7 Cara Unik Bangunin Sahur di Indonesia, No 5 Bikin Merinding

Ilustrasi sahur.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Cara unik bangunin sahur di Indonesia memang sangat beragam dan terbilang mengundang gelak tawa. Datangnya waktu sahur menjadi permasalahan yang kerap dialami oleh semua orang. Hal tersebut lantaran perubahan waktu dan bangun tidur selama puasa Ramadan yang berbeda dengan hari-hari biasa.

Bacok Penjual Nasgor di Cilincing hingga Tewas, Bucing Terancam Hukuman 15 Tahun Bui

Tidak sedikit orang mengeluh sering telat bangun tidur pada saat waktu sahur tiba.  Kebiasaan masyarakat Indonesia yang sulit untuk bangun saat waktu sahur tersebut, yang membuat beberapa orang di Indonesia berinisiatif melakukan cara unik bangunin sahur.

Cara membangunkan sahur dengan menyanyi dan menari

Photo :
  • YouTube
Shopee Big Ramadan Sale Catatkan Peningkatan Transaksi Hingga 44 Kali di Shopee Live Saat Sahur

Ritual bangunkan sahur pada saat dini hari rupanya sudah menjadi tradisi  ketika bulan Ramadhan tiba. Di mana, tradisi ini dilakukan oleh warga kampung setempat. Ritual membangunkan sahur saat ini menjadi tradisi yang tidak boleh dilewati setiap bulan Ramadhan tiba. Ketika Ramadhan tiba banyak orang yang berlomba-lomba ingin membangunkan sahur. 

Beragam cara bangunin sahur pun dilakukan di beberapa daerah atau kampung warga, dan tak sedikit yang membuat kita geleng kepala. Waktu sahur menjadi salah satu momen penting bagi umat Muslim sebelum menjalani puasa satu hari penuh.

Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi di Bulan Ramadhan, Saat Berbuka Puasa atau Sahur?

Saat datangnya bulan Ramadan, banyak hal menarik yang menyita perhatian serta antusiasme seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya saat bangunin orang-orang sekitar kampung warga untuk melakukan sahur.

Tidur setelah sahur.

Photo :
  • U-Report

Tradisi bangunin sahur ini biasanya dilakukan oleh anak kecil hingga anak dewasa. Kendati demikan, tidak jarang orangtua kerap ikut serta dalam tradisi bangunin sahur ke sekita kampung warga. Cara bangunin sahur pun sangatlah beragam. Dijamin caranya bikin warga sekitar kampung langsung bangun dari tidur pulasnya. 

Salah satu yang paling umum, adalah dengan berkeliling di sekitar kampung warga atau perumahan dengan peralatan seadanya untuk membangunkan orang sahur. Tapi ada juga cara unik yang dilakukan untuk membangunkan orang sahur yang banyak menarik perhatian warga. Penasaran kira-kira seperti apa cara bangunin sahur di Indonesia? Berikut beberapa di antaranya.

Cara Bangunin Sahur di Indonesia

Indonesia memiliki banyak cara yang insiatif bahkan konyol untuk membangunkan orang-orang dari tempat tidurnya, Berikut ini terdapat cara bangunin sahur di Indonesia, yang tak jarang bikin geleng kepala dan emosi seketika.

1. Pakai Drum Band

Drum Band Qonah Yang Unik Dari Probolinggo

Photo :
  • http://www.jelajah-nesia.blogspot.com

Jika pada umumnya, banyak warga memanfaatkan bedug dan alat pukulnya ini menggunakan alat musik drum band lengkap. Biasanya terdapat sejumlah anak yang memainkan peralatan drum band lengkap di sebuah pelataran masjid atau keliling perumahan.

2. Obrog

Mungkin tidak banyak yang tahu, apa itu obrog? Obrog adalah seni tradisional dengan alunan musik dan lirik. Tradisi ini sudah turun temurun dilakukan di daerah Indramayu dan Cirebon. 

Suara musik dan liriknya begitu khas saat didengar. Pada zaman dulu, obrog menggunakan keuntungan dan bedug masjid.
Tapi sekarang berbeda, obrog menggunakan gerobak yang dilengkapi sounds system.

3. Menggunakan Pengeras Suara Masjid

Ilustrasi masjid.

Photo :
  • Freepik/wirestock

Ada-ada saja tingkat masyarakat dalam membangunkan sahur warganya. Seperti salah satu cara bangunin sahur satu ini dengan memanfaatkan pengeras suara masijd.

Kini banyak orang beralih menggunakan pengeras suara masjid. Biasanya berisi lontaran peringatan waktu sahur dan imsak. Tapi apa jadinya kalau ada orang yang membangunkan sahur dengan cara ini?

4. Cosplay Pocong

Video 11 pocong bikinan santri menyeramkan (Instgram/sahabatreligi)

Photo :

Ini dia cara bangunin sahur ke empat yang biasa dilakukan para warga, yaitu menggunakan atau berpakaian ala pocongg. Memang sedikit konyol dan bikin geleng kepala. Pocong patrol termasuk tradisi membangunkan sahur warga kampung Jajag di Banyuwangi. Mereka menggunakan cosplay ala pocong dengan menggunakan mukena putih. Para pocong ini berkeliling dengan jalan kaki sambil membunyikan alat musik. Kegiatan ini dilakukan mulai dari jam 1 dini hari hingga waktu imsak.

5. Pocong Bawa Keranda 

Ilustrasi pocong.

Photo :
  • U-Report

Setelah sebelumnya sejumlah pemuda membangunkan sahur dengan menyanyi dan menari membangunkan sahur, yang satu ini sedikit horor. Dalam sebuah video yang diunggah di media sosial, terlihat sejumlah orang mengenakan pakaian putih mirip pocong sambil keliling. Sambil memainkan musik mereka pun mengalunkan nyanyian membangunkan sahur. Hal yang lebih horor karena beberapa di antara mereka membawa keranda mayat saat berkeliling rumah warga.

6. Pakai Sound System 

Sementara di Madiun, Jawa Timur tak kalah unik. Di sini, membangunkan sahur dengan membawa sound system di atas gerobak yang ditarik motor, diikuti beberapa motor di belakangnya. Mereka membunyikan sound system tersebut sambil menyalakan klakson.

7. Klotekan

Cara bangunin sahur terakhir berasal dari daerah Yogyakarta. Tradisi bangunin sahur satu ini memang dilakukan para pemuda kampung di Yogyakarta. Mereka menggunakan alat musik modern, satu set drum yang diletakkan di atas gerobak. Selanjutnya, gerobak diikatkan ke sepeda agar mudah menariknya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya