Belanja Jadi Alasan Utama Banyak Orang Indonesia ke Luar Negeri

Ilustrasi belanja.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Kebanyakan orang Indonesia dengan tingkat ekonomi menengah ke atas lebih senang belanja di luar negeri. Bahkan, menurut Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Vita Datau, Indonesia selalu masuk ke dalam 5 besar top spender belanja di dunia.

Ini Alasan Bali Jadi Salah Satu Destinasi Fesyen Bergengsi Dunia

"Kalau saya memperhatikan perilaku orang Indonesia belanja keluar itu pasti (karena) branded, yang kedua itu fashion, jadi branded fashion, aksesoris, jam," ungkap Vita, saat konferensi pers pelaksanaan Indonesia Great Sale di Gandaria City, Jakarta, Selasa 6 Agustus 2019.

Vita melanjutkan, salah satu negara yang paling sering dikunjungi orang Indonesia untuk berbelanja ialah Perancis. Seperti diketahui, sejumlah merek fashion termahal dunia juga banyak diproduksi di Prancis. Tidak heran kalau uang yang dihabiskan orang Indonesia untuk belanja branded fashion cukup besar.

Shopee 10.10 Brands Festival Catat Peningkatan Transaksi 7 Kali Lipat di Shopee Mall

"Nah, kalau orang indonesia belanja, 100 orang saja, berarti itu berapa? Saya juga enggak bilang bahwa big spender itu adalah orangnya yang banyak ke sana. Dari 100 persen itu yang dia siapin 30-35 persen ke kuliner dan belanja," kata dia.

Oleh karena itu, menurutnya Indonesia perlu event rutin seperti Indonesia Great Sale yang menarik untuk warga lokal maupun wisatawan asing. Event Great Sale menurutnya memang telah menjadi magnet bagi para shopaholic.

Riset: 90 Persen Masyarakat Pilih Brand Lokal saat Belanja, Terbanyak di Fashion

"Ini dirasakan oleh negara-negara tetangga di ASEAN seperti Malaysia dengan Mega Sale, Singapura dengan Singapore Great Sale, serta Thailand dengan Amazing Thailand Great Sale. Ajang-ajang di negara-negara tersebut bahkan menjadikan warga Indonesia sebagai target pasarnya karena kegemaran orang Indonesia berbelanja," kata dia. 

Lebih jauh Vita menyampaikan bahwa sudah saatnya Indonesia menjadi destinasi belanja bagi warganya sendiri, dengan cara memiliki event Great Sale tahunan, dengan waktu yang sama setiap tahunnya. Ini sekaligus menjadi magnet untuk wisatawan asing datang dan wisata berbelanja di Indonesia.

Ilustrasi toko offline.

E-Commerce Ketar-ketir, Kini Orang Lebih Suka Belanja di Toko Fisik Lagi

Lanskap e-commerce Indonesia kini sangatlah kompetitif, terutama karena biaya platform terus meningkat dan maraknya kemunculan brand lokal baru di pasar online.

img_title
VIVA.co.id
1 November 2024