Gak Ketinggalan Zaman Kok, Tren Retro 80-an Masih Jadi Inspirasi Fesyen 2024

Ilustrasi wanita berkacamata
Sumber :
  • Freepik/wayhomestudio

Jakarta, VIVA – Dari tahun ke tahun, gaya hidup masyarakat Indonesia mengalami perubahan dan perkembangan yang signifikan. Misalnya ketika era 1980-an dengan 2024 yang serba modern ini, perbedaan teknologi sangat terasa karena segala hal jadi lebih instan dan mempermudah aktivitas.

Indonesian Modest Fashion Exports Reach $632.76 Million

Salah satunya adalah tentang mendapatkan kenalan baru untuk pergi kencan. Jika pada era 80-an kebanyakan orang memanfaatkan radio untuk mendapat kenalan baru, di tahun 2024 ini anak-anak muda menggunakan dating app untuk mendapatkan teman bahkan pasangan hidup. Scroll untuk tahu info lengkapnya, yuk!

Selain itu, gaya berpakaian juga menjadi hal yang perbedaannya sangat mencolok. Dibandingkan dengan tahun 80-an yang warna-warna pakaian sangat mencolok, tahun 2024 ini kebanyakan tren fesyen justru mengangkat warna yang lebih soft dan cerah.

Intip Style Mahalini dalam Balutan Romantic Hingga Bold, Bisa Dicontek Nih!

konferensi pers Twelve Triumphant Lippo Mall Kemang 12 Anniversary

Photo :
  • VIVA.co.id/Rizkya Fajarani Bahar

Menurut Desainer Ichwan Thoha yang lahir pada tahun 70-an, banyak sekali kemiripan gaya hidup pemuda di era 80-an dan 2024 ini yang bisa menginspirasi. Termasuk perihal gaya busana, model-model pakaian retro tahun 80-an masih bisa menjadi tren yang menarik untuk digunakan lagi di era modern ini. Umumnya, ciri pakaian retro tahun 80-an menampilkan look yang bermotif abstrak dengan layering yang membuat pemakainya terlihat fashionable.

Sisi Gelap di Balik Sukses Ritel Fashion Asal Tiongkok Shein

"Tren modenya akhir-akhir itu banyak motif abstrak. Ini adalah hasil kolaborasi saya dengan seniman Aqil, seniman lukis muda berbakat yang sedang berkuliah di ITB. Banyak motif abstrak, model tumpuk atau layering," jelas Ichwan Thoha, dalam acara konferensi pers Twelve Triumphant Lippo Mall Kemang 12 Anniversary, di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu 12 September 2024.

Koleksi Ichwan Thoha yang bertajuk Kencan Buta diinterpretasikan dengan menggunakan bahan-bahan dari lukisan Aqil yang berjudul antara lain Dentuman Waktu, Ring of Fire, Grey, Mistical Beauty, Diskusi Kehidupan. Ada 24 looks pria yang terdiri dari potongan-potongan seperti jumpers, V-neck long line Tshirt, blouse with hoodie, light outer, ruffles shirt, drawstring pants dan lainnya dalam kemasan active wear retro 80s, flamboyant khasnya. Motif abstrak yang kembali trendi mendominasi koleksi ini. Sedangkan kisaran aksesoris berupa, korset, bowties, bold necklace yang terinspirasi dari streetwear, active wear, genre music R&B.

"Salah satu DNA Ichwan Thoha adalah dasi kupu, akan hadir dengan warna neon, warna-warna dekade 80-an," katanya.

Termasuk Ichwan Thoha, akan ada 12 desainer ternama yang memamerkan koleksi terbaru mereka dalam acara Twelve Triumphant seperti Danar Hadi, Hartono Gan, Ai Syarif 1965, OHMMBYBAI (Bai Papulo), Sofie, Viniani (Apa Kabar Atelier), Funky Kebaya, Adrie Basuki, Dani Wilastri, Ernesto Abram, dan juga Itang Yunasz.

Masing-masing fashion designer akan menampilkan lebih dari 30 karya dengan berbagai tema sesuai dengan kekhasan masing-masing. Fashion Runway dapat dinikmati pada setiap akhir pekan yaitu hari Sabtu dan Minggu dimulai Sabtu 14 September 2024 dan berakhir pada 28 September 2024 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya