakan berbagai negara di seluruh benua Asia. Bahasa yang paling banyak digunakan di Asia diantaranya adalah bahasa Mandarin yang dituturkan oleh sebanyak 51% dari seluruh populasi di Asia.

7. Tempat kelahiran semua agama besar di dunia

Ilustrasi agama

Photo :
  • vstory

Benua Asia merupakan tempat kelahiran dari semua agama besar di dunia diantaranya seperti Islam, Buddha, Kristen, Hindu dan Yudaisme. Agama yang paling menonjol di Asia adalah agama Islam dengan sekitar 1,2 miliar pengikut. Berikutnya ada agama Hindu dengan kurang lebih 900 juta penganut. Selain itu, Buddhisme yang dimulai di India juga sekarang menjadi agama utama di China, Korea Selatan, Jepang, negara-negara Asia Tenggara dan Sri Lanka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya