4 Minuman Perangsang Kolagen Ini Bisa Bikin Kulit Awet Muda, Mitos Atau Fakta?

Ilustrasi Minuman Kolagen
Sumber :
  • IG @roove.co.id

VIVA Lifestyle – Kolagen selalu dikaitkan dengan kecantikan kulit agar selalu terlihat kenyal dan awet muda. Tidak heran jika banyak perawatan kecantikan yang melibatkan kolagen, mulai dari suntik, pil, krim, serum, hingga minuman yang belakangan ini menjadi tren tersendiri.

8 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Lebih Awet Muda dan Bahagia

Namun pertanyaannya, apakah benar minuman tertentu bisa menambahkan produksi kolagen untuk kulitmu? Yuk scroll untuk info lengkapnya!

Perlu diketahui, kolagen merupakan protein yang paling banyak di tubuh Anda. Kolagen ada di otot, tulang, tendon, ligamen, organ, pembuluh darah, kulit, lapisan usus, rambut dan jaringan ikat lainnya.

7 Manfaat Konsumsi Susu Protein, Perkuat Otot Hingga Turunkan Tekanan Darah

Melansir dari Cleveland Clinic, produksi kolagen dapat berkurang karena beberapa faktor, terutama usia dan gaya hidup yang buruk. "Selain penuaan, alasan utama seseorang tidak memiliki cukup kolagen adalah pola makan yang buruk," Elizabeth Bradley, MD, Direktur Medis Pusat Pengobatan Fungsional Cleveland Clinic, seperti dikutip VIVA pada Selasa (18/6/2024).

Artinya, produksi kolagen dalam tubuh dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk nutrisi yang dikonsumsi. Nah, ada beberapa minuman yang dapat membantu merangsang produksi kolagen atau mempertahankan kesehatan kulit dan jaringan ikat, meskipun tidak secara langsung menghasilkan kolagen. 

Lagi Viral Kandungan Cybright Buat Cerahkan Kulit, Lebih Powerful Dibanding Kojic Acid

Minuman Perangsang Kolagen 

Ilustrasi jus jeruk.

Photo :
  • Pixabay/JESHOOTS

Berikut ini minuman-minuman perangsang kolagen yang bisa kamu coba:

1. Minuman Kaya Vitamin C

Vitamin C diperlukan untuk produksi kolagen yang sehat. Kamu bisa mencoba minuman-minuman seperti jus jeruk, jus lemon, atau minuman berbahan dasar buah-buahan citrus yang dapat membantu meningkatkan kadar vitamin C dalam tubuh.

2. Minuman Berbahan Dasar Berry 

Minuman berbahan dasar buah berry juga dapat merangsang kolagen. Hal ini karena beberapa jenis buah berry seperti stroberi, blueberry, dan raspberry mengandung antioksidan yang dapat mendukung kesehatan kulit dan proses pembentukan kolagen. 


3. Teh Hijau 

Teh hijau mengandung polifenol dan antioksidan yang dapat melindungi kolagen dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Hal inilah yang mendukung kesehatan kulit. 

4. Minuman Kaya Asam Amino

Asam amino seperti prolin, lisin, dan glicin diperlukan untuk pembentukan kolagen. Minuman seperti kaldu tulang atau minuman protein tinggi seperti whey protein dapat memberikan asam amino ini.

Itulah minuman-minuman perangsang kolagen. Meskipun konsumsi minuman ini dapat mendukung kesehatan kulit dan mungkin membantu mempertahankan atau merangsang produksi kolagen, efeknya tidak akan sekuat produk perawatan kulit atau suplemen kolagen yang ditujukan secara khusus untuk tujuan tersebut. 

Penting untuk menjaga konsistensi dalam pola makan sehat dan perawatan kulit yang baik untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya