6 Aplikasi Pengecek Barang Asli, Anti Barang Palsu!

ilustrasi barang branded
Sumber :
  • freepik.com/freepik

VIVA – Semakin banyak konsumen di Indonesia yang memilih berbelanja online, tetapi risiko terjebak membeli barang palsu juga semakin tinggi. Produk palsu tidak hanya beredar di platform e-commerce, tetapi juga di toko-toko fisik. Barang-barang yang terlihat asli sering kali menipu konsumen, yang akhirnya merugi karena kualitas produk yang tidak sesuai, cepat rusak, atau bahkan berbahaya. Peredaran barang palsu menjadi masalah serius di Indonesia, merugikan tidak hanya secara finansial, tetapi juga dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan.

Terpopuler: Bagnaia Murka di Sprint Race, Cara Dapat QR Code Pertalite

Tidak perlu khawatir, ada solusi praktis untuk masalah ini. Berbagai aplikasi cek barang original kini tersedia, memungkinkan konsumen memverifikasi keaslian produk hanya dengan memindai barcode atau QR code. Aplikasi ini memberikan kepastian kepada konsumen bahwa barang yang dibeli adalah asli, sekaligus membantu melindungi diri dari potensi penipuan dan risiko barang palsu.

Kenapa Harus Cek Keaslian Barang?

Cara Cepat dapat QR Code Penggunaan Pertalite sebelum Pembatasan

Membeli barang palsu tidak hanya merugikan konsumen dari segi keuangan, tetapi juga berisiko dalam hal kualitas dan keamanan. Barang palsu sering kali dibuat dengan bahan yang lebih murah dan tidak melalui kontrol kualitas yang ketat seperti produk asli. Akibatnya, produk palsu bisa cepat rusak atau bahkan berbahaya, terutama jika berkaitan dengan barang elektronik atau produk kecantikan. 

Menurut OECD, perdagangan barang palsu di seluruh dunia mencapai lebih dari $500 miliar tiap tahun! Jadi, kamu nggak boleh anggap enteng masalah ini. Barang asli menawarkan banyak keunggulan, termasuk daya tahan, garansi resmi, dan kualitas yang lebih baik. Untuk menghindari barang palsu, memanfaatkan teknologi adalah solusi yang efektif. Salah satu teknologi yang dapat diandalkan adalah aplikasi cek barang original, yang memberikan kemudahan bagi konsumen untuk memastikan produk yang dibeli adalah barang asli. Dengan memastikan barang yang kamu beli itu asli, kamu bukan cuma melindungi diri sendiri, tapi juga ikut memerangi industri barang palsu yang semakin besar.

Terpopuler: Suzuki Masih Jual Motor Bebek, QR Code Pembatasan Pertalite

Cara Kerja Aplikasi Cek Barang Original

Aplikasi cek barang original itu gampang banget dipakai, cocok buat kamu yang suka praktis. Cukup dengan scan barcode atau QR code di produk, kamu langsung bisa tahu barang itu asli atau palsu. Teknologi di balik aplikasi ini canggih, biasanya pakai barcode scanner atau sertifikasi digital yang ditanam di produk oleh produsen.

Setelah scan, dalam beberapa detik, aplikasi bakal kasih kamu informasi detail tentang produk tersebut. Mulai dari keaslian produk, asal produk, sampai garansi. Beberapa aplikasi juga kasih info tambahan seperti review atau rating produk, jadi kamu bisa lebih yakin sebelum beli.

Rekomendasi 6 Aplikasi Cek Barang Original

Mengetahui keaslian produk menjadi langkah penting untuk memastikan kualitas dan keamanan. Untuk itu, ada beberapa aplikasi yang dapat membantu kamu memverifikasi barang sebelum membeli.

Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengecek keaslian barang, dikutip dari Phonsable. Aplikasi ini akan memudahkan kamu dalam memastikan bahwa barang yang kamu beli adalah produk asli.

  1. HiddenTag – Authenticity Verification & Shopping

Dok. HiddenTag

Photo :
  • https://images.app.goo.gl/6dDYynGXhohcwgMB8

Buat kamu yang suka skincare Korea, aplikasi ini wajib punya! Kamu bisa cek keaslian produk dengan scan Hiddentag di kemasannya. Kalau ternyata barangnya palsu, kamu bisa langsung lapor lewat aplikasi. Hanya tersedia di Google Play Store.

  1. AuthenticGuards

Aplikasi ini nggak cuma buat konsumen, tapi juga pelaku usaha! Selain bisa cek keaslian barang dengan memindai stiker hologram, pelaku usaha bisa tahu profil, lokasi, dan demografi konsumen melalui dasbor yang tersedia. Aplikasi ini bisa kamu unduh di Google Play Store dan App Store.

  1. BPOM Mobile

Ini aplikasi resmi dari BPOM Indonesia yang khusus buat cek produk makanan, obat, dan kosmetik. Kalau nomor izin BPOM produk itu palsu, kamu bisa langsung lapor lewat aplikasi. Hanya tersedia di Google Play Store.

  1. QR & Barcode Scanner

Dok. QR & Barcode Scanner

Dok. QR & Barcode Scanner

Photo :
  • images.app.goo.gl/cnPoYb6hRp18ZEVx6

Aplikasi ini nggak cuma buat scan barcode atau QR code, tapi juga bisa baca teks, URL, ISBN, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa bikin QR code sendiri.
Hanya tersedia di Google Play Store.

  1. QR Scanner – Barcode Reader

Dok. QR Code Scanner

Photo :
  • images.app.goo.gl/v5g8wvDfoBCAsoP16

Aplikasi ini nggak cuma scan produk dengan aman, tapi juga punya fitur history yang nyimpen semua hasil scan kamu sebelumnya. Jadi, kamu bisa cek ulang kapan aja. Hanya tersedia di Google Play Store.

  1. CertiEye

Dok. CertiEye

Photo :
  • images.app.goo.gl/kvwhQPaE7jNM3RyJ7

Khusus buat produk yang punya Certi Mark, tanda ini menunjukkan bahwa produk sudah sesuai standar. Dengan aplikasi ini, kamu bisa lihat info lengkap soal produk yang di-scan. Hanya tersedia di Google Play Store.

Cek Barang Sebelum Beli! Kamu harus lebih waspada sama barang palsu. Nggak cuma soal barang fashion atau gadget, tapi juga produk skincare dan elektronik yang kamu pakai setiap hari. Jangan sampai kamu tertipu barang palsu yang malah bikin rugi atau bahaya.

Install salah satu aplikasi cek barang original yang udah direkomendasikan di atas, dan pastikan barang yang kamu beli adalah produk asli yang berkualitas. Jangan sampai tertipu dan jadilah konsumen cerdas!

PT Pertamina Patra Niaga masih terus menyalurkan BBM jenis Pertalite (RON 90)

Viral Pemilik Mobil Ngamuk Tak Bisa Isi BBM Subsidi karena Pelat Nomor Baru

Viral pemilik kendaraan yang ngamuk ke petugas SPBU dikarenakan tak bisa beli BBM subsidi karena ganti pelat nomor.

img_title
VIVA.co.id
10 September 2024