Generazi Gen Z Ternyata Suka Belanja Mie Instan dan Serum Wajah di Toko Online

Ilustrasi belanja online.
Sumber :
  • Pixabay/kaboompics

VIVA Lifestyle – Canggihnya teknologi dan menjamurnya toko online saat ini memudahkan siapapun untuk melakukan aktivitas belanja. Tak perlu mendatangi toko, hanya dengan ponsel pintar, kegiatan belanja bisa dilakukan.

Mengenal Istilah 'Latte Factor' yang Bikin Gen Z dan Milenial Makin Boncos

Generasi Gen Z merupakan generasi yang menjadi sorotan sebagai pengguna aktivitas belanja online. Terbukti, dari survey yang dilakukan Tokopedia, perusahaan perdagangan elektronik atau sering disebut toko daring.

Dari hasil surveynya terungkap, mulai dari produk makanan dan minuman hingga fesyen dan kecantikan, jadi berbagai produk yang paling laris dibeli gen Z sepanjang 2022.

Sering Dianggap Sebelah Mata, 5 Etos Kerja Gen Z Ini Ternyata Patut Ditiru

“Belanja online masih menjadi pilihan masyarakat termasuk generasi Z atau gen Z (usia 18-24 tahun). Sepanjang 2022, misalnya, kategori Kesehatan, Kecantikan, Fesyen, Handphone dan Gadget, serta Makanan dan Minuman menjadi yang paling dicari gen Z,” ujar Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Belanja Online

Photo :
  • Tokopedia
Anggaran Perjalanan Dinas Dipangkas, Wamenkeu: Realisasi Belanja Kemenkeu Tak Akan Capai 100 Persen

Menurut Ekhel, Gen Z cenderung memiliki kesadaran tinggi terhadap pentingnya terus menjalankan protokol kesehatan. Pada kategori Kesehatan, tak heran jika Gen Z masih banyak yang membeli produk masker medis, obat herbal hingga tisu.

"Ini menjadi produk yang laris manis di kalangan gen Z selama 2022,” jelas Ekhel. 

Selain menjaga kesehatan tubuh, gen Z cenderung peduli menjaga kesehatan wajah. “Terbukti dari produk serum wajah, krim wajah dan pembersih wajah yang menjadi produk paling banyak dibeli gen Z lewat kategori Kecantikan di Tokopedia,” tambah Ekhel.

Gen Z juga gemar tampil modis. “Di subkategori Fesyen Wanita, tas selempang, hijab segi empat serta sandal menjadi produk paling laku, sedangkan pada subkategori Fesyen Pria, kaos, sneakers dan kemeja menjadi produk yang laris diburu gen Z,” ujar Ekhel. 

Gen Z pun ternyata sering berbelanja berbagai produk kebutuhan elektronik. Kabel data, perangkat android dan pelindung layar handphone menjadi beberapa produk yang paling laris di kalangan gen Z lewat kategori Handphone dan Gadget.

Di sisi lain, pada kategori Makanan dan Minuman di, gen Z paling sering membeli mie instan, keripik, serta biskuit dan wafer.

 

Ilustrasi: Generasi Z memasuki dunia kerja

Mengenal Money Dysmorphia yang Bikin Milenial dan Gen Z Selalu Cemas soal Uang

Pernah merasa selalu kurang uang, padahal rekening Anda sebenarnya aman-aman saja? Bisa jadi, Anda sedang mengalami money dysmorphia. Apa itu?

img_title
VIVA.co.id
24 November 2024