Rahasia Bisnis Online Fesyen Muslim Tetap Eksis dan Tak Mudah Ditiru

Koleksi Vanilla Hijab
Sumber :
  • Instagram Vanilla Hijab

VIVA – Bisnis fesyen muslim online kini makin menjamur. Banyaknya permintaan akan pakaian muslim di Indonesia menjadi salah satu faktor utamanya. Namun, membangun bisnis fesyen muslim secara online bukan perkara mudah. Hal ini diakui oleh Founder & Executive Director SUQMA, Riel Tasmaya.

Kisah Sukses Pebisnis Online Shop Tembus Omset 46 Ribu Alamat Sehari

Menurut Riel, membangun fesyen muslim secara online di era digital memang sudah menjadi keharusan. Tetapi, kemudahan orang lain untuk menduplikasi produk fesyen tersebut juga semakin besar.

"Karena sudah era digital, produk kita gampang dilihat di media sosial. Dengan begitu produk kita pun jadi gampang ditiru dan diduplikasi," ujar Riel dalam bincang-bincang media di kantornya, Jakarta, Selasa 30 Juli 2019.

Tren Endorse Gaet Artis Jadi Bisnis Menjanjikan?

Selain itu, para pelaku fesyen muslim di Indonesia juga sulit ditebak. Karakternya yang berbeda-beda membuat para produsen harus berpikir keras untuk menarik target marketnya.

"Industri fesyen biasa mudah ditebak keinginannya seperti apa tapi fesyen muslim itu tipikalnya beda-beda karena ada yang syari atau hijab yang berbeda," kata dia.

Busana Nyaman Dikenakan saat Pandemi Corona, Longgar dan Simpel

Untuk itu, Riel menyarankan agar kreativitas di industri fesyen muslim adalah hal yang krusial. Sebab, menjadi yang paling pertama membuat sebuah produk fesyen akan membuat barang tersebut nampak mewah.

"Kita harus jadi trendsetter bukan followers. Selain itu, target market kita harus dipahami agar produknya pas untuk mereka," paparnya. (nsa)

Ilustrasi Fashion Muslim.

Kemendag Gandeng Kadin Jadikan RI Pusat Fesyen Muslim Dunia

Kemendag menilai peluang fesyen muslim RI masih sangat besar karena nilai ekspor produk halal Indonesia baru mencapai US$6 miliar atau peringkat ke-21 dunia.

img_title
VIVA.co.id
10 November 2021