Warna Cat Rumah Bisa Ungkap Suasana Hati Hingga Kepribadian Penghuninya

Ilustrasi rumah/hunian.
Sumber :
  • Freepik/wirestock

Jakarta, VIVA –  Banyak orang tidak menyadari betapa pentingnya peran warna saat mendekorasi rumah mereka. Tentu, kebanyakan orang tahu bahwa warna hangat adalah cokelat keemasan, kuning, dan merah, dan warna dingin adalah nuansa hijau, biru, ungu, dan merah muda. Dalam penglihatan, warna memang hanya sekadar warna. Tapi tahukah Anda warna juga bisa menyimpoan makna, bahkan bisa menggambarkan kepribadian seseorang. 

Trik Bikin Hunian Adem Bebas Panas

Dikutuip laman Barnfurnituremart, warna berbicara banyak, bahkan tentang kepribadian Anda sendiri. Artikel ini merinci sedikit tentang warna, dan pengaruhnya terhadap daya tarik dan suasana ruangan.

Sudah terbukti bahwa warna memengaruhi emosi. Merah dapat mencerahkan seseorang yang sedang merasa sedih, seperti halnya kuning cerah. Biru menenangkan, dan hijau sering membuat orang merasa kaya. Lalu, bagaimana warna yang Anda gunakan mempengaruhi daya tarik rumah Anda bagi orang lain? Berikut Anda perlu tahu, pilihan warna untuk rumah bisa mencerminkan kepribadian penghuninya. 

Ketika Para Sineas Berkumpul, Menciptakan Ekosistem Perfilman Indonesia

Warna Hangat

Memilih cat rumah

Photo :
Bidan di Simalungun Terlibat Pencurian Mobil Ambulans Puskesmas, Begini Perannya

Setiap warna yang diaplikasikan di setiap sudut rumah, pasti menyimpan makna. Warna hangat seperti merah cerah bisa memiliki makna merangsang. Ini termasuk merangsang nafsu makan, jadi tergantung pada apakah Anda sedang berdiet, merah mungkin merupakan pilihan yang baik untuk ruang makan. Hati-hati, terlalu banyak memberikan sentuhan warna merah akan membuat kewalahan. Jika seluruh ruang harus dipenuhi dinding merah, alangkah baiknya padukan dengan warna-warna yang menenangkan yang mendominasi dekorasi lainnya.

Selain merah, kuning juga termasuk bagian dari warna-warna hangat, mengingatkan kita pada sinar matahari, dan merupakan warna yang ceria. Ini adalah warna yang bagus untuk digunakan di dapur, karena warna ini menawarkan kehangatan dan perasaan nyaman. Tidak harus menggunakan kuning terang; corak yang lebih lembut akan menjadi latar belakang yang indah untuk ruangan.

Jingga mungkin terdengar seperti warna yang buruk untuk digunakan dalam dekorasi, tetapi ketika corak yang lembut digunakan, warna ini sebenarnya mengundang. Corak jingga yang lembut menciptakan suasana yang menarik yang menawarkan perasaan yang ramah. Jingga adalah warna yang ramah yang memancarkan kebahagiaan.

Warna-warna Sejuk

Gabungan ruang keluarga dan ruang makan

Photo :
  • VIVA/ Ayu Utami

Hijau adalah warna yang membantu menghadirkan suasana luar ruangan ke dalam rumah, dan sangat cocok untuk ruangan mana pun di rumah. Baik berani dan bersemangat atau lembut dan lembut, hijau adalah warna yang damai. Untuk tempat tidur atau kamar mandi, pikirkan corak hijau seledri dan busa laut, dicampur dengan warna krem ​​dan pasir.

Biru adalah warna yang paling menenangkan dari semuanya, itulah sebabnya warna ini sering digunakan di kamar tidur. Memadukan nuansa biru dan hijau menciptakan suasana yang mengundang dan menenangkan yang membuat setiap tamu merasa diterima. Biru juga dikatakan dapat mengurangi nafsu makan, jadi warna ini dapat menjadi pilihan yang baik untuk ruang makan jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan!

Ungu adalah warna dingin yang berguna untuk mempercantik rumah Anda, tetapi mungkin terlalu mencolok untuk digunakan sebagai warna dominan. Pilih karpet aksen, bantal, dan aksesori lain dengan sedikit percikan ungu untuk menambah kedalaman dan daya tarik.

Ilustrasi cat rumah.

Photo :
  • Pixabay

Saat mendekorasi rumah Anda, ingatlah bahwa sebagian besar warna hangat bersifat ramah, sedangkan warna dingin memberikan rasa nyaman. Tidak ada yang salah dengan memadukan nuansa dari spektrum hangat dan dingin selama keduanya berpadu dengan baik. Kecuali Anda adalah orang yang sangat berani dan menyukai hal-hal ekstrem, hindari penggunaan warna merah, ungu, atau hitam yang mencolok dalam jumlah banyak untuk mendekorasi rumah Anda. Warna-warna yang kuat seperti ini akan mulai mengganggu Anda seiring berjalannya waktu, karena dapat mengganggu. Gunakan warna untuk mendekorasi rumah Anda tidak hanya dengan rona yang indah, tetapi juga dengan suasana yang menenangkan atau ramah!

Menuju usia 40 tahun untuk Indonesia, Aquaproof pelopor cat pelapis anti bocor terus melakukan inovasi memenuhi kebutuhan konsumen setianya. Kali ini inovasi yang dihadirkan melalui salah satu produknya yaitu Aquaproof Pro, cat pelapis anti bocor yang dirancang dengan formula akrilat poliuretan performa tinggi, mampu memberikan perlindungan maksimal untuk bagian yang rawan tergenang air seperti atap dak beton dan talang air beton. Tak hanya itu, Aquaproof Pro juga dapat bekerja sebagai waterproofing interior, mengatasi atau mencegah rembesan dari sisi negatif (sisi yang tidak bersentuhan langsung dengan air) seperti dinding dalam, dinding yang berbatasan langsung dengan tetangga atau yang berbatasan dengan kamar mandi.

Kini pemilihan warna dalam penggunaan Aquaproof Pro sebagai waterproofing exterior maupun waterproofing interior semakin bebas diekspresikan dengan hadirnya pilihan 3 warna baru yang telah dilkeluarkan sejak awal Agustus 2024 lalu, yaitu warna Hijau Emerald 095, Biru Benhur 033, dan Merah Bata 047. 

“Berbeda dengan bidang yang hanya dialiri air, bidang-bidang seperti atap dak beton dan talang air beton dapat terendam atau tergenang air dalam waktu cukup lama. Bidang seperti ini membutuhkan perlindungan lebih, yang mampu menahan air melalui lapisannya,” ungkap Chandra Kurniawan, Marketing Manager PT Adhi Cakra Utama Mulia.

Beberapa tahun belakangan ini, warna hijau emerald menjadi warna yang masuk ke dalam tren, tidak hanya pada industri fashion namun dalam urusan cat sudah banyak bangunan yang dilapisi warna tersebut. Aquaproof Pro Hijau Emerald 095 mengusung warna hijau yang terang, namun tetap ringan dipandang mata. Tampil dengan kesan alami dan segar membuat warna ini diminati untuk menonjolkan bagian tertentu dan diyakini dapat memberikan kesan keseimbangan dan kestabilan. Warna ini ketika diaplikasikan pada atap dak beton akan menghasilkan visualisasi yang alami menyatu dengan pepohonan di sekitarnya.

Aquaproof Pro Biru Benhur 033 merupakan salah satu warna baru yang diusung dan memberikan kesan biru yang mewah. Seperti yang diketahui warna biru memiliki berbagai turunan warna, namun warna Biru Benhur 033 dipilih sebagai pigmen warna yang cocok menghiasi sekaligus melindungi atap dak beton. Warna biru ini dapat dikatakan terang bila dibandingkan biru dongker, namun kesan yang menawan dengan tampilan elegan dan sentuhan modern tergambar dari warna ini. Pengaplikasian warna ini sangat cantik, bila dipadupadankan dengan warna lain akan menimbulkan kesan lainnya seperti perpaduan dengan warna putih akan memberikan kesan ramah serta membawa perasaan menjadi aman dan percaya.

Warna ketiga yang diluncurkan yaitu Aquaproof Pro Merah Bata 047. Warna ini simbol gaya klasik dan mampu menciptakan kesan hangat dan nyaman. Merah Bata yang diusung berbeda dengan merah lainnya yang ada dalam pilihan warna Aquaproof, Merah Bata 047 dari Aquaproof Pro dapat dikatakan spesial karena warna yang dihadirkan terasa pas, tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap, serta dapat beradaptasi dengan berbagai tipe desain rumah. Daya tarik warna merah ini tak lekang oleh waktu.

Chandra Kurniawan, Marketing Manager PT Adhi Cakra Utama Mulia menambahkan, “Produk asli Indonesia ini sebelumnya telah mengeluarkan 2 warna favorit yaitu Abu Pro 065 dan Putih 011. Hingga saat ini sudah tersedia 5 warna Aquaproof Pro yang dapat dipilih sesuai selera dan kebutuhan bidang." 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya