Deg-degan Usai Minum Kopi, Apakah Normal?

Ilustrasi secangkir kopi.
Sumber :
  • Freepik

Jakarta, VIVA – Bagi banyak orang, kopi merupakan bagian dari rutinitas harian yang tidak dapat terpisahkan. Namun, ada beberapa efek minum kopi yang membuat sebagian orang tidak nyaman, seperti rasa gelisah dan jantung berdebar-debar. Apakah itu normal?

Konsumsi Bawang Putih Sebelum Makan Siang Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan Hingga Kolesterol

Jantung yang berdebar-debar setelah minum kopi mungkin menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

Melansir dari Metro Cardiovascular, hasil penelitian tentang hubungan antara kafein dan detak jantung tidak selalu konsisten. Beberapa penelitian menemukan adanya hubungan antara kafein dan palpitasi jantung atau detak jantung yang terasa tidak teratur, namun beberapa lainnya tidak.

Minum Kopi Tanpa Gula Terbukti Bisa Turunkan Berat Badan, Amankah untuk Lambung?

Bagi orang yang sehat, kafein biasanya tidak menyebabkan jantung berdebar-debar. Namun, bagi mereka yang lebih sensitif terhadap kafein, konsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya dapat memicu gejala seperti detak jantung yang cepat atau tidak teratur.

Bagaimana Kafein Mempengaruhi Jantung?

Alasan Puput Novel Sembunyikan Penyakit Kanker yang Diidapnya

Ilustrasi jantung.

Photo :
  • Eat This

Kafein sendiri mempengaruhi jantung dengan beberapa cara. Pertama, kafein merangsang pelepasan hormon noradrenalin dan norepinefrin, yang dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah. Selain itu, kafein juga dapat mempengaruhi enzim yang merangsang kontraksi jantung, sehingga membuat jantung berkontraksi lebih kuat.

Meskipun demikian, tubuh manusia bisa beradaptasi dengan efek kafein. Orang yang sudah terbiasa minum kopi setiap hari, mungkin tidak akan mengalami gejala jantung berdebar. Namun, bagi mereka yang baru mulai mengonsumsi kafein atau yang minum kopi dalam jumlah berlebihan, efek seperti deg-degan lebih mungkin terjadi.

Apakah Kafein Menyebabkan Palpitasi Jantung?

Selama bertahun-tahun, peneliti percaya bahwa efek stimulan kafein pada jantung bertanggung jawab atas palpitasi jantung. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa ini mungkin tidak selalu benar. Kafein masih bisa memicu gejala jantung berdebar pada orang yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap kafein atau memiliki kondisi jantung yang mendasarinya.

Jika Anda baru mengonsumsi kafein atau minum kopi dalam jumlah yang berlebihan, Anda lebih mungkin mengalami gejala jantung seperti palpitasi. Untuk mengetahui apakah kafein benar-benar menjadi penyebab gejala tersebut, sebaiknya periksakan diri ke spesialis jantung.

Apakah Deg-degan Setelah Minum Kopi Normal?

Sebagaimana yang disebutkan tadi, sebagian orang merasakan deg-degan setelah minum kopi mungkin normal, terutama jika mereka sensitif terhadap kafein. Namun, jika Anda sering merasakan jantung berdebar-debar setelah minum kopi, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah ada masalah kesehatan yang mendasari kondisi tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya