Tips Styling Kebaya Kasual Biar Gak Terkesan Mau Kondangan

Kebaya Kala Kini
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rizkya Fajarani Bahar

JAKARTA – Setiap 24 Juli diperingat sebagai Hari Kebaya Nasional yang mana akan mengingatkan masyarakat Indonesia betapa pentingnya melestarikan warisan budaya bangsa yang sudah ada sejak turun-temurun.

Terpopuler: Putri Marino Tunjukkan Sisi Feminin dan Berani hingga Mengenal Perayaan Chuseok

Kebaya biasanya dikenakan untuk hadir dalam acara-acara formal seperti wisuda dan pernikahan. Tetapi seiring dengan perkembangan fashion di Tanah Air, kini kebaya juga cocok dipakai untuk kegiatan sehari-hari bahkan untuk sekadar pergi kerja maupun hang out bersama teman. Scroll untuk tahu info lengkapnya, yuk!

Kunci dari penggunaan kebaya ini adalah rasa nyaman bagi yang mengenakannya. Baik mengenakan kebaya dengan gaya yang formal maupun kasual, perempuan yang mengenakannya harus percaya diri dan merasa nyaman sehingga aura kecantikannya dapat terpancar secara alami.

Penampilan Terbaru Wanda Hara di Runway Fashion Show Jadi Sorotan, Seperti Apa?

"Yang paling penting adalah ketika memakai kebaya atau baju apapun, yang nyaman dan kita banget. Jangan kita ikutan tren, misalkan orang pakai kebaya model ini karena lagi tren aja, ya nggak dong. Kalau kita nyaman dan senang memakainya, aura akan keluar," ungkap Fashion Stylist, Hagai Pakan, saat ditemui di Grand Indonesia, Jakarta, Selasa 23 April 2024.

Berkebaya

Photo :
  • VIVA/ Rizkya Fajarani Bahar
BNPT Sebut Anak-anak Hingga Perempuan Rentan Terpapar Radikalisme

Bahkan, satu kebaya juga bisa di-mix and match dengan model kebaya lainnya. Contohnya ada kebaya janggan yang dalamnya dipadukan dengan kebaya encim atau kebaya kutu baru yang dimodifikasi dengan kebaya kartini, sehingga kesan klasik namun trendi pun bisa didapatkan.

Kebaya juga tidak harus selalu dikenakan dengan kain lilit sebagai bawahannya, tetapi juga bisa dengan celana kain atau jeans yang hasilnya akan membuat penampilan seseorang lebih kasual namun tetap rapi.

"Jangan sampai orang berkebaya, tapi gayanya nggak nyaman. Misalkan Putri Marino pakai celana jeans tapi atasnya kebaya, ya udah tetap bisa kok nggak harus selalu pakai kain atau yang formal-formal," jelasnya.

Salah satu contoh gaya styling kebaya yang disarankan oleh Hagai Pakan adalah yang dikenakan oleh Putri Marino saat tengah menghadiri acara perilisan film pendek Kebaya Kala Kini. Di kesempatan itu, Putri Marino mengenakan kebaya putih panjang yang di bagian dalamnya ada kemben warna warni. Untuk bawahan, Putri Marino justru memakai celana jeans alih-alih kain yang membuatnya terlihat lebih trendi. Ia juga melengkapi penampilan berkebayanya itu dengan sneakers putih.

"Ini adalah salah satu contoh untuk kita, jangan sampai orang tuh berpikir kalau berkebaya harus pakai selop gitu. Jadi ini kebaya yang sangat klasik tapi ini tetap mewakili gaya perempuan indonesia dengan kesukaannya masing-masing," ujarnya.

Selain memadukan kebaya dengan pakaian yang kasual, Hagai Pakan juga menyarankan penggunaan kebaya dengan berbagai jenis kain dari seluruh Nusantara. Ada banyak kain-kain motif khas daerah yang sangat cocok dikenakan bersamaan. Misalkan yang dikenakan oleh Syandria Kameron, cicit dari Ir. Soekarno.

"Aku punya koleksi kebaya vintage, terus kita kasih korset tapi luarnya ada kebaya gaya Minang dari mama Ghea, tapi bawahnya kain dari Timor. Jadi ini diverse dari Sabang sampai Merauke temanya. Terus bawahnya tetap pakai boots biar lebih santai," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya