Bangun Pagi Bikin Sehat? 5 Alasan Anda Harus Jadi Morning Person!

Morning Person
Sumber :
  • freepik.com/suksao

VIVA –Pernah nggak sih, kamu merasa susah banget buat bangun pagi? Terutama kalau malamnya begadang sampai larut malam? Di Indonesia, banyak dari kita yang punya kebiasaan kerja lembur, apalagi dengan work from home yang semakin populer. Jam kerja jadi nggak menentu, dan waktu tidur pun ikut berantakan.

Traffic Stress Syndrome: Penyebab dan Cara Mengatasi Stres Akibat Macet

Masalahnya, begadang dan bangun siang bikin tubuh kurang istirahat. Alhasil, kita jadi gampang lelah, kurang produktif, dan bahkan bisa mengalami masalah kesehatan.

Pola tidur yang berantakan ini bisa memicu banyak masalah, mulai dari kurang fokus saat bekerja, kesehatan mental yang terganggu, hingga sistem imun yang menurun. Kalau dibiarkan, kebiasaan ini bisa jadi bom waktu bagi kesehatan kita, baik fisik maupun mental.

Mau Gaji Dua Digit? Ini 15 Jurusan Teknik dengan Karir Paling Menjanjikan!

Nah, salah satu solusi sederhana yang bisa kamu coba adalah menjadi seorang morning person! Kebiasaan bangun pagi punya segudang manfaat yang bisa bikin hidup kamu lebih sehat, lebih produktif, dan lebih bahagia. Yuk, simak 5 alasan kenapa bangun pagi bisa bikin kamu lebih sehat!

Apa Itu Morning Person?

10 Kesalahan Keuangan yang Membuat Kamu 'Makan Tabungan' Tanpa Sadar

Seorang morning person adalah seseorang yang memiliki kebiasaan bangun lebih awal dan merasa lebih produktif serta segar di pagi hari. Mereka umumnya memanfaatkan waktu pagi untuk menjalani aktivitas yang dapat menunjang kesehatannya, baik secara fisik maupun mental.

Menjadi morning person tidak hanya tentang bangun lebih awal, tapi juga bagaimana kamu bisa mengatur hari secara efektif dengan waktu ekstra yang dimiliki. Biasanya, morning person memiliki pola tidur yang lebih teratur dan kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan mereka yang suka begadang.

5 Manfaat Menjadi Morning Person!

1.Meningkatkan Kualitas Tidur

Bangun pagi otomatis mendorong kamu untuk tidur lebih awal. Pola tidur yang teratur ini membantu tubuh mengikuti ritme sirkadian, yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan jam biologis kita. Tidur di jam yang sama setiap malam memungkinkan tubuh mendapatkan istirahat yang lebih berkualitas, karena proses regenerasi tubuh berlangsung optimal di malam hari.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menjaga ritme tidur-bangun yang konsisten cenderung memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Tidur teratur membantu kita merasa lebih segar di pagi hari dan lebih siap menghadapi tantangan sehari-hari.

2.Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitas

Orang yang bangun pagi cenderung lebih produktif, karena mereka punya waktu lebih banyak untuk merencanakan dan menyiapkan diri sebelum hari benar-benar dimulai. Pagi hari menawarkan ketenangan yang jarang bisa ditemukan di waktu lain, dan ini memberikan kesempatan untuk berpikir lebih jernih dan memfokuskan energi pada tugas-tugas penting.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang bangun lebih awal seringkali lebih baik dalam merencanakan dan membuat prioritas, yang akhirnya meningkatkan produktivitas harian mereka.

Tidak hanya itu, waktu pagi juga sering dimanfaatkan oleh para pebisnis sukses untuk merancang strategi dan menyelesaikan pekerjaan kreatif sebelum gangguan dari lingkungan muncul.

3.Membantu Menjaga Berat Badan Ideal

Bangun pagi memungkinkan kamu memiliki lebih banyak waktu untuk menjalani pola hidup yang lebih sehat. Orang yang terbiasa bangun pagi cenderung lebih teratur dalam hal pola makan dan jarang melewatkan sarapan. Ini penting, karena sarapan yang sehat membantu menjaga energi dan metabolisme sepanjang hari.

Penelitian dari jurnal Obesity menunjukkan bahwa mereka yang memiliki pola tidur yang baik cenderung lebih mampu menjaga berat badan ideal, berkat metabolisme yang lebih stabil dan kebiasaan makan yang lebih sehat. Ditambah lagi, morning person cenderung punya waktu ekstra untuk berolahraga di pagi hari, yang membantu menjaga berat badan tetap ideal.

4.Meningkatkan Kesehatan Mental

Bangun pagi memberi waktu untuk memulai hari dengan lebih tenang dan teratur, yang bisa berdampak positif pada kesehatan mental. Beberapa kebiasaan baik, seperti meditasi, olahraga ringan, atau sekadar menikmati waktu sendiri tanpa terburu-buru, bisa kamu lakukan di pagi hari. Ini terbukti membantu menurunkan stres dan meningkatkan suasana hati.

Menurut sebuah penelitian, orang yang bangun pagi memiliki tingkat stres yang lebih rendah dan merasa lebih bahagia secara keseluruhan. Aktivitas pagi yang menyenangkan juga membantu mengurangi produksi hormon kortisol, yang dikenal sebagai hormon stres.

5.Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Saat kamu tidur, tubuh meregenerasi sel dan memproduksi protein penting untuk melawan infeksi. Dengan tidur teratur dan bangun pagi, kamu membantu tubuh untuk tetap kuat dan sehat, terutama dalam menjaga imunitas terhadap berbagai penyakit.

Paparan sinar matahari pagi juga membantu tubuh memproduksi vitamin D, yang berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin D ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan menjaga kesehatan tulang.

Tips Menjadi Morning Person

Kalau kamu merasa bangun pagi itu sulit, jangan khawatir—semuanya bisa dilatih! Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantumu menjadi seorang morning person:

  1. Mulai secara bertahap: Jangan langsung memaksakan diri untuk bangun jam 5 pagi kalau kamu terbiasa bangun jam 8 pagi. Cobalah mulai dengan bangun 15-30 menit lebih awal setiap hari, hingga kamu mencapai waktu bangun yang diinginkan.
  2. Ciptakan rutinitas malam yang tenang: Rutinitas malam yang nyaman bisa membantumu tidur lebih awal. Hindari gadget setidaknya 30 menit sebelum tidur dan ciptakan suasana kamar tidur yang mendukung tidur nyenyak.
  3. Tetap konsisten, bahkan di akhir pekan: Bangun di waktu yang sama setiap hari, termasuk di akhir pekan, akan membantu tubuhmu menyesuaikan ritme sirkadian dengan lebih cepat.
  4. Gunakan alat bantu seperti aplikasi pengingat tidur: Gunakan Aplikasi seperti Timer untuk bisa membantu mengatur jadwal tidur dan membangunkan kamu pada waktu pagi hari.

Menjadi seorang morning person bukan hanya soal bangun lebih awal, tapi juga bagaimana kamu menggunakan waktu pagi dengan bijak.

Dari tidur yang lebih baik, produktivitas yang meningkat, hingga kesehatan mental yang lebih stabil semua bisa dicapai dengan kebiasaan bangun pagi. Cobalah mulai dari sekarang, dan rasakan sendiri perbedaannya!

Ilustrasi Semangat Bekerja

Bosan, Lelah dan Tidak Termotivasi? 7 Langkah Praktis untuk Menemukan Kembali Semangat Kerja Anda

Pulihkan semangat kerja Anda dengan 7 langkah praktis ini. Atasi kebosanan, kelelahan, dan rutinitas monoton untuk meningkatkan produktivitas dan kembali menikmati pekerj

img_title
VIVA.co.id
10 Oktober 2024