Minum Kopi Tanpa Gula Terbukti Bisa Turunkan Berat Badan, Amankah untuk Lambung?

Ilustrasi kopi.
Sumber :
  • Pixabay/paalharald

Jakarta, VIVA – Minum kopi tanpa gula disebut-sebut menjadi salah satu cara ampuh untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut lantaran kandungan kafein dalam kopi dapat membantu menurunkan berat badan. Benarkah?

Tata Cara Lakukan Intermitten Fasting, Diet ala Marshanda yang Berhasil Pangkas BB 17 Kg

Melansir dari Healthline, para ahli menyebut bahwa kopi hitam tanpa gula dapat membantu penurunan berat badan dengan meningkatkan pembakaran kalori dan menekan nafsu makan. Selain itu, minum kopi tanpa tambahan gula, juga mengandung sedikit kalori, sehingga membuat asupan kalori harian berkurang secara signifikan. 

Namun, apakah minum kopi hitam tanpa gula aman untuk lambung? Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

Sosok Nikocado Avocado yang Berhasil Turunkan Berat Badan 113 kg dalam 7 Bulan

Melansir dari Healthshots, kafein dalam kopi bisa menjadi masalah bagi sebagian orang, terutama yang memiliki masalah lambung. Mengonsumsi kopi dalam jumlah besar, terutama saat perut kosong, juga dapat memperburuk kondisi lambung yang sensitif, seperti gastritis atau maag.

Namun, jangan khawatir! Ada beberapa tips yang dapat membantu Anda menikmati kopi tanpa gula dengan tetap menjaga kesehatan lambung dan mendapatkan manfaat untuk menurunkan berat badan.

Revolusi Rasa! Sate dan Kopi Makin Nikmat Berkat Enzim dan Mikroba

Tips Minum Kopi Tanpa Gula untuk Menurunkan Berat Badan 

1. Hindari minum kopi di pagi hari saat perut kosong

Minum kopi

Photo :
  • vstory

Minum kopi saat perut kosong bisa meningkatkan produksi asam lambung yang memicu iritasi. Sebaiknya, konsumsi kopi setelah makan agar lambung tidak bermasalah.

2. Tambahkan air untuk mengurangi kepekatan kopi

Menambahkan air ke dalam kopi dapat membantu mengurangi keasaman kopi, sehingga lebih ramah bagi lambung, terutama bagi Anda yang sensitif terhadap kopi.

3. Minum kopi sebelum berolahraga untuk meningkatkan energi

Mengonsumsi kopi sebelum berolahraga bisa meningkatkan performa dan pembakaran kalori lebih efektif, berkat kafein yang memberikan dorongan energi. Namun, jangan lupa untuk minum air yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi setelah berolahraga.

4. Konsumsi kopi dengan bijak dan tidak berlebihan

Batasi konsumsi kopi maksimal 2-3 cangkir per hari untuk menghindari efek samping seperti kecemasan, gangguan tidur, dan masalah pencernaan.


5. Tetap konsumsi makanan bergizi seimbang dan lakukan aktivitas fisik secara rutin

Terakhir, dan tak kalah penting adalah, mengonsumsi makanan seimbang serta aktivitas fisik. Ya, manfaat kopi akan lebih terasa jika diimbangi dengan pola makan yang sehat dan olahraga teratur. Cara ini akan membantu penurunan berat badan lebih optimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya