Area Selangkangan Hitam Bikin Gak Pede, Bolehkah Diatasi Pakai Serum Wajah?

Ilustrasi organ intim.
Sumber :
  • Freepik/freepik

JAKARTA – Setiap orang pastinya ingin punya kulit sehat yang ditandai dengan warnanya yang merata. Masalah hiperpigmentasi atau munculnya kehitaman di area tertentu sering kali menurunkan rasa percaya diri. Area tubuh yang kerap menghitam di antaranya adalah ketiak, selangkangan, dan lipatan leher.

Kenapa Wajib Pakai Sunscreen Minimal SPF 30? Ini 5 Alasannya

Area yang menggelap itu bisa jadi merupakan hal yang normal karena muncul sebagai akibat dari gesekan berlebih. Tetapi, bisa juga disebabkan karena masalah kesehatan yang serius misalkan gangguan ginjal, melasma, dan lainnya. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

"Gelap di area selangkangan itu bisa normal dan nggak normal, mayoritas manusia dengan area selangkangan menghitam itu yang kulitnya ethnic, kayak cokelat dan sawo matang. Itu memang lebih gelap karena gesekan dan sebagainya. Kondisi itu akan semakin parah kalau hamil bahkan infeksi, akan makin menggelap," jelas Dermatologist, dr. Listya Paramita Sp.DVE, FINSDV, saat ditemui di Jakarta, baru-baru ini.

5 Tips Pilih Skincare yang Aman, Cek Kemasan Hingga Izin Edar BPOM

Ilustrasi kulit ketiak terasa kasar.

Photo :
  • inmagine

Area kulit yang menghitam itu juga muncul karena meningkatnya zat melanin yang dihasilkan secara alami. Ketika seseorang punya kandungan melanin yang rendah, maka kulitnya cenderung lebih putih, dan sebaliknya.

Tren Kecantikan Korea yang Menginspirasi Gaya Hidup Perawatan Kulit di Indonesia

Untuk mengatasi masalah peningkatan melanin dalam tubuh, ada kandungan melasyl yang terdapat dalam produk skincare. Biasanya, melasyl ditemukan dalam serum yang fungsinya selain meratakan warna kulit tetapi juga menutrisi dan menekan produksi melanin.

Serum biasanya hanya dipakai di bagian wajah, tapi ternyata juga boleh dipakai di bagian kulit yang lain seperti area lipatan yang menghitam tersebut. Namun perlu diperhatikan, ketahui dulu apa penyebab kulit itu menghitam. Apabila muncul karena adanya jamur atau infeksi, maka perlu ditangani dulu akar masalahnya sebelum diolesi serum secara rutin.

"Basically boleh tapi dilihat penyebab menggelap ini apa. Kalau ternyata karena jamur, dan jamurnya belum selesai, belum diobatin kan nggak bisa pakai serum mesti beresin dulu infeksinya" kata Dokter Listya.

Ciri area selangkangan atau lipatan yang menghitam akibat infeksi dan jamur biasanya disertai dengan rasa gatal. Sedangkan, ketika selangkangan menghitam karena gesekan biasanya tidak ada rasa keluhan apapun, hanya saja warnanya mengalami perubahan dengan semakin menghitam. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya