Top 3 Produk yang Paling Dicari Saat Promo 12.12 Tahun Ini
- VIVA.co.id/Rizkya Fajarani Bahar
Jakarta, VIVA – Tren belanja online kini semakin berkembang dan diakses lebih mudah berkat kecanggihan teknologi. Belanja online bukan hanya perihal memenuhi kebutuhan tetapi juga gaya hidup yang sudah melekat di masyarakat Indonesia. Apalagi, di momen-momen tertentu seperti promo tanggal kembar yang sangat disukai oleh para pembeli.
Pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2024 yang jatuh pada tanggal 12.12 lalu, tercatat ada kenaikan penjualan hingga 50 kali lipat dibandingkan hari biasa. Peningkatan yang sangat pesat ini juga disertai degan fitur siaran langsung atau live yang dilakukan oleh para penjual di akun e-commercenya.
Kategori produk paling laris di Tokopedia pada Promo Guncang 12.12 2024, antara lain Kecantikan dan Perawatan Diri, Handphone dan Elektronik, serta Fashion Pria, sedangkan di ShopTokopedia, antara lain Kecantikan dan Perawatan Diri, Fashion Wanita, dan Fashion Muslim.
Selain itu, pada momen Natal sejumlah produk yang mengalami peningkatan tertinggi jumlah pesanan menjelang Natal 2024, antara lain hampers (contoh: kue kering, cokelat), pohon Natal, dan hiasan pohon Natal (contoh: slinger, lampu), dengan rata-rata hampir 3 kali lipat.
Hal ini tak luput dari peran affiliate dan content creator yang rajin membuat konten kreatif dalam berjualan di media sosial. Menjadi affiliate ternyata bisa memberikan hasil yang menjanjikan asalkan mau rajin membuat konten dan konsisten menjalaninya.
Sebagai platform berbagi video singkat terdepan, 125 juta pengguna di Indonesia datang ke TikTok setiap bulan untuk mencari hiburan dan inspirasi dari beragam konten yang dibagikan para kreator. Banyak juga pengguna yang menemukan inspirasi produk dari para penjual yang mempromosikan produk mereka, baik melalui video singkat maupun siaran langsung yang interaktif.
"Kekuatan penemuan TikTok memungkinkan pengguna Tokopedia dan ShopTokopedia serta kreator untuk tidak hanya terhibur, tetapi juga menemukan konten dan produk yang mereka butuhkan. Masyarakat dapat mengakses berbagai sajian konten dari para kreator dan penjual, mulai dari unboxing, tutorial, hingga cara pakai, yang bisa menginspirasi pembelian produk kebutuhan dari jutaan penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia. Per Desember 2023, ada lebih dari 8 juta kreator yang menerima penghasilan dari TikTok. Selain itu, 60 persen konten promosi (video pendek dan LIVE) di TikTok digunakan untuk mendukung produk lokal di ShopTokopedia," kata Communications Director, TikTok Indonesia, Anggini Setiawan, dalam year end media gathering di Jakarta, Senin 23 Desember 2024.
Masyarakat cenderung mengonsumsi konten video di TikTok terlebih dahulu, sebelum akhirnya terinspirasi membeli produk dari penjual. Berdasarkan data, penjual batik di ShopTokopedia yang melakukan live streaming di TikTok, dalam hal ini Batik Paduka dan Batik Arkanza, mengalami kenaikan penjualan rata-rata 3 kali lipat dibandingkan saat tidak melakukan live streaming.