3 Manfaat Tak Terduga Belanja Online, Ternyata Baik Secara Psikologis
- Pixabay
VIVA – Pandemi COVID-19 yang masih terjadi hingga saat ini mendorong masyarakat untuk memanfaatkan marketplace online guna memenuhi kebutuhan gaya hidup. Selama pandemi, minat masyarakat mengunjungi dan belanja online membuat peningkatan nilai transaksi e-commerce.
Data Bank Indonesia (BI) menyebutkan sepanjang semester I-2021, transaksi e-commerce tumbuh 63,4 persen menjadi Rp186,7 triliun. Bahkan BI memperkirakan hingga akhir tahun 2021 transaksi e-commerce dapat meningkat 48,4 persen sepanjang tahun 2021 menjadi Rp395 triliun.
Belanja dengan basis koneksi internet ini memiliki banyak keuntungan yang dapat dinikmati para konsumen. Keuntungan tersebut di antaranya produk yang ditawarkan terjamin keasliannya, marketplace berani memberikan diskon besar terhadap produk yang terpasang. Kemudian, konsumen juga dapat menikmati gratis ongkos kirim (ongkir). Ongkir ini, biasanya dapat dimanfaatkan oleh konsumen dalam bentuk voucher yang kemasan desainnya tergantung selera masing-masing marketplace.
Selain itu, berbelanja online juga membantu masyarakat merasa lebih baik secara psikologis. Hal ini diungkapkan oleh psikolog klinis Scott Bea, PsyD.
“Penelitian menunjukkan sebenarnya ada banyak nilai psikologis dan terapeutik saat Anda berbelanja jika dilakukan dalam jumlah sedang, tentu saja. Window shopping atau browsing online dapat membawa kebahagiaan yang didorong oleh otak. Tapi sekali lagi, Anda ingin memastikan itu tidak lepas kendali,” kata dia seperti dikutip dari laman health.clevelandclinic.org.
Bea pun menjelaskan beberapa manfaat psikologis berbelanja online berikut ini.
1. Belanja mengembalikan rasa kontrol
Penelitian telah menunjukkan bahwa membuat keputusan belanja dapat membantu memperkuat rasa kontrol pribadi atas lingkungan kita. Itu juga bisa meredakan perasaan sedih.
Sebuah studi tahun 2014 dari Journal of Consumer Psychology menemukan bahwa terapi ritel tidak hanya membuat orang lebih bahagia dengan segera, tetapi juga dapat melawan kesedihan yang berkepanjangan.
Menurut penelitian, kesedihan umumnya dikaitkan dengan perasaan bahwa situasi mengendalikan hasil dalam hidup kita, daripada hidup berada di tangan kita sendiri. Pilihan dan hasil yang melekat dalam tindakan berbelanja dapat mengembalikan perasaan kontrol dan otonomi pribadi. Ini berlaku untuk sisa kesedihan yang mungkin kita rasakan juga.
Studi lain tahun 2014 oleh University of Michigan menunjukkan bahwa membeli barang-barang yang Anda nikmati secara pribadi bisa 40 kali lebih efektif dalam memberi Anda rasa kendali daripada tidak berbelanja. Dalam penelitian ini, mereka yang benar-benar membeli barang juga tiga kali lebih sedikit sedih, jika dibandingkan dengan mereka yang hanya melihat-lihat.
“Studi ini menunjukkan bahwa ketika Anda merasa seolah-olah segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan Anda, mendapatkan apa yang Anda inginkan bisa terasa seperti pencapaian pribadi yang positif,” kata Dr. Bea.
2. Visualisasi mengalihkan kita dari kecemasan
Belanja juga merangsang indra. “Bau sesuatu yang baru, cahaya terang dan tampilan warna-warni berpadu untuk menciptakan pengalaman indrawi imajinatif yang dapat menghilangkan kita dari realitas kita sendiri, bahkan untuk sementara waktu,” kata Dr. Bea.
Hal ini juga diterjemahkan secara online, produk online yang diperjualbelikan dengan sempurna dan dikuratori secara pribadi dapat membuat imajinasi kita berjalan saat kita memproyeksikan diri kita dalam lingkungan yang memuaskan, kata Bea.
“Belanja dan stimulasi sensoriknya membuat kita memvisualisasikan hasil positif. Atlet, misalnya, juga menemukan bahwa jenis visualisasi ini dapat menciptakan antisipasi positif dan dapat mengurangi kecemasan," kata Bea.
3. Dopamin dilepaskan bahkan sebelum pembelian dilakukan
Seperti yang ditunjukkan Dr. Bea, hanya browsing, scrolling, atau window shopping (tetapi tidak membeli sesuatu) dapat berdampak positif pada suasana hati Anda. Ini adalah antisipasi sederhana dari kemungkinan akhirnya hadiah atau perawatan yang melepaskan dopamin, hormon neurotransmitter di otak Anda yang membuat Anda merasa baik.
Dopamin meningkatkan keinginan Anda untuk terus mencari hal-hal yang membuat Anda merasa baik (karenanya terapi ritel menjadi pilihan favorit!)
"Beberapa orang berpikir dopamin dilepaskan ketika Anda benar-benar mendapatkan hadiah atau membeli suatu barang, tetapi itu dimulai sebelum Anda melakukan pembelian karena Anda menikmati semua kemungkinan," katanya. "Ini tentang seluruh perjalanan."
Produk fashion menjadi salah satu produk yang paling banyak dicari di marketplace, salah satu rekomendasinya adalah produk Nzinga Produk fashion lokal yang menjual beberapa produk fashion seperti blus, outer, celana kulot, celana jeans, dan lain-lain ini menjamin akan keaslian dan kualitasnya. Foto produk yang terpasang di marketplace dipastikan sama dengan produk yang dibeli. Selain itu pihaknya juga menjamin harga yang terjangkau dan penuh promo.
“Pasti sama keaslian produk dengan foto, karena semua produk kami foto sendiri di studio, bukan ambil gambar dari internet atau dari seller lain,” kata Owner Nzinga, Mira Khang dalam keterangannya.
Mira mengatakan dalam memilih marketplace, pihaknya selalu selektif dan mencermati perkembangan marketplace di tanah air. Marketplace yang menjamin kualitas produk yang dipasarkannya menjadi salah satu bagian dipilih.
“Store kami terdaftar di Shopee Mall, bukan store basic, Shopee mall hanya menerima store melalui seleksi ketat,” ujar Mira.
Selain itu, Mira menyarankan sebelum membeli produk online, konsumen terlebih dahulu untuk mengecek testimoni pembeli agar tidak kecewa setelah produk telah diterima.