Online dan Offline Bisa Sekaligus, Ternyata Begini Gaya Belanja Orang Indonesia

Ilustrasi belanja/sale.
Sumber :
  • Freepik/freepik

Jakarta, VIVA – Tren belanja masyarakat Indonesia kini terbagi dalam dua bagian, yakni pecinta belanja online dan offline. Masing-masing cara belanja ini punya manfaat tersendiri, misalnya ketika belanja online waktu bisa lebih efisien karena tidak harus menempuh jarak yang jauh. Tetapi, untuk memastikan kualitas barang secara langsung akan lebih terjamin ketika belanja langsung datang ke tokonya. 

Pengalaman Belanja Unik dan Mewah untuk Para Influencer di Program Eksklusif

Gaya belanja yang pertama, datang di toko ritel kini bukan semata-mata untuk mencari barang atau kebutuhan sehari-hari, namun juga menjadi tujuan hiburan di mana setiap toko punya daya tarik sendiri yang membuat pengunjung betah berada di dalamnya. Scroll untuk tahu info lengkapnya, yuk!

Tak sedikit orang yang tertarik mengambil foto di spot-spot menarik padahal hanya dilatarbelakangi dengan barang-barang yang unik. Hal ini tentunya bergantung pada bagaimana toko dapat menghadirkan tema yang menarik sehingga banyak orang yang secara otomatis ingin memamerkan hasil fotonya ke media sosial.

Airlangga Ungkap Pentingnya Genjot Belanja Pemerintah Kejar Target Pertumbuhan Ekonomi

"Toko itu selain orang datang untuk belanja, juga bisa foto-foto. Ada tempat buat spot foto, lalu di-share ke media sosial. Kita buat setiap toko punya tema dan karakteristiknya sendiri. Jadi orang datang ke toko nggak cuma biasa aja, tapi punya ketertarikan sendiri," ungkap Public Relation Specialist mewakili OH!SOME, Shelly, saat ditemui setelah acara Grand Opening Store di La Piazza Kelapa Gading, Jakarta, Kamis 1 Agustus 2024.

Grand Opening OH!SOME

Photo :
  • VIVA.co.id/Rizkya Fajarani Bahar
Nikmati Promo 9.9 Tokopedia, Banyak Diskon dan Cashback Besar-besaran

Melihat bagaimana kebiasaan belanja orang Indonesia, tak sedikit orang yang juga suka membandingkan barang-barang di toko offline dengan online. Ada tipe orang yang ingin memeriksa barang secara langsung dengan mendatangi toko terdekat. Namun, tetap saja membelinya secara online karena biasanya ada banyak promo menarik di aplikasi e-commerce. Hal ini lantas membuat toko ritel yang memasok barang dari China, Korea, Jepang, dan negara lainnya jadi menghadirkan toko offline dan online sekaligus.

"Kita ada online dan offline, itu salah satu yang meningkatkan gaya belanja. Orang akan datang ke toko, setiap toko juga punya benefit yang berbeda. Jadi pembeli bisa datang ke toko menanyakan ketersediaan barang atau join komunitasnya," jelas Shelly.

Kemudian, masyarakat Indonesia juga masih banyak yang gemar mencari barang-barang unik dari luar negeri misalnya China dan Jepang. Beberapa di antaranya yang paling populer adalah produk makeup, skincare, snack, makanan instan, hingga perawatan tubuh dan wewangian. Mendapatkan barang-barang ini tentu bukan hal yang mustahil lagi karena ketersediaannya yang sudah memasuki pasar Indonesia. 

Tak hanya itu, orang Indonesia juga gemar mengoleksi karakter-karakter tertentu misalkan dari Disney yang punya banyak karakter kartun populer dari generasi ke generasi, termasuk mainan, perlengkapan rumah tangga, dan perlengkapan kantor yang menampilkan karakter-karakter favorit seperti Donald Duck dan Stitch. Hal tersebut lah yang menjadi penyebab banyak orang suka belanja di toko ritel kuning ini karena setiap 6 bulan sekali akan ada pergantian koleksi terbaru.

"Ke depannya kita akan kerja sama dengan brand di seluruh dunia. Jadi ada beberapa brand yang selama ini cuma bisa dibeli online, tapi di kita bisa datangin langsung dan coba barangnya," pungkasnya.

Sebagai informasi, OH!SOME akan membuka lebih dari 30 toko di seluruh Indonesia pada tahun pertama, pembukaan toko ini mencakup pusat-pusat kota utama di seluruh negeri. Rencananya, akan ada pembukaan lebih dari 50 toko lainnya yang akan dilaksanakan pada tahun kedua dengan menawarkan tema yang berbeda di setiap toko baru serta memastikan bahwa tidak ada toko di satu kota dengan tema yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya