Gen Z Mulai Pakai Skincare Sejak Usia 13 Tahun

Ilustrasi kulit wajah
Sumber :
  • Freepik/benzolx

VIVA – Jika beberapa tahun lalu mayoritas perempuan menggunakan skincare di atas usia 20 tahun, hal ini berbeda dengan generasi Z. Dari hasil ZAP Beauty Index 2020, mayoritas perempuan dari generasi Z mulai menggunakan skincare dari usia 13 tahun. 

3 Perawatan Pria yang Wajib Dilakukan Setiap Hari, Jangan Sampai Kelewat!

"Skincare itu mereka sudah gunakan dari usia 13 tahun, mereka menggunaka anti aging, mungkin pengaruh Korea, Korea jadi nomor satu, kedua Indonesia sebagai kiblatnya mereka," ungkap Chief Operation, MarkPlus Institute, Yosanova Savitry, saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 21 Januari 2020.

Ia juga menjelaskan, bahwa mereka juga telah mengunjungi klinik kecantikan dari usia 19 tahun. Ini berbeda dengan generasi sebelumnya yang baru mulai ke klinik kecantikan di atas usia 25 tahun. 

Marak Overclaim dan Bahan Berbahaya, Kandungan Skincare Seperti Ini Diprediksi Bakal Dicari di 2025

"Jadi sebenarnya kalau kita lihat kita cek semua skincare, make up klinik, concealer itu jumlahnya itu gen Z tiga kali lipat dari generasi X, artinya jumlahnya lebih banyak 3 kali lipat, makanya generasi Z itu, abis aja duitnya, dikasih buat jajan habis buat make up," ujar Nova. 

Sebagai informasi, survei ini menggunakan metode online survey kepada 6.460 responden perempuan di Indonesia sepanjang Juli-September 2019. Survei ini mencakup potret dari perilaku tiga generasi berbeda di dunia kecantikan, yakni Gen X (45-65 tahun), Gen Y (23-44 tahun), dan Gen Z (13-22 tahun). 

Nantangin BPOM, Nikita Mirzani: Kalau Panggil Doktif, Panggil Saya Juga!

ZAP Beauty Index 2020 membagi potret industri kecantikan ke dalam tiga segmen, yakni Let’s Talk about Beauty, Beauty Beyond Words, dan Beauty in Action. 

Hasilnya, survei ini menunjukkan, hampir seluruh perempuan Indonesia (45.4 persen) menggunakan skincare sebelum usia 19 tahun. Dan, satu dari empat perempuan Indonesia me|akukan treatment di clinik kecantikan sebelum berusia 19 tahun. 

Yang menarik, Gen Z menggunakan hampir seluruh pendapatan mereka untuk perawatan kecantikan. Sementara, Gen Y hanya menggunakan 30 persen, dan Gen X justru kurang dari 5 persen. 

Ilustrasi Mencoba Skincare

Bocoran Skincare Masa Kini yang Dirancang untuk Tantangan Lingkungan Tropis

Salah satu keunggulan utama dari produk skincare ini adalah teknologi Nano Pollutant Blocker. Teknologi ini memberikan perlindungan maksimal terhadap dampak buruk polusi.

img_title
VIVA.co.id
15 Januari 2025