Manfaat Luar Biasa Silent Walking untuk Kesehatan Mental, Langkah Kecil Berdampak Besar

Ilustrasi jalan kaki / jogging
Sumber :
  • Freepik

Jakarta, VIVA – Silent walking atau berjalan senyap menjadi tren olahraga selama belakangan ini. Tak hanya berkontribusi meningkatkan kebugaran fisik, silent walking dinilai mempunyai manfaat besar terhadap kesehatan mental.

8 Olahraga Ringan yang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

Dikutip dari berita VIVA (21/9/2024), olahraga dalam keheningan ini berfokus pada keterlibatan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Anda dilarang keras mendengarkan musik atau podcast ataupun berbicara dengan teman atau orang lain. 

Intinya selama Anda berjalan sebisa mungkin menghindari berbagai gangguan. Oleh karena itu, silent walking lebih banyak dilakukan sendirian.

Silent Walking, Tren Baru Turunkan Berat Badan yang Baik untuk Kesehatan Mental

Berjalan dengan hening ampuh untuk mendukung kesejahteraan fisik, mental, dan emosional. Jenis olah tubuh ini sekaligus menumbuhkan apresiasi terhadap alam.

Selain Prilly Latuconsina, Beyonce Akui Manfaat Luar Biasa Diet Clean Eating

Minimnya kebisingan menjadikan silent walking juga dianggap sebagai jenis meditatif karena mendorong rasa kesadaran. Dilansir dari Happiful dan Gaia Herbs, berikut manfaat silent walking dalam jenis olahraga viral ini memberikan khasiat yang luar bisa untuk kesehatan mental (mental health).

5 Manfaat Silent Walking untuk Kesehatan Mental

1. Mengatasi Stress

Jalan kaki sendirian dapat meningkatkan produksi hormon endorfin yang efeknya menurunkan stres. Apalagi Anda memilih metode silent walking yang menambahkan unsur ketenangan yang membuat manfaat ini semakin maksimal. Oleh karena itu, lebih disarankan dilakukan pada pagi hari dan rutenya dekat dengan alam, seperti taman. 

Tingkat stress yang menurun sejalan dengan kontribusi silent walking dalam meredanya kecemasan pada anak-anak, remaja sampai orang dewasa. Aktivitas fisik ini juga mampu mengurangi ketegangan, kemarahan hingga meningkatkan suasana hati. 

2. Menumbuhkan Self-awareness

Ilustrasi seseorang yang tenang

Photo :
  • Freepik

Silent walking menjadi salah satu cara melatih kesadaran diri (self awareness). Minimnya penggunaan teknologi memimgkinkan Anda lebih mendengarkan suara hati saat berjalan dalam keheningan.

Ini secara tidak langsung membantu Anda menyelaraskan  hati dan pikiran. Berjalan dalam suasana sunyi menjadi kesempatan me time untuk bertanya kepada diri sendiri tentang kondisi dan apa yang Anda butuhkan.

3. Membuat Pikiran Lebih Tenang dan Damai

Ketergantungan manusia dengan penggunaan gawai dan teknologi lainnya menyebabkan gangguan tidur, sulit berkonsentrasi, dan cenderung tegang. Tak heran, mencapai kondisi tenang jadi sesuatu yang sulit. 

Silent walking dapat menumbuhkan ketenangan batin. Olahraga ini menggabungkan alam, udara segar yang membersihkan, dan keheningan efektif mengubah pola pikir dari stres menjadi lebih damai. Selaras dengan hasil penelitian yang menunjukkan silent walking berkorelasi terhadap psikologis dan kognitif yang lebih baik.

4. Membiasakan Praktik Mindfulness

Ilustrasi mindfulness dan Traveling bersama teman

Photo :
  • Pixabay

Selain yoga, silent walking jadi alternatif bermeditasi untuk menumbuhkan kesadaran penuh (mindfulness) dalam diri. Sifat mindfulness membantu Anda untuk memiliki kesehatan mental lebih baik.

Banyak riset menyoroti dampak meditasi aktif seperti silent walking terhadap kesadaran dalam mengurangi kecemasan dan depresi. Alhasil, Anda merasa lebih bahagia dan menjadi pribadi yang menyebarkan aura positif (positive vibes). Sebagaimana diketahui, jalan dalam keheningan mampu menurunkan berat badan hingga mencegah hipertensi. 

5. Meningkatkan Kreativitas

Ilustrasi sosial-kreatif.

Photo :
  • Business Name Generator

Silent walking sangat berguna bagi Anda yang bekerja di industri kreatif. Aktivitas fisik ini membantu pikiran lebih rileks. Pikiran yang tidak terdistraksi membantu Anda meningkatkan kreativitas.

Olahraga ini memberikan diri ruang untuk merenung selama berjalan kaki. Ini menjadi cara yang bagus untuk mendorong pemikiran kreatif dengan memikirkan sesuatu yang baru atau ide-ide unik yang out of the box. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya