Logo BBC

Mengapa Industri Kecantikan Semakin Bergairah?

Kim Kardashian.
Kim Kardashian.
Sumber :
  • Instagram.com/kimkardashian

Ketika penjualan sektor eceran secara umum lesu, pasar kecantikan terus tumbuh. Sepertinya, kita menjadi planet pecinta make-up dan perawatan kulit.

Tetapi siapa yang paling berpengaruh? Apa yang dimaksud dengan Korean beauty? Seberapa besar pendapatan micro-influencers? Dan produk manakah yang harus dimiliki dan yang laris saat ini?

Wartawan konsumen BBC, Samantha Fenwick, berusaha menemukan jawabannya.

1. Industri kecantikan tumbuh pesat dalam dua tahun terakhir


(Vlogging kecantikan dapat menjadi usaha besar. - Getty Images)

Pada tahun 2018, nilai pasarnya mencapai Rp243 triliun. Lonjakan penjualan terutama didorong orang yang berpengaruh atau influencers di media sosial.

Selebritas internet ini menaruh cara memakai make-up di jaringan media sosial, foto di Instagram, video di YouTube, memperlihatkan bagaimana menggunakan make-up dan menciptakan gaya tertentu. Mereka sering kali mendukung produk yang mereka pakai dan kadang-kadang mengecam produk yang tidak disukai.

2. Siapa yang memengaruhi kecantikan?


(Selebritias daring seperti Jeffree Star mendorong penjualan make-up. - Getty Images)