Usia Konsumen Bergeser, Gen Z Mulai Berburu Rumah

Ilustrasi rumah/hunian.
Sumber :
  • Freepik/wirestock

VIVA – Generasi Z atau Gen Z mulai mendominasi kelompok usia konsumen bisnis properti di Tanah Air. Menurut data dari Rumah123, dari jumlah pengunjung total Mandiri Festival Properti Indonesia (MFPI) 2021, di mana mencapai 1.500 kunjungan per hari, sebanyak 54,3 persen adalah laki-laki, dengan rata-rata kelompok usia merupakan generasi Z (18-24 tahun) dan milenial (25-34 tahun).

5 Investasi Favorit Gen Z dan Milenial, Ada Properti Hingga Kripto

Sebagai informasi MFPI 2021 berlangsung selama tiga bulan secara virtual, dimulai dari 1 Oktober hingga 31 Desember 2021. Waktu penyelenggaraan yang lebih lama disebut memberikan kesempatan lebih bagi para pencari properti untuk memilih hunian idamannya dengan nyaman.

“Pencarian properti selama MFPI 2021 membuktikan adanya kenaikan minat yang cukup besar tidak hanya di Jabodetabek dan Pulau Jawa saja, namun juga Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Fenomena ini yang kemudian dijawab oleh ratusan proyek pilihan terbaik di MFPI yang memang berasal dari berbagai kota di Tanah Air,” ujar Vice President Consumer Loans Bank Mandiri, Ayu Pertiwi dalam keterangannya, Kamis, 10 Maret 2022.

Strategi Perumnas menjual rumah? Tren Gua Tunjukin, Rumah sudah Jadi, Dan Siap Huni

Ilustrasi rumah/hunian.

Photo :
  • Freepik/schantalao

Sementara dari demografi pengunjung, pencari properti masih didominasi oleh warga Jakarta, yakni sebesar 30 persen. Lokasi asal pengunjung terbesar MFPI 2021 lainnya adalah Surabaya 11,9 persen, Depok 6,8 persen, Bandung 6,7 persen, Makassar 4,4 persen, Medan 3,9 persen, Palembang 3,5 persen, Pekanbaru 2,8 persen, Semarang 2,2 persen dan Manado 1,3 persen.

Apa yang Sebenarnya Diinginkan Gen Z dari Work Life Balance?

Melihat data profil pengunjung, distribusi pendapatan mereka diketahui lebih dari Rp15 juta per bulan mencakup setengah dari keseluruhan porsi konsumen, yakni sebesar 49,2 persen. Disusul dengan kelompok pendapatan terbesar kedua >Rp4,5 juta-Rp10 juta (21.3 persen), >Rp10 juta-Rp15 juta (16,4 persen) dan <=Rp4,5 juta (13,1 persen).

Tangerang dan Bekasi jadi terfavorit

Ilustrasi rumah/hunian.

Photo :
  • Freepik/xb100

Untuk memfasilitasi minat pencarian properti masyarakat dari seluruh Indonesia, project developers yang ditawarkan di MFPI 2021 berada di berbagai daerah. Dari total 303 proyek hunian yang ada, tercatat lokasinya yang tersebar di 22 provinsi dan 58 kota. Dari berbagai daerah asal project developers yang ada, Kota Tangerang, Bekasi, dan Tangerang Selatan merupakan lokasi yang paling diminati oleh pencari properti.

Rumah tapak masih menjadi tipe properti paling dicari dengan kisaran harga proyek mulai dari Rp400 juta hingga Rp850 juta. Para pencari properti juga memiliki profil yang sangat beragam, dengan kebutuhan hunian yang berbeda-beda.

“Terlihat dari kunjungan ke situs MFPI yang mayoritas terjadi pada jam 10.00 pagi dan 18.00 sore, dengan Jumat sebagai hari yang memiliki kunjungan terbanyak. Consumer behavior yang berubah akibat pandemi turut kami perhatikan dan sesuaikan, sehingga pelayanan terbaik dapat diberikan oleh tim Rumah123 untuk menjawab berbagai inquiry konsumen,” ujar Country Manager Rumah123, Maria Herawati Manik.

Total nilai transaksi capai Rp625 miliar

Ilustrasi rumah/hunian.

Photo :
  • Freepik/jcomp

Kolaborasi strategis Bank Mandiri dan Rumah123 dalam menyelenggarakan MFPI 2021 diketahui sukses besar. Tercatat nilai transaksi pengajuan kredit pemilikan rumah (KPR) dengan jumlah mencapai ratusan miliar rupiah, yang merupakan pencapaian tertinggi dalam penyelenggaraan MFPI selama lima tahun. 

Dalam kurun waktu tiga bulan gelaran ini berlangsung, total nilai pengajuan KPR tembus angka Rp625 miliar. Jumlah ini berasal dari berbagai transaksi yang dilakukan pencari properti di 303 project developers yang resmi memasarkan produk huniannya di MFPI 2021.

“Prestasi luar biasa ini jadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami. Dengan lebih dari Rp625 miliar pengajuan KPR selama MFPI 2021, hal ini menjadi sinyal positif pemulihan pasar properti di Indonesia, terbukti dengan menguatnya daya beli masyarakat dan meningkatnya permintaan rumah maupun tipe hunian lainnya," ungkap Maria.

Selain dari sisi waktu penyelenggaraan yang lebih lama, MFPI 2021 juga menawarkan lebih banyak pilihan properti dengan total 303 project developers yang bergabung dari berbagai daerah di Indonesia. Inovasi gamification di laman mereka juga menjadi nilai tambah yang membuat pengalaman pencarian properti konsumen lebih baik.

Ilustrasi rumah/hunian.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Lebih lanjut, Maria menambahkan, MFPI 2021 tidak hanya menjadi momentum tepat bagi para konsumen yang hendak mencari hunian, namun juga para pebisnis properti yang kembali bergairah dengan peningkatan penjualan project.

Atas keberhasilan yang dicapai ini dan animo masyarakat yang tinggi, Rumah123.com bersama Bank Mandiri akan kembali mengadakan Mandiri Festival Properti Indonesia 2022 pada April mendatang.

“Untuk para pencari properti yang belum sempat menemukan hunian impian di pameran sebelumnya, jangan khawatir. MFPI 2022 akan segera menyapa masyarakat Indonesia lagi, tentunya dengan beragam penawaran dan promo yang tidak kalah menarik," tutup Maria.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya