Ini Cara Memilih Cat Eksterior yang Tahan Lama untuk Hunian

Ilustrasi cat tembok.
Sumber :
  • Freepik

Jakarta, VIVA – Dinding eksterior bangunan memainkan peran penting dalam melindungi struktur dari berbagai elemen alam. Cuaca ekstrem, seperti panas terik, hujan deras, dan kelembapan tinggi, dapat menyebabkan kerusakan pada dinding, termasuk retakan, pudar, dan keropos. 

Kenapa Wajib Pakai Sunscreen Minimal SPF 30? Ini 5 Alasannya

Oleh karena itu, pemilihan cat dinding eksterior yang tepat dan tangguh menjadi krusial untuk memastikan perlindungan jangka panjang dan menjaga estetika bangunan. Scroll lebih lanjut ya.

Sinar ultraviolet (UV) adalah salah satu penyebab utama warna cat cepat memudar. Cat yang tangguh biasanya dilengkapi dengan teknologi perlindungan UV, yang membantu menjaga warna tetap cerah dan mengurangi efek penuaan akibat paparan sinar matahari. Selain itu, kemampuan memantulkan sinar infra merah dari cat juga dapat mengurangi panas yang masuk ke dalam ruangan, membantu menjaga suhu dalam ruangan tetap nyaman.

Dikira Masjid Istiqlal, Cuitan Uskup Agung Australia Bikin Warganet Ngakak: Itu Tanah Abang Roma

Ilustrasi mengecat dinding

Photo :
  • Pixabay

Cuaca lembap dan curah hujan tinggi dapat menyebabkan masalah seperti jamur dan lumut pada dinding eksterior. Cat dengan ketahanan tinggi terhadap air dan kemampuan untuk bernapas dapat mencegah masalah ini dengan mencegah air masuk ke dalam dinding, sambil tetap memungkinkan kelembapan keluar.

Lotte Land Sawangan Mulai Bangun Sinsa District, Rampung Kuartal IV-2025

Perubahan suhu yang ekstrem dapat menyebabkan muai susut pada material bangunan, yang berpotensi menyebabkan retakan pada dinding. Cat yang memiliki sifat elastomeric dapat merenggang dan menyusut bersama dengan dinding, membantu mencegah dan menutup retak rambut, sehingga memperpanjang umur dinding.

Baru-baru ini Joe Taslim menantang Randy Pangalila bersama masyarakat, untuk membuktikan ketangguhan cat ini dengan meninggalkan hasil mural selama satu bulan untuk terpapar cuaca ekstrem Jakarta.

Joe Taslim dan Randy Pangalila

Photo :
  • ist

"Saya tantang Randy. Saya tantang semua masyarakat Indonesia untuk buktikan sendiri kalau Sunguard All-In-One #BeneranTangguh dalam menghadapi berbagai permasalahan yang sering muncul pada dinding eksterior," kata Joe.

Menanggapi tantangan tersebut, Randy Pangalila merasa tertantang untuk mencoba sendiri produk ini. "Dan terbukti warna-warna catnya cerah dan gampang banget untuk diaplikasikan," ujarnya, menekankan kemudahan penggunaan cat ini.

Mely Yanti, Marketing Manager Avian Brands, menjelaskan lebih lanjut tentang teknologi canggih yang digunakan dalam Sunguard All-In-One. Ia menjelaskan bahwa cat ini dilengkapi dengan teknologi UV Shield Pro, yang mampu menolak paparan sinar UV yang biasanya menyebabkan warna cepat pudar, serta memantulkan panas sinar infra merah yang dapat meningkatkan suhu dalam ruangan.

Selain itu, Mely juga menyoroti sifat elastomeric dari cat ini, yang membuatnya mampu merenggang mengikuti muai susut akibat cuaca ekstrem, sehingga membantu mencegah dan menutup retak rambut pada dinding. Menurutnya, penggunaan cat dinding eksterior Premium Sunguard All-In-One dengan cara yang tepat dapat memperpanjang umur dinding hingga 15 tahun.

“Untuk proteksi dinding eksterior dalam kurun waktu yang lama dan dengan hasil pengecatan yang maksimal, Sunguard All-In-One menjadi produk yang worth to buy," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya