Penting! Ini 6 Tips Komunikasi yang Baik dan Benar
- U-Report
VIVA – Tips komunikasi yang baik harus diketahui oleh semua orang karena ini merupakan bagian terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai makhluk sosial, seorang manusia akan merasakan kebahagiaan dan kepuasan dari berinteraksi, berhubungan dengan orang lain, dan juga berkomunikasi. Komunikasi yang baik juga berperan penting guna mengurangi perselihan dengan rekan kerja, rekan kuliah, atau lingkungan sekitar. Selain itu, berkomunikasi juga bisa meningkatkan produktivitas dalam hal bekerja. Komunikasi yang baik juga biasanya berjalan dengan efektif dan tidak bertele-tele. Adapun, keefektifan berkomunikasi sangat terpengaruh dengan proses komunikasi yang tengah terjadi.
Kemampuan berkomunikasi yang baik juga akan memberikan berbagai manfaat untuk seseorang, baik di dunia pekerjaan, pendidikan, atau dalam hal berbisnis. Selain itu, beberapa studi juga menjelaskan bahwa orang dengan keterampilan komunikasi yang baik mempunyai kecenderungan dalam merasakan kepuasan hidup, harapan, dan juga kebahagiaan yang tinggi. Orang tersebut juga akan lebih rendah tingkat stresnya bila dibandingkan dengan orang yang mempunyai keterampilan komunikasi yang buruk. Bagi kamu yang ingin berkomunikasi dengan baik secara personal atau profesional, perhatikan ulasan berikut tentang tips komunikasi yang baik seperti disadur dari berbagai sumber.
Lantas, Bagaimana Tips Komunikasi yang Baik?
1. Berbicara dengan Baik
Tips komunikasi yang baik tentunya diawali dengan cara kita berbicara, agar informasi dapat tersampaikan dengan baik. Berdasarkan teori, memperoleh kemampuan berbicara yang baik bisa dilafalkan dengan kata-kata yang jelas, berbicara tidak terlalu cepat atau terlalu lambat, nada yang sesuai, memilih kata-kata yang sesuai, dan lain sebagainya. Kedengarannya hal tersebut mudah dilakukan, tapi pada saat dipraktikkan, kadang akan lebih sulit dari apa yang sudah dibayangkan. Oleh karena itu, supaya bisa berbicara dengan baik, perlu latihan yang terus menerus dan dibutuhkan pula jam terbang yang banyak. Hal ini supaya kamu bisa belajar dari pengalaman dan juga bisa menerapkan teknik komunikasi dengan optimal.
2. Jangan Berfokus pada Diri Sendiri
Komunikasi mesti bersifat dua arah, maka dari itu, tips berkomunikasi yang baik dan benar adalah dengan tidak mendominasi pembicaraan dan juga tidak mengutamakan fokus dengan diri sendiri. Jadi, berikanlah kesempatan dan juga perhatian yang sama kepada lawan bicara. Perlakuan dan juga pendapat orang lain sama pentingnya dengan diri kamu.
3. Dengarkan dengan Baik
Komunikasi tidak melulu soal berbicara, tapi tips komunikasi yang baik juga mendengarkan. Mendengarkan juga bukan hanya sebatas mendengar apa yang hendak dibicarakan, tapi terkait dengan bagaimana cara menangkap pemahaman yang baik. Tanggapan yang akan kamu keluarkan nantinya begitu dipengaruhi dengan seberapa efektif kamu ketika mendengarkan. Hindari kebiasaan memotong pembicaraan orang lain.
Selain karena itu tidak sopan, memotong pembicaraan juga akan menghambat kamu dalam mencerna informasi secara utuh sehingga tidak bisa menanggapi informasi dengan baik. Maka dari itu, kamu perlu membiasakan diri dengan menyimak baik lawan bicara. Dengarkan dengan seksama sampai tuntas supaya kamu bisa mengerti apa yang dimaksudkan.
4. Bahasa Tubuh
Ketika berkomunikasi, kamu juga mesti memperhatikan bahasa tubuh yang benar. Terlalu banyak bergerak yang tak diperlukan akan membuat lawan komunikasi kamu menjadi kurang nyaman. Bahasa tubuh juga akan memperlihatkan pemikiran dan juga perasaan ketika tengah berbicara. Hal-hal kecil, mulai dari menatap mata lawan bicara berekspresi, dan tersenyum dengan tepat merupakan salah satu yang penting dilakukan ketika berkomunikasi.
5. Etika dan Sopan Santun
Setiap orang yang menjadi lawan bicara mempunyai ketentuan dan juga etika yang berbeda. Misalnya ketika berbicara dengan sebaya tentunya akan berbeda ketika kamu berbicara dengan para dosen atau atasan kerja. Maka, berbicara dengan seseorang yang mempunyai kedudukan lebih tinggi dari kita, juga akan ada banyak ketentuan dan etika yang harus dipatuhi. Sopan santun dan juga etika harus dijunjung tinggi sehingga lawan bicara akan merasa nyaman serta dihormati.
6. Berbicara Sesuai dengan Konteks
Ketika kamu mendapatkan lawan bicara yang tidak nyambung, tentunya akan mempunyai perasaan tidak nyaman. Oleh sebab itu, tips komunikasi yang baik adalah dengan usahakan untuk tetap berada di dalam konteks tema pembicaraannya. Bila ingin berpindah topik pembicaraan, lakukanlah dengan baik supaya tidak terlalu mencolok atau terkesan aneh.
Mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik juga akan membuat kamu menjadi tampak lebih baik dari pandangan orang lain. Bukan hanya mendukung selama kamu menempuh pendidikan, kemampuan komunikasi yang baik juga akan bermanfaat pada saat nanti di dunia kerja atau berada di lingkungan masyarakat.