Anak Muda Indonesia Berbakat: Siap Guncang Dunia Fesyen dan Makeup
- VIVA.co.id/Rizkya Fajarani Bahar
Jakarta, VIVA – Industri fesyen Indonesia kini tengah berkembang pesat dan dinilai siap bersaing dengan produk impor. Tentunya bukan hanya melibatkan para desainer profesional, tetapi juga mengajak para generasi muda agar mempersiapkan diri dalam membentuk karakternya di dunia fesyen maupun make up.
Seiring dengan berkembangnya tren asing yang mempengaruhi gaya busana dan make up masyarakat Indonesia, sebenarnya negara yang kaya akan budaya ini juga punya ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh negara lain. Ini lah yang menjadi tugas para generasi muda untuk memperkenalkan jati diri bangsa ke kancah global.
Melihat perkembangannya, generasi muda Indonesia dinilai semakin menunjukkan minat pada dunia fesyen dan make up.
"Semakin ke sini justru kayaknya saya lihat di bidang fesyen ini kayaknya semakin meningkat ya. Orang-orang juga semakin aware dengan fesyen. Jadi cocok banget, apalagi setelah ada pandemi kemarin, kayaknya kita setempat susah gitu untuk ikut acara fashion show dan lain sebagainya. Nah sekarang ini membuktikan bahwa fesyen Indonesia semakin meningkat," ungkap Juri YOUC-1000 Fashion Design & Make Up Contest 2024, Raegita Oktora, saat ditemui di Mall Kota Kasablanka, Sabtu 23 November 2024.
Raegita Oktora sangat setuju bahwa anak-anak muda Indonesia yang fokus menggeluti dunia fesyen dan make up nantinya juga mampu bersaing di kancah global. Tetapi, masih ada banyak hal yang harus mereka persiapkan.
Salah satu hal terpenting adalah mencari karakter masing-masing yang akan membedakan dari fesyen desainer maupun MUA lainnya. Dengan begitu, mereka akan jauh lebih mudah dikenali oleh orang lain karena ada ciri khas tersendiri.
"Yang harus dipersiapkan, banyak ya. Mulai dari desainnya, customernya, tentunya kayak DNA-nya itu paling penting. Terus untuk target market, itu pasti udah pelajaran-pelajaran basic yang diajarkan oleh sekolah. Jadi aku yakin mereka harusnya sudah kuat itu," paparnya.
Selain itu, mengikuti ajang kompetisi fesyen dan make up juga sangat membantu bagi anak-anak yang ingin membuka jalan kepada para buyer yang peluangnya sangat besar. Bahkan dari sebuah ajang kompetisi, mereka dapat mempelajari banyak hal termasuk mengenal hal-hal yang sedang menjadi tren dunia.
"Ketemu banyak dengan buyer-buyer yang nggak cuma dari Indonesia aja, tapi juga dari India, dari Australia gitu. Kita dapat insight banyak dari mereka, bahan-bahan apa aja sih sebenarnya yang emang laris manis di luar negeri," katanya.