Geliat Brand Fashion Lokal di Era Digital, Knitwear Trendi Berdesain Modern Kian Digandrungi

Foto koleksi brand fashion lokal
Sumber :
  • ist

Bandung, VIVA – Saat ini, dunia fashion lokal di Indonesia terus mengalami perkembangan pesat yang signifikan. Hal ini terlihat dari hadirnya brand-brand lokal, yang tidak hanya menawarkan produk tetapi juga berani mengambil langkah untuk menciptakan produk inovatif dengan kualitas terbaik.

Penggemar K-Pop, Siap-Siap! Brand Fashion Favorit Artis Korea Kini Ada di Indonesia

Tren fashion yang terus berputar, menjadi peluang tersendiri bagi para pelaku usaha lokal untuk berkreasi dan bergerak bersama konsumen. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Begitu pula yang dirasakan oleh Khairul Gani, atau dikenal dengan panggilan Gani, pemilik brand fashion lokal Gonegani yang berfokus pada knitwear berkualitas tinggi dengan desain modern dan nyaman.

Konsumen Indonesia Mulai Beralih ke Smartphone Harga Rp7 jutaan

Berawal dari sebuah kos-kosan, Gani pun memutuskan untuk meluncurkan brand nya sendiri dengan nama Gonegani.

Saat ini, Gonegani telah banyak dikenal oleh masyarakat luas dan telah berhasil memperkuat potensi nya dengan strateginya dalam memanfaatkan kemajuan teknologi.

Curhat Peritel Merasa Diabaikan Pemerintah karena Aturan Ini

"Sejak awal hadir di tengah masyarakat, kami berfokus untuk menciptakan produk fashion yang stylish, nyaman, dan pastinya berkualitas tinggi di Gonegani. Ketika Gonegani memutuskan masuk ke pasar online pada 2021, kami mencoba memetakan strategi dan inovasi apa saja yang bisa kami manfaatkan untuk mendorong penjualan secara online ini,” ungkap pendiri dan CEO Gonegani, Khairul Gani.

“Saat bergabung dengan Shopee, kami sudah melihat bahwa adanya potensi yang dapat kami optimalkan melalui fitur-fitur yang ditawarkan oleh Shopee. Mulai dari mengikuti kampanye angka kembar hingga mengoptimalkan fitur-fitur interaktif seperti Shopee Live & Video, untuk bergerak bersama dengan perilaku belanja konsumen yang perlahan berubah,” jelas Gani.

“Dampak positif yang terlihat sejak kami mulai aktif melakukan live streaming di Shopee Live, dimana terdapat peningkatan pesanan lebih dari 70 kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu,” ujarnya.

Banyaknya keberhasilan yang sudah Gonegani capai menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan memanfaatkan setiap peluang yang ditawarkan oleh teknologi digital.

Riset pasar merupakan kunci utama yang selalu dilakukan oleh Gonegani untuk membangun dan menjaga keberlangsungan bisnis.

Mulai dari mempelajari tren-tren fashion yang tidak hanya digemari tapi juga dibutuhkan oleh pasar Indonesia, hingga bergerak dengan perkembangan perilaku belanja dimana masyarakat cenderung memilih cara berbelanja yang mudah dan dapat langsung bertanya melalui live streaming.

"Saya yakin interaksi langsung dengan konsumen adalah kunci keberhasilan di era digital. Melalui Shopee Live dan Shopee Video, kami bisa mendengar feedback konsumen dan terus berinovasi. Konsumen lebih mudah melihat kualitas produk, bertanya soal padu padan, hingga menikmati penawaran voucher,” ucap Gani.

“Rutin menjalankan Shopee Live membantu kami menjangkau lebih banyak konsumen, berjualan real-time, dan membangun kepercayaan. Pesanan melalui Shopee Live kini bahkan berkontribusi hingga 50% bagi kami,” lanjut Gani.

Dalam membuat konten, Gonegani juga turut meriset apa tren yang sedang berlangsung di dunia fashion. Sehingga konten yang disuguhkan dapat meningkatkan daya tarik pengguna, antara lain seperti mix & match.

Foto koleksi brand fashion lokal

Photo :
  • ist

Tidak hanya itu, untuk semakin memperkuat strategi, Gonegani sering untuk memberikan voucher untuk berbelanja tidak hanya melalui Shopee Live tetapi juga Shopee Video.

“Memutuskan untuk rutin aktif Shopee Live, bisa membantu meningkatkan kualitas hidup baik untuk pribadi, keluarga dan bisnis. Saat ini pun, Gonegani sudah memiliki team sendiri untuk meng handle Shopee Live, bahkan ini juga menjadi kesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan baru,” imbuh Gani.

Saat awal bergabung, salah satu keinginan Gani adalah untuk menghabiskan produk-produk yang tidak terjual melalui website. Namun, lebih dari ekspektasi yang dinanti, tidak hanya menghabiskan produk, Shopee telah membantu meningkatkan penjualan.

Hingga saat inipun, kampanye angka kembat seperti Big Ramadan Sale hingga PayDay Sale masih menjadi bintang dan momentum yang besar bagi Gonegani.

Dimana hal yang sangat dirasakan adalah, pada momen kampanye angka kembar, sesi Shopee Live mengalami puncak penjualan tertinggi, dimana banyak pengguna yang bergabung dan berbelanja.

Pramuniaga memasukkan barang yang telah dibeli konsumen ke dalam kantong plastik di salah satu mini market. (ilustrasi)

Survei BI: Keyakinan Konsumen Naik Didukung Kondisi Ekonomi

Survei Konsumen Bank Indonesia Agustus 2024 mengungkapkan, keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
9 September 2024