Cicit Soekarno, Syandria Kameron Bongkar Pakaian yang Wajib Dipakai Anggota Keluarganya

Syandria Kameron.
Sumber :
  • Instagram @syandria.

JAKARTA – Syandria Kameron adalah salah satu cicit Presiden Soekarno yang namanya familiar di telinga masyarakat Indonesia. Ia sempat viral lantaran wajahnya dinilai sangat mirip dengan Lyodra Ginting. Selain itu, putri dari pasangan Puti Guntur Soekarno dan Joy Kameron ini memiliki banyak prestasi yang membanggakan bukan hanya bagi keluarga tetapi juga negara.

Cinta vs Uang, Mana yang Lebih Penting dalam Hubungan? Ini Kata Dewi Sukarno

Sebagai keturunan dari orang nomor satu di negeri ini, Syandria Kameron lantas menjadi panutan yang baik bagi anak-anak muda. Salah satunya perihal cara berpakaian yang masih sangat gemar berkebaya. Scroll untuk tahu cerita lengkapnya, yuk!

Di era serba modern ini, Syandria tetap melestarikan budaya asli Indonesia dengan cara memakai kebaya di berbagai kesempatan. Kebaya yang ia kenakan ternyata adalah pakaian wajib di kalangan keluarga sehingga sejak kecil sudah dibiasakan untuk menggunakannya setiap hari.

Analis Pakar soal Kemungkinan Jokowi masuk Gerindra

"Keluargaku, terutama kedua nenek aku, ibu, eyang guru Soekarno, selalu mewajibkan dalam keluarga pakai kebaya. Jadi dalam acara atau sehari-hari pakai kebaya terus. Dari kecil sudah dibiasakan pakai kebaya," ungkap Syandria Kameron, dalam acara konferensi pers peluncuran film Kebaya Kala Kini, di Jakarta, baru-baru ini.

Kebaya Kala Kini

Photo :
  • VIVA.co.id/Rizkya Fajarani Bahar
Forum IAPF di Bali, Puan Bicara RI-Afrika Punya Sejarah Panjang Sejak Era Presiden Soekarno

Syandria kameron menjadi bukti bahwa berkebaya juga bisa membuat seseorang tetap terlihat stylist meskipun dalam balutan pakaian tradisional. Ia juga kerap memadupadankan kebaya dengan gaya yang modern, misalkan dari segi warna atau motif kebayanya yang dipakai dengan aksesoris atau sepatu kekinian.

Kebiasaan berkebaya ini juga diterapkan pada murid-murid di sanggar tari miliknya. Rasa cinta terhadap budaya Indonesia memotivasi Syandria Kameron untuk membangun sebuah sanggar tari Bali, di mana semua guru dan murid wajib memakai kebaya saat berlatih.

"Saya juga punya sanggar tari Bali. Saya mewajibkan murid-murid berlatih sambil pakai kebaya. Dari pada pakai kaos, murid dan guru di sanggar tari mensupport juga mereka dengan sukarela pakai kebaya," katanya.

Memperingati Hari Kebaya Nasional yang jatuh pada 24 Juli 2024 lalu, Syandria Kameron sendiri berpartisipasi dalam film pendek berjudul Kebaya Kala Kini. Film yang dirilis oleh Bakti Budaya Djarum Foundatin tersebut dibintangi juga oleh Dian Sastrowardoyo dan Putri Marino.

Film pendek Kebaya Kala Kini mengajak perempuan Indonesia untuk mendalami makna kebaya yang tidak hanya memancarkan keanggunan, tetapi juga menggambarkan ketangguhan dan kelembutan perempuan Indonesia. Kebaya adalah identitas bangsa Indonesia yang bisa mempersatukan segala kelas sosial dan lintas batas wilayah yang tersebar di seluruh Nusantara.

Film ini dapat disaksikan melalui YouTube Indonesia Kaya mulai 24 Juli 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya