5 Masalah Kulit yang Sering Dihadapi Orang yang Tinggal di Iklim Tropis Seperti Indonesia

Ilustrasi wanita/kulit wajah.
Sumber :
  • Freepik/freepik

MAKASSAR – Indonesia yang beriklim tropis menjadikan kondisi kulit masyarakatnya rentan dengan berbagai gangguan kulit, salah satunya akibat paparan sinar matahari yang menjadikan kondisi kulit tidak dapat terjaga dengan baik. 

Sarwendah Lindungi Wajah Usai Oplas, Kenapa Abis Treatment Gak Boleh Kena Matahari?

Dampak dari kondisi ini, orang-orang Indonesia memerlukan personal care dengan formulasi yang efektif dan aman. Berikut beberapa masalah kulit yang sering dihadapi orang-orang yang tinggal di iklim tropis seperti Indonesia. Scroll untuk tahu lebih lanjut, yuk!

Jerawat
Cuaca panas dan lembap dapat menyumbat pori-pori dengan minyak dan keringat, yang memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Solusinya, cobalah gunakan pembersih wajah yang lembut dua kali sehari, oleskan obat jerawat dan hindari menyentuh wajah.

Retinol Senjata Ampuh Lawan Penuaan dan Jerawat, Begini Cara Pakainya yang Tepat

Ilustrasi kulit berjerawat.

Photo :
  • Pexels/Anna Nekrashevich

Hiperpigmentasi
Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan produksi melanin berlebih, yang menghasilkan bintik hitam, kusam dan melasma. Untuk itu, gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari, hindari paparan sinar matahari langsung saat jam puncak, dan gunakan topi dan kacamata hitam.

Rahasia Kulit Glowing dengan 10 Perawatan Rumahan Ini!

Kulit kering
Udara kering dan panas dapat menghilangkan minyak alami dari kulit, sehingga membuatnya kering, bersisik, dan gatal. Gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit secara teratur, minum banyak air, dan hindari mandi air panas yang lama.

Eksim
Cuaca panas dan lembap dapat memperburuk eksim, yang menyebabkan kulit kering, merah, gatal, dan berkerak. Solusinya, gunakan pelembap yang hipoalergenik, hindari pemicu seperti sabun dan deterjen yang keras, dan kompres dingin untuk meredakan gatal.

Jamur kulit
Jamur senang berkembang di lingkungan yang lembap dan hangat, seperti lipatan kulit dan kaki. Untuk itu, jaga kebersihan kulit, keringkan area yang lembap dengan benar, dan gunakan obat antijamur jika diperlukan.

Bicara masalah kulit, produk skincare asal Perancis, Isispharma dihadirkan ke Indonesia dengan Regenesis sebagai distributor utama. Diharapkan, kehadirannya bisa membantu para dokter mengembangkan bisnis estetik kliniknya. 

"Jadi sudah 9 tahun lamanya masyarakat Indonesia nyaman dengan perawatan kulitnya dengan produk Isispharma. Hal ini juga didukung dengan keunggulan Isispharma yang  sudah teruji secara klinis dan telah dipercaya lebih dari 80 negara," ujar Ir Emmy Noviawati, President Director PT Regenesis Indonesia, dalam keterangannya, dikutip Jumat 5 Juli 2024. 

Dini Ika Pratiwi, Marketing Manager Skincare PT Regenesis, memaparkan beberapa kelebihan dari produk ini, antara lain, menggunakan teknologi dermatologis mutakhir, didukung oleh penelitian dan uji klinis yang kuat yang dilakukan oleh Dermatologist terkemuka dunia sehingga menjamin efektivitas dan keamanan produk.

"Selain itu, Isispharma juga mengandung bahan Hipoalergenik, sehingga cocok untuk berbagai jenis kulit dan mengurangi risiko iritasi dan produk ini sudah lama menjadi pilihan dokter serta dermatolog dalam industri perawatan kulit. Terakhir, memiliki range produk yang cukup luas dan spesifik untuk kasus tertentu," jelas Dini. 

"Hal ini menjadikan produk Isispharma sebagai pilihan unggul dalam memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan perawatan kulit masyarakat Indonesia dengan berbagai gangguannya. 

Di sisi lain, Regenesis sendiri melakukan kunjungan ke Klinik Arayu, Makassar, yang bertepatan dengan KONAS Makassar 2024. Ini merupakan bentuk apresiasi kepada klinik tersebut sebagai salah satu mitra Isispharma yang telah ikut serta dalam mengembangkan tren perawatan kulit di kota Makassar.

"Klinik Aray merupakan salah satu klinik yang memberikan kontribusi bagi Regenesis di area Sulawesi terutama untuk Isispharma, ungkap Wartono yang merupakan Nasional Sales Manager product Isispharma. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya