Tips Bisnis Sukses di Masa Pandemi, Optimalkan Penjualan Online

Memantau toko online untuk temukan ide bisnis (foto: pixabay)
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pandemi virus corona atau COVID-19, memukul semua sektor kehidupan. Ekonomi, menjadi salah satu sektor yang mengalami dampak paling besar. Banyak usaha yang terpaksa gulung tikar hingga merumahkan ratusan hingga ribuan karyawan. 

Memahami Peran KOS, KOL, dan KOC: Rahasia Sukses Brand di Cina

Begitupun dari kalangan selebriti. Selain penghasilan dari dunia entertainment berkurang, bisnis yang mereka bangun juga turut terkena dampak. Salah satu contoh Ruben Onsu, yang terpaksa harus merumahkan hingga 2500 karyawan akibat virus corona. 

Mempertahankan bisnis di tengah pandemi memang tak mudah, kita harus memutar otak menemukan solusi agar bisa terus bertahan. 

KOC vs KOL: Mana yang Lebih Efektif untuk Bisnis kamu?

Diondy Kusuma, pemilik Diana Bakery, mengatakan salah satu kunci keberhasilannya mempertahankan bisnis di tengah pandemi adalah dengan memanfaatkan penjualan online. 

"Merek lain banyak yang tumbang karena hanya berfokus pada penjualan offline. Tetapi, ketika kita sudah siap dan momennya pas, maka online sangat membantu," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Belajar Bisnis dari Brand Indonesia Summit 2024, Banyak Ahli Kumpul di Sini!

Diondy menambahkan, dia sudah membangun portal belanja online sejak beberapa tahun silam. Tidak hanya memanfaatkan social media, dia juga memasarkan produknya melalui e-commerce dan website resmi, hingga penjualannya meningkat 30 persen. 

"Kami sangat bersyukur tidak harus sampai merumahkan karyawan berkat banyaknya pemesanan dari pelanggan yang ingin bersilaturahmi dengan mengirimkan produk kami," tuturnya.

Ilustrasi makan roti dan kue.

Ilustrasi Penjual dan pembeli

Daya Beli Masyarakat Turun? Begini Cara Agar Bisnis Tetap Bertahan dan Berkembang!

Daya beli masyarakat turun? Simak strategi agar bisnis tetap bertahan dan berkembang di tengah tantangan ekonomi dan perubahan perilaku belanja konsumen.

img_title
VIVA.co.id
5 November 2024