11 Jenis Arwana dan Harganya, Ada yang Rp5,7 Miliar

Jenis Arwana
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Jenis arwana wajib diketahui oleh kamu yang menyukai ikan hias tersebut. Sebab, hampir seluruh orang yang menyukai ikan hias pasti mempunyai satu jenis arwana. Ikan air tawar dengan nama ilmiah Osteoglossidae ini mempunyai beberapa ukuran bergantung pada jenis, tempat asal, dan lingkungan hidupnya.

Polda Kalbar Hadiahkan 5 Arwana Super Red saat Nobar Timnas Indonesia U-23

Di dunia ini terdapat berbagai jenis arwana, tapi beberapa jenis yang dapat dipelihara hanya berasal dari Asia, Amerika Selatan, Australia, dan Afrika. Untuk Indonesia sendiri, jenis arwana ini ditemukan di daerah Papua dan Kalimantan.

Ikan ini tentunya dapat menjadi peliharaan yang dapat memperindah ruangan, baik ruang tamu, taman, dan ruangan lainnya yang bisa dilihat sepanjang hari. Ikan ini mempunyai bentuk tubuh yang besar dan panjang, serta mempunyai warna yang indah dan unik.

Ivan Gunawan Hibahkan Boneka Arwahnya, Rekomendasi Film di Januari

Jenis arwana ini harus diperhatikan, karena kamu akan membutuhkan banyak biaya yang tidak murah untuk dapat memeliharanya. Bahkan, jarang ada ikan arwana yang harganya kurang dari 1 jutaan. Untuk itu, mari kita kenali jenis arwana dan harganya secara lengkap berikut dari berbagai sumber.

Lalu, Apa Saja Jenis Arwana tersebut?

WFH Berpotensi Sakit Jantung hingga Jenis Arwana Berharga Rp5,7 Miliar

Ikan Arwana Brasil – Rp2 juta

Ikan arwana Brasil adalah salah satu jenis arwana yang sering ditemukan di Indonesia dan memiliki harga yang cukup terjangkau. Ikan ini sangat unik karena mempunyai kemampuan untuk melompat tinggi di udara ketika menangkap mangsa. Ikan yang dijual dengan harga Rp2 jutaan ini bisa tumbuh sampai ukuran 1 meter.

Ikan Arwana Banjar – Rp2 juta

Jenis arwana Banjar adalah salah jenis yang bisa tumbuh hingga berukuran 90 cm dan dikenal sangat aktif. Hal ini menjadi alasan kenapa ikan ini wajib tinggal di dalam akuarium akrilik atau kaca dengan ukuran besar.

Selain itu, salah satu hal unik yang menjadi ciri khas dari ikan arwana Banjar ini adalah mempunyai sirip yang berwarna oranye terang dengan ekor yang berwarna kuning keemasan.

Ikan Arwana Jardini – Rp4 juta

Arwana jardini atau dikenal dengan nama arwana Papua adalah ikan yang berasal dari Papua dan Australia. Ikan ini mempunyai tampilan yang mirip dengan arwana Asia, namun dengan warna yang lebih kuning keemasan. Ikan ini juga termasuk yang besar karena bisa tumbuh sampai ukuran 90 cm dengan berat 17 kg.

Ikan Arwana Hijau – Rp4 juta

Ikan ini terkenal sebagai golden piano dan dapat ditemukan di beberapa daerah Asia Tenggara, mulai dari Thailand, Malaysia, Indonesia, Vietnam, Kamboja, dan Myanmar. Warna ini ikan ini unik karena perpaduan antara emas, kuning, dan hijau. Keunikan lainnya adalah mempunyai bentuk kepala yang lebih besar dari jenis lain.

Ikan Arwana Red Tail Golden – Rp4,5 juta

Red tail golden adalah jenis arwana asli yang berasal dari Indonesia, tepatnya dari daerah Pekanbaru, Riau, dan juga beberapa wilayah lain di Sumatera. Ikan ini mempunyai sifat yang cukup agresif dan cukup sulit untuk ditangkap.

Oleh sebab itu, arwana red tail golden dijual dengan harga sekitar Rp4.5 jutaan. Ciri dari ikan ini adalah berwarna yang keren, mulai dari warna biru, hijau, dan keemasan dengan bentuk tubuh yang bisa tumbuh hingga ukuran 90 cm.

Ikan Arwana Hitam – Rp5 juta

Jenis arwana ini tidak kalah mahal dengan jenis lainnya. ikan arwana hitam ini masih satu saudara dengan silver arwana. Perbedaannya hanya di bagian ekoranya saja yang berwarna hitam. Setelah beranjak dewasa, ikan ini akan kehilang warna hitam sedikit demi sedikit pada ekornya dan berubah menjadi warna perak.

Arapaima – Rp3 juta

Ikan Arapaima.

Photo :
  • Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Arapaima adalah jenis ikan arwana yang terbesar di dunia, karena bisa tumbuh sampai 3 meter dengan berat mencapai 300 kg. Ikan ini terbilang langka karena hanya bisa ditemukan di sungai Essquibo dan sungai Amazon saja.

Walaupun mempunyai harga yang cukup murah, ikan arapaima ini memerlukan perawatan yang cukup sulit dan dibutuhkan akuarium cukup besar dengan harga yang mahal.

Ikan Arwana Black Golden – Rp18 juta

Arwana black golden merupakan salah satu jenis ikan arwana paling mahal. Ikan arwana jenis ini mempunyai warna emas dengan sisi pada sisik yang berwarna kehitaman. Ikan jenis ini kerap ditemukan di wilayah Penang, Malaysia. Namun, tidaklah mudah untuk bisa mendapatkan ikan ini sehingga harganya dipatok sekitar Rp18 jutaan.

Ikan Arwana Cross Back Golden – Rp18 juta

Ikan jenis ini cukup memiliki banyak nama, mulai dari Pahang golden, Malayan bonytongue, Malaysian gold, dan Taiping golden. Ikan dengan nama lain Scleropages farmosus ini mempunyai berbagai tipe warna, tapi yang paling umum adalah warna emas di bagian punggungnya. Harganya pun cukup mahal karena jarang ditemukan di pasaran.

Ikan Arwana Super Red – Rp2 juta sampai Rp48 juta

Jenis Arwana

Photo :
  • U-Report

Arwana super red sebetulnya adalah jenis arwana yang berasal dari Asia. Arwana ini mempunyai warna merah yang sangat mencolok dan juga atraktif, sehingga menjadi salah satu peliharaan para kolektor.

Ikan arwana ini umumnya bisa ditemukan hidup secara liar di sungai Kapuas dan dekat dengan danau di sebelah Barat Kalimantan. Mengenai harga, ikan dengan nama latin Scleropages legendrei ini umumnya dijual dengan harga mulai dari Rp2 jutaan sampai Rp48 jutaan.

Ikan Arwana Batik – Rp56 juta

Ikan ini mempunyai corak tubuh yang sangat ciamik dan cantik. Tubuhnya ditutupi dengan sisik yang berbentuk mirip dengan pola kain batik. Hal inilah yang menjadikan asalan mengapa jenis arwana ini dinamakan sebagai arwana batik.

Warna tubuh ikan arwana batik ini terpancar dominan seperti warna perunggu yang dipadukan dengan warna perak. Karena mempunyai corak unik serta berbeda dengan semua jenis arwana lainnya, ikan ini dibanderol dengan harga yang mencapai Rp56 jutaan.

Ikan Arwana Platinum – Rp5,7 miliar

Ikan arwana platinum merupakan jenis arwana paling cantik dan menjadikan sebagai ikan arwana termahal yang ada di dunia. Arwana platinum ini mempunyai warna tubuh yang sangat memukau dan tampak mengkilap layaknya platinum.

Bila dilihat lebih dekat, kamu akan sangat kagum dengan keindahan tubuh ikan ini karena mempunyai tekstur yang sangat halus. Dengan mempunyai tampilan yang sangat indah, tidak heran bila ikan arwana platinum tersebut dijual dengan harga yang mencapai Rp5,7 miliar!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya