8 Fakta Menarik Bahasa Arab yang Jarang Diketahui

Ilustrasi Bahasa Arab
Sumber :
  • istockphoto.com

VIVA – Jika kamu memiliki keinginan untuk mempelajari bahasa lain selain Indonesia, kamu dapat memilih bahasa Arab sebagai salah satu bahasa yang dapat kamu pelajari. Namun sebelum mempelajarinya, ada baiknya kamu mengetahui sedikit tentang asal usul dan sejarah bahasa dari bahasa Arab. Mengutip dari Cactus Language, berikut ini fakta menarik bahasa Arab yang dapat kamu ketahui. 

5 Fakta Menarik Nathan Tjoe-A-On, Pemain Andalan Timnas Indonesia yang Berkaki Kidal

1. Bahasa Arab adalah bahasa Semit

Bahasa Arab merupakan bahasa semit yang maksudnya adalah sebuah kelompok bahasa yang dipertuturkan lebih dari 200 juta jiwa. Bahasa Arab sendiri berasal dari Jazirah Arab. Ketika dunia muslim berkembang, bahasa Arab kemudian menyebar ke wilayah Afrika Utara dan Asia Barat. 

Pecah Rekor! Khutbah Arafah 2024 Diterjemahkan dalam 50 Bahasa

2. Bahasa kelima yang banyak digunakan di dunia 

Bahasa Arab adalah bahasa resmi di 26 negara, termasuk Aljazair, Mesir, Israel (bersama dengan bahasa Ibrani), Lebanon, Maroko, Arab Saudi, Tunisia dan UEA. Sehingga menjadikannya sebagai bahasa kelima yang paling banyak digunakan di dunia.

Fakta Menarik di Balik Penggunaan Jersey Tandang Timnas Indonesia Saat Berlaga Melawan Filipina

3. Bahasa Arab telah mempengaruhi banyak bahasa

Bahasa Arab telah mempengaruhi sejumlah besar bahasa, termasuk sebagian besar bahasa Eropa serta bahasa Asia dan Afrika. Bahasa Inggris memiliki banyak kata pinjaman bahasa Arab seperti alkohol, aljabar, algoritma, rata-rata, permen, karavan, kapas, jerapah, gitar, toples, lemon, lilac, majalah, gula dan jimat.

4. Ada sekitar 14 kata yang menggambarkan “cinta”

Setiap kata untuk "cinta" menggambarkan tahapan tertentu dari jatuh cinta. Misalnya, "hawa" menggambarkan ketertarikan awal terhadap seseorang, "huyum" hilangnya akal yang mengikuti, dan "ishq" keinginan buta.

5. Memiliki ciri khas yang sama dengan bahasa Ibrani 

Bahasa Arab dan Ibrani merupakan sama-sama bahasa Semit. Kesamaan dari kedua bahasa tersebut memudahkan penutur bahasa Arab untuk belajar bahasa Ibrani dan begitu juga sebaliknya.

6. Bahasa Arab tidak memiliki huruf kapital

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa ternyata bahasa Arab tidak memiliki huruf kapital. Hal itu dikarenakan alfabet dalam bahasa Arab menggunakan tanda kutip untuk penekanan, bukan huruf kapital.

7. Bahasa Arab memiliki suara yang tidak ada dalam bahasa lain

Beberapa penutur non-pribumi merasa kesulitan untuk mengucapkan kata-kata dalam bahasa Arab, karena beberapa suara yang tidak umum dalam bahasa lain yang digunakan secara luas. Misalnya, '?' adalah suara 'h' yang hanya ditemukan dalam bahasa Arab.

8. Kata-kata Arab ditulis dari kanan ke kiri

Terakhir, cara menuliskan bahasa Arab berbeda dari bahasa lainnya karena ditulis mulai dari kanan ke kiri, bukan dari kiri ke kanan. Tidak seperti banyak bahasa lain yang banyak digunakan, kata-kata Arab ditulis dari kanan ke kiri, dan angka Arab ditulis dari kiri ke kanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya