Hadirkan Suasana Baru dalam Rumah, Inilah 3 Warna Cat Populer di 2023

Hunian modern di kawasan pantai utara Tangerang
Sumber :
  • Ist

JAKARTA – Proses pengecatan tembok suatu bangunan nampaknya cukup sederhana, tetapi di balik itu semua ada banyak hal yang luput dari perhatian para konsumen. Kendala yang dihadapi meliputi berbagai aspek, dari pemilihan warna yang tepat, tahapan dan teknik aplikasi cat, daya tutup cat yang optimal pada berbagai permukaan, ketahanan cat terhadap kondisi cuaca yang ekstrem, waktu pengerjaan yang lama, serta pentingnya formula cat yang aman bagi kesehatan. Setiap tahapan ini memerlukan perhatian khusus dan keahlian tertentu yang tidak semua konsumen miliki.

Inti Mitbana Perkenalkan Kawasan Hunian TOD di Tangerang

Menggunakan cat bisa sangat transformatif, ide cat dapat memperkaya ruangan dengan warna, energi, dan karakter yang indah, serta membuat ruangan terasa lebih besar dan cerah atau lebih sejuk dan hangat.

Ada beberapa warna yang menjadi tren sepanjang tahun 2023 ini, di antaranya adalah:

Libatkan Masyarakat Bekasi, Begini Jurus PP Properti Pasarkan Proyek Grand Kamala Lagoon

1. Ciptakan ketenangan dengan warna biru

Background Warna Biru

Photo :
  • pixabay.com
Lagi Bangun Rumah? Ini Tips Cari Pintu Hingga Jendela yang Berkualitas

Banyak warna biru yang memiliki kualitas manfaatnya masing-masing, biru langit yang cerah dapat menjadi rona yang meningkatkan suasana hati, ideal untuk ruangan yang tenang, ruang baca, dan bahkan ruang luar ruangan. Warna biru tua yang dalam, seperti Farrow & Ball's Wine Dark, dapat memberikan efek nyaman dan menyelimuti, ideal untuk ide cat kamar tidur. Sedangkan warna yang lebih biru kehijauan, warna laut bisa langsung memberi energi.

2. Keindahan dengan soft lilac

Lilac pada warna yang lebih terang, dapat digunakan sebagai versi abu-abu yang lebih lembut dan romantis, jadi jika menginginkan tampilan yang terasa bersih dan tidak rewel namun dengan sedikit karakter, ini adalah warna pilihan saat memikirkan skema warna ruangan.

3. Terinspirasi dari hijaunya alam

Ilustrasi sumber daya alam (SDA).

Photo :
  • The Daily Guardian

Identik dengan alam, hijau adalah warna yang sangat menenangkan dan serbaguna. Cocok dipadukan dengan warna-warna alami dan bahan-bahan alami lainnya, warna ini juga dapat dipadukan dengan warna-warna cerah yang membangkitkan semangat seperti merah jambu dan ungu, dengan ide ruang hijau sebagai salah satu pilihan paling populer untuk rumah.

"Sebagai desainer arsitektural yang juga berprofesi sebagai kontraktor, kualitas selalu menjadi prioritas utama dalam mendesain dan mendirikan bangunan, termasuk penggunaan cat. Saya sangat mengapresiasi inovasi yang terus di kembangkan oleh Kansai Paint, terutama pada produk Kansai Diamond Shield 12-IN-1 dan Kansai Splesh Glimmer yang tidak hanya menunjang keindahan arsitektural namun juga menjawab tantangan konsumen akan produk yang awet, tahan terhadap cuaca dan juga memiliki daya tutup permukaan yang sangat baik. Dengan pengalaman panjang menggunakan produk cat Kansai Paint, saya yakin produk-produk ini bisa menjadi solusi bagi siapa saja yang mendambakan tampilan bangunan elegan dan berkualitas," ujar Indra Rizki, Arsitek dari Aindraworks, dalam pernyataannya.

PT Kansai Prakarsa Coatings (Kansai Paint), produsen cat terkemuka dari Jepang kembali meluncurkan inovasi terbarunya, Kansai Diamond Shield 12-IN-1 dan Kansai Splesh Glimmer. Kansai Diamond Shield 12-IN-1, sebuah terobosan cat eksterior yang menggabungkan 12 inovasi utama, menawarkan kualitas premium dan ketahanan terhadap cuaca ekstrem. Sementara itu, Kansai Splesh Glimmer merupakan cat tembok high-gloss enamel yang kini hadir menggunakan bahan dasar air. Dapat digunakan baik untuk interior dan eksterior, cat ini mudah dibersihkan dan dapat diaplikasikan pada berbagai jenis permukaan.

Kehadiran kedua produk yang masuk dalam kategori cat tembok dekoratif berbahan dasar air ini menandai langkah maju dalam menghadirkan keunggulan teknologi, sekaligus menjawab berbagai tantangan yang kerap dihadapi konsumen di Indonesia saat menggunakan cat untuk bangunan.

Hadirnya dua produk inovatif yang mengedepankan penggunaan bahan dasar air dan kadar VOC yang rendah (low volatile organic compounds) sehingga kedua produk ini merupakan produk yang ramah lingkungan. Kedua produk tersebut kini tersedia di toko bangunan di kota-kota besar di Indonesia mulai Desember 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya