House of Inang Hadirkan Inovasi Fashion dari Limbah Plastik di Bali Fashion Trend 2024

House of Inang Ecofashion
Sumber :
  • ist

Bali, VIVA – House of Inang Ecofashion kembali mencuri perhatian dengan menggelar fashion show pada acara Bali Fashion Trend 2024 yang berlangsung di TS Suites, Seminyak, Bali, baru-baru ini. Dalam acara tersebut, House of Inang menghadirkan koleksi bertema From Your Trash to Fashion Runway, yang menampilkan delapan koleksi ready to wear, mulai dari outfit, tas, hingga sepatu dan sandal.

10 Tren Fashion Terkini untuk Remaja Perempuan di 2024: Tampil Stylish dan Percaya Diri!

Koleksi ini memiliki keunikan tersendiri karena dibuat dengan memanfaatkan kombinasi anyaman limbah plastik rumah tangga. Scroll lebih lanjut ya.

Material utama yang digunakan dalam koleksi ini berasal dari limbah plastik rumah tangga seperti kemasan deterjen, pouch sabun, kemasan minuman energi, dan kemasan pasta gigi. Semua bahan ini dikumpulkan dari komunitas warga di Bintaro, Tangerang Selatan, melalui program From Trash to Treasure yang telah berjalan sejak Februari 2024.

Jangan Sampai Ketipu! Ini 5 Tips Cerdas Memilih Pakaian Thrift Berkualitas

Melalui program ini, limbah plastik dikumpulkan, kemudian diolah oleh para Nenek Penganyam House of Inang. Proses pengolahan limbah ini dilakukan dengan cara menggunting limbah plastik tersebut, lalu dianyam secara manual dengan kesabaran tinggi hingga membentuk helaian yang bisa dijahit dan dikombinasikan dengan bahan katun ramah lingkungan dalam pakaian.

Brand Modest Fashion Indonesia Ini Siap Menggebrak Front Row Paris

Mey Hasibuan, pendiri House of Inang, menjelaskan bahwa misi utama dari brand ini adalah melestarikan lingkungan melalui fashion yang berkelanjutan. 

“Misi House of Inang untuk melestarikan lingkungan lewat fashion sudah berjalan sejak 2020 dan sudah membantu untuk memperpanjang nilai daya guna limbah plastik sebanyak 1 ton per tahun,” ungkap Mey Hasibuan.

House of Inang Ecofashion

Photo :
  • ist

Ia juga menambahkan bahwa House of Inang telah berperan dalam memberdayakan para Nenek Penganyam, yang kini mendapatkan penghasilan tambahan dan tetap produktif di usia lanjut dengan mengolah limbah plastik menjadi berbagai barang cantik, seperti tas, aksesori, dan produk fashion lainnya.

House of Inang telah dikenal sebagai usaha retail di bidang fashion ramah lingkungan yang memiliki misi mengurangi sampah plastik sekaligus memberdayakan para Nenek Penganyam serta melestarikan kain tradisional Indonesia. Melalui pendekatan yang inovatif dan berkelanjutan ini, House of Inang tidak hanya memperkenalkan konsep fashion yang baru, tetapi juga memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya