Ungkap Rahasia Awet Muda, Melanie Putria: Saya Nggak Suka Diet

Road to Plaza Indonesia Wellness Festival x Dash Sports Forum
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rizkya Fajarani Bahar

JAKARTA Gaya hidup sehat kini semakin digandrungi oleh anak-anak muda Indonesia. Terutama sejak pandemi COVID-19 lalu, banyak orang yang mulai sadar akan pentingnya berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang efeknya sangat positif untuk kesehatan. Salah satunya yang paling populer adalah olahraga lari. Olahraga yang satu ini cukup simpel namun mampu membakar banyak kalori yang membantu menurunkan berat badan.

Pesan Positif Astrellita Wijaya, Dari Influencer Gaya Hidup ke Ahli Kesehatan Mental

Puteri Indonesia 2022, Melanie Putria, mengungkapkan bahwa ia sangat hobi melakukan olahraga lari karena selain memberikan efek baik untuk kesehatan, lari juga membuatnya terlihat awet muda.

"Kuncinya di olahraga. Olahraga kan bikin happy dan mood jadi lebih enak, positif terus. Nah orang dengan mood, energi, dan vibes positif, itu entah kenapa jadi kelihatan lebih muda daripada usianya," jelas Melanie, dalam acara Road to Plaza Indonesia Wellness Festival x Dash Sports Forum, di Jakarta, Rabu 10 Juli 2024.

Dampak Buruk Perubahan Iklim bagi Lingkungan dan Manusia Makin Meningkat, Menurut WMO

Ketika seseorang berolahraga, terjadi pelepasan hormon serotonin yang bertugas mengatur suasana hati. Seperti halnya endorfin, serotonin yang dihasilkan dari berolahraga juga meningkatkan suasana hati, meredakan cemas, hingga mengatasi stres.

WMO Mengungkap Bahaya Polusi Udara dan Perubahan Iklim yang Saling Memperburuk

Melanie Putria pun meyakini bahwa orang dengan aura yang positif tersebut akan mempunyai usia biologis yang jauh lebih muda dibandingkan dengan usia aslinya. Hal ini dapat diketahui lewat alat kesehatan tertentu yang dilakukan dengan bantuan ahli.

"Biological age juga akan lebih muda karena badannya jauh lebih sehat," katanya.

Selain berolahraga secara rutin, kebanyakan orang akan berdiet untuk menjaga berat badan yang seimbang. Bahkan, diet ketat pun rela dilakukan demi mencapai bentuk dan berat badan yang ideal. Tetapi, Melanie Putria justru kurang setuju dengan konsep diet itu sendiri.

Menurutnya, ketika seseorang memaksakan untuk menjalani diet ketat, maka tidak akan bertahan lama. Padahal, diet adalah gaya hidup yang harus dilakukan secara terus menerus demi meningkatkan kualitas hidup.

"Saya nggak suka diet pakai judul karena diet adalah way of life, seumur hidup, sustain. Kalau mau nurunin berat badan, rumusnya satu, kalori yang masuk harus lebih sedikit daripada yang keluar," kata Melanie Putria.

"Tapi ketika yang masuk lebih banyak daripada yang keluar, jadilah kalori surplus, numpuk di mana-mana lemak kita," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya