Berkaca pada Kematian Puput Novel, 8 Makanan Ampuh Cegah Kanker Payudara

Puput Novel
Sumber :
  • IG @puputnovel_

Jakarta, VIVA – Kanker payudara menjadi penyebab kematian Puput Novel. Beberapa makanan dapat mencegah pertumbuhan sel-sel penyusun jaringan payudara  yang berkembang secara tidak terkendali (abnormal).

Resep Chicken Cordon Bleu yang Lezat dan Creamy untuk Santapan Keluarga

Penyanyi Puput Novel menjadi salah satu korban keganasan kanker payudara. Artis lawan ini meninggal dunia pada usia 50 tahun setelah tiga tahun berjuang melawan kanker payudara. 

Kepergian Puput Novel bisa dibilang mendadak karena pecinta hewan itu merahasiakan penyakitnya dari keluarga maupun para sahabat. Adik kandung Puput, Baginda Jaya, menuturkan alasan di balik keputusan tersebut lantaran tak mau membebani orang lain.

Menu Unggulan Masakan Singapura yang Wajib Dicoba di Indonesia

Baginda menambahkan Puput Novel selalu berusaha tampil ceria dan tak mau orang lain melihatnya dalam keadaan sakit. Menurut Baginda, Puput tak mau orang lain ikut merasa sedih atas kondisinya.

Puput Novel

Photo :
  • IG @puputnovel_
Alasan Puput Novel Sembunyikan Penyakit Kanker yang Diidapnya

Kematian Puput Novel menjadi cermin bagi kita untuk lebih waspada dan tidak menyepelekan kanker payudara. Sebagaimana kata pepatah, lebih baik mencegah dari pada mengobati, beberapa makanan berikut dinilai ampuh menurunkan faktor risiko kanker payudara yang dikutip dari Medical News Today dan Lompo Valley Medical Center.

8 Makanan yang Dapat Mencegah Kanker Payudara

1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak (fatty fish) mengandung omega-3, vitamin B dan kalium. Hasil analisis Trusted Source menunjukkan omega-3 pada ikan memiliki manfaat besar dalam memberikan perlindungan dari kanker payudara. 

Riset tersebut juga mengaitkan kebiasaan konsumsi ikan berlemak dapat mengurangi risiko terkena kanker kolorektal. Kategori ikan berlemak, seperti salmon, tuna, makarel. dan ikan teri.

2. Blueberry

Blueberry

Photo :
  • Eat This

Buah beri mengandung antioksidan dan vitamin yang dapat melindungi sel, memperbaiki sel yang rusak, dan memperlambat penyebaran sel kanker. Buah beri yang berwarna gelap memiliki antioksidan 50 persen lebih banyak daripada yang berwarna terang. 

Studi diterbitkan dalam jurnal Antioxidants pada tahun 2016 menemukan blueberry dapat menghancurkan tumor payudara dan sel kanker. Lebih disarankan mengonsumsi buah beri utuh dan segar dibandingkan hasil fermentasi atau yang dikeringkan.

3. Cokelat Hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate memiliki kandungan polifenol, flavonoid, dan antioksidan. Zat tersebut menurut tinjauan Trusted Source memiliki efek pencegahan terhadap kanker. Penelitian menemukan bahwa orang yang makan banyak cokelat mempunyai risiko kematian akibat kanker sebesar 12 persen lebih rendah.

4. Bawang-bawangan

Bawang Putih

Photo :
  • Pixabay/ Couleur

Famili allium atau keluarga bawang-bawangan terbukti ampuh mengurangi resiko kanker payudara. Kelompok sayuran ini mengandung vitamin C dan antioksidan dalam jumlah sangat besar. Famili allium mencakup bawang putih, bawang merah, daun bawang, bombay, dan lainnya.

Tak hanya itu, ada juga senyawa sulfur yang dipercaya mampu mencegah pembekuan darah dan memperkuat sistem imun tubuh.  Journal of Breast Cancer yang terbit pada 2016 mengemukakan kaum hawa yang rajin mengonsumi banyak bawang putih dan daun bawang mentah lebih minim terkena kanker payudara.

5. Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi kaya probiotik guna mencegah tubuh menyerap racun berbahaya yang menyebabkan kanker payudara. Riset  Oncology Reviews pada 2019 menunjukkan khasiat besar probiotik bahkan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker.

Pilihan makanan fermentasi yang dapat mencegah kanker termasuk kanker payudara, seperti kimchi, natto, keju, tempe, hingga yogurth.

6. Sayuran Hijau 

Sayuran hijau.

Photo :
  • boldsky.com

Kangkung, bayam, dan sawi hijau merupakan segelintir dari sekian banyak sayuran hijau yang berkhasiat mencegah kanker payudara. Sayuran berdaun hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas penyebab kanker. 

Dalam Journal of the National Cancer Institute pada tahun 2012, peneliti menemukan risiko kanker payudara pada wanita yang rajin makan sayuran hijau lebih rendah. Anda dapat menumis hingga rebus untuk mengonsumsi sayuran ini.

7. Jeruk

Sebagaimana kita tahu bahwa jeruk kaya vitamin C, kalsium. Tak hanya itu, buah ini juga memiliki berbagai zat penting yang berperan mencegah kanker payudara. 

Journal of Breast Cancer mengemukakan wanita yang banyak mengonsumi buah jeruk memiliki kemungkinan 10 persen lebih rendah untuk terkena kanker payudara.

8. Teh Hijau

Green tea atau teh hijau menjadi minuman yang viral beberapa tahun belakangan ini. Teh hijau mengandung senyawa dan berbagai antioksidan yang mengurangi risiko kanker payudara pada wanita. 

World Journal of Clinical Oncology menunjukkan wanita yang minum setidaknya 10 cangkir teh hijau ampuh mencegah kanker payudara. Teh hijau juga mampu mengurangi peradangan dan menghancurkan radikal bebas yang menyebabkan berbagai jenis kanker.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya