6 Tips Ampuh Cegah Bau Ketiak yang Bikin Ganggu dan Tidak Percaya Diri

Ilutrasi Bau Ketiak
Sumber :
  • Freepik

Jakarta, VIVA – Bau ketiak bisa menjadi masalah yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari hingga menurunkan rasa percaya diri.  Kondisi ini seringkali disebabkan karena produksi keringat berlebih dan bakteri yang berkembang biak di area ketiak. 

Tips Berkendara di Saat Hujan, Bisa Gunakan Helm Sport Ala Pembalap

Ketiak jadi salah satu anggota tubuh yang lembab. Alhasil jadi tempat terbaik untuk bakteri berkembang biak.

Produksi keringat berlebih lalu ketiak basah dan biasanya mengeluarkan bau tak sedap. Tentu saja membuat orang-orang di sekitar menjadi tidak nyaman sampai refleks menutup hidung. 

Beli e-Materai Selain di Situs Resmi Peruri? Ini Tips Cek Keasliannya

Sebagian orang menilai bau ketiak adalah aib. Bukan tak mungkin, teman atau rekan kerja akan menjauh karena Anda dikenal bau ketiak

Ilustrasi bau ketiak

Photo :
  • Freepik
Tips Memilih Bank Digital yang Aman dan Tepercaya

Namun tak perlu khawatir, tentu ada cara dari setiap masalah termasuk mengatasi bau ketiak yang bikin minder. Dikutip dari Healthline, berikut tips mencegah bau ketiak dan tetap harum sepanjang hari. 

Penasaran? Simak ulasannya berikut ini, ya. 

1. Mandi Teratur

Mandi setidaknya dua kali sehari, terutama setelah beraktivitas fisik, dapat menghilangkan keringat berlebih sekaligus bakteri penyebab bau badan. Pilih sabun mandi yang mempunyai kandungan antibakteri untuk hasil yang lebih optimal.

2. Gunakan Deodorant atau Antiperspirant

Wanita memakai deodorant.

Photo :
  • http://www.carazone.com/

Deodorant jadi alat tempur yang banyak diandalkan orang untuk mencegah bau ketiak. Anda dapat memilih produk deodorant sesuai selera dan wangi yang disukai. Bahkan beberapa merek memiliki produk deodorant khusu perempuan dan pria. 

Deodoran berfungsi untuk menutupi bau badan. Sementara antiperspirant berfungsi untuk mengurangi produksi keringat. Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan bebas dari bahan kimia berbahaya.

3. Gunakan Pakaian yang Menyerap Keringat

Tips lainnya adalah memilih pakaian yang terbuat dari bahan katun atau bahan alami lainnya yang dinilai lebih menyerap keringat dengan baik. Hindari pakaian yang ketat atau terbuat dari bahan sintetis. Karena bahan baju tersebut tidak bisa  mengunci keringat sehingga menyebabkan bau badan maupun ketiak.

4. Mencukur Bulu Ketiak

Mencukur Bulu Ketiak

Photo :
  • http://sidomi.com

Bulu ketiak ternyata berkontribusi menyebabkan bau. Bulu ketiak menjadi tempat berkembang biak bakteri. Cukur bulu ketiak secara teratur untuk membantu mengurangi bau badan.

5. Mulai Terapkan Pola Makanan Sehat

Makanan memiliki pengaruh terhadap bau badan atau bau ketiak. Beberapa makanan dinilai bisa menimbulkan bau ketiak, seperti bawang putih, bawang merah, jengkol hingga makanan pedas. Kurangi konsumsi makanan tersebut atau masak dengan bumbu yang lebih ringan.

Selain itu, perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, dan protein tanpa lemak guna mencegah bau badan sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

6. Konsumsi Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang dapat membantu menyeimbangkan bakteri di dalam tubuh, termasuk bakteri penyebab bau badan. Anda bisa mendapatkan probiotik dari makanan seperti yogurt, kimchi, atau suplemen probiotik.

Menjaga kebersihan tubuh adalah kunci utama untuk mencegah bau ketiak. Penggunaan deodorant juga penting untuk meminimalisir munculnya bau tak sedap yang membuat Anda tidak percaya diri. Selamat mencoba!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya