JF3 2024: Streetwear Indonesia Naik Level, Inspirasi dari Pasar Malam dan Bajaj

JF3
Sumber :

Tangerang, VIVA - Parade busana dalam acara JF3 menjadi hal yang menarik di tahun 2024. Hal itu karena, fashion mode kali ini dibawakan dengan nuansa yang unik.

Viral Bocah di Serpong Diculik Pria Berjaket Ojol, Polisi Buru pelaku

Pada hari pertama pembukaan JF3 2024 di Summarecon Mall Serpong, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, sejumlah busana dipamerkan oleh Lakon Indonesia. Berkerjasama dengan maestro batik Dudung Alisyabana, tampilan busana tersebut di desain dengan gaya streetwear, namun tetap menonjolkan kekhasan Indonesia dengan adanya corak kota Pekalongan yang khas dengan motif garis berkarakter.

"Konsisten pada komitmen untuk mengangkat hasil karya tangan artisan tradisional. Dalam setiap koleksinya LAKON Indonesia akan memilih satu artisan untuk diangkat dengan bekerjasama dalam pembuatan koleksi. Maestro Batik yang kami pilih kali ini adalah Dudung Alisyahbana dari kota Pekalongan yang dikenal dengan garis-garisnya yang sangat berkarakter," kata pendiri sekaligus maestro dari ragam karya Lakon Indonesia, Theresia Mareta.

Intip Style Mahalini dalam Balutan Romantic Hingga Bold, Bisa Dicontek Nih!

Bajaj di JF3

Photo :
  • VIVA/ Sherly/ Tangerang
Sisi Gelap di Balik Sukses Ritel Fashion Asal Tiongkok Shein

Karya kali ini banyak terinspirasi dari kehidupan dan keseharian generasi masa kini dengan apa yang mereka butuhkan. Dalam kehidupan sehari-hari, pakaian yang dikenakan masyarakat sangat sederhana tapi terlihat dan terkesan sangat kuat.

"Kami coba mengadaptasikan hal tersebut menjadi streetwear. Kita itu ada kecenderungan mengenakan baju olahraga untuk kesemua tempat, karena kenyamanan. Kenyamanan itu sesuatu yang sangat dicari, makanya koleksi kali ini mengutamakan kenyamanan," ujarnya.

Bukan hanya itu, tema runway yang hadir pada pembukaan JF3 ini juga turut memukau para pengunjung. Dimana, mengangkat tema Pasar Malam, menjadikan hal yang berbeda.

JF3

Photo :

Dekorasi yang dihiasi dengan pernak pernik pasar malam. Tapi, di arena runway, juga dibawa sejumlah jajanan jadul untuk menguatkan suasan pasar malam. Belum lagi, lagu dangdut yang menjadi ciri khas pasar malam, dan kehadiran transportasi tradisional, yakni bajaj.

"Pasar Malam menampilkan kesederhanaan dan ketegasan potongan-potongan baru. Pandangan LAKON Indonesia akan selalu mengedepankan hasil karya yang klasik dan adaptasi terhadap perjalanan masa," ungkapnya.

Gelaran JF3 tahun 2024 ini akan digelar hingga 4 Agustus 2024 mendatang dengan berbagai tema. Tidak sendiri, JF3 juga menggandeng DPR Jakarta, fashion mode streetwear asal Paris yang menjadi hal baru di panggelaran pameran budaya tersebut.

JF3

Photo :
  • VIVA/ Sherly/ Tangerang
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya