6 Sumber Makan Terbaik untuk Pembentukan Otot

Ilustrasi otot tubuh
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta, VIVA - Kemauan dan kesadaran masyarakat tanah air untuk melakukan aktivitas fisik mulai meningkat dari tahun ke tahun. Beberapa jenis olahraga bahkan menjadi sebuah tren, seperti jalan kaki, lari, sepeda, hingga filates.  

Jokowi Singgung Pembentukan Angkatan Siber Matra Keempat TNI, Berharap Dilanjutkan Prabowo

Selain bertujuan menjaga kesehatan, beberapa individu memiliki goal tersendiri. Salah satunya membentuk otot sehingga mempunyai tubuh atletis.

Tak cukup rutin berolahraga, asupan nutrisi yang tepat berperan penting mendukung pertumbuhan otot. Pemilihan sumber makanan yang tepat ke dalam pola makan dinilai mampu meningkatkan upaya pembentukan otot secara signifikan. 

Resep Chicken Cordon Bleu yang Lezat dan Creamy untuk Santapan Keluarga

Mengutip India Today, beberapa sumber makanan terbaik untuk mendukung pembentukan otot sebagai berikut.

1. Dada Ayam

Menu Unggulan Masakan Singapura yang Wajib Dicoba di Indonesia


Source : Pixabay/kakyusei

Dada ayam merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang mudah diolah dan rasanya lezat. Satu porsi dada ayam (sekitar 3 ons atau 85 gram) mengandung sekitar 26 protein.  

Daging putih ini rendah lemak dan kaya akan vitamin B6, yang berperan penting dalam metabolisme protein. Anda dapat mengolah dada ayam dengan cara dipanggang, direbus, hingga ditumis. 

2. Telur

Ilustrasi telur

Photo :
  • pixabay/condesign

Telur tinggi protein, mengandung lemak sehat serta vitamin B dan mineral. Kuning telur mengandung kolin, nutrisi yang penting untuk fungsi otak dan kesehatan otot. 

Jenis protein hewani memiliki senyawa asam amino leusin yang berkontribusi terhadap pembentukan otot. Konsumsi telur secara teratur dapat membantu meningkatkan massa otot dan kekuatan.

3. Ikan Salmon

Salmon

Photo :
  • Eat This

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ikan salmon kaya protein dan asam lemak omega-3 yang berkontribusi terhadap kesehatan otot. Peran penting omega-3 lainnya adalah mengurangi peradangan otot dan mempercepat pembentukan otot dengan melakukan latihan secara intensif. 

4. Yogurt Yunani

Yogurt.

Photo :
  • Freepik

Yogurt Yunani mengandung banyak jenis protein, khususnya kasein dan whey. Dua jenis protein itu bermanfaat untuk menjaga dan membentuk otot secara efektif.

Yogurt ini juga mengandung probiotik yang berkhasiat menjaga sistem pencernaan serta mempercepat penyerapan nutrisi oleh tubuh.

5. Tahu

Ilustrasi tahu

Photo :
  • Pixabay

Tahu terbuat dari kacang kedelai yang merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik. Tahu memiliki semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. 

Alhasil, sangat apik jika Anda masukan ke dalam menu makanan sehat guna mendukung pembentuk lebih cepat. Selain dikonsumsi oleh orang yang hendak membentuk otot, tahu menjadi sumber makanan favorit para vegetarian.

6. Daging Merah

Ilustrasi daging merah.

Photo :
  • Pixabay/joon2079

Daging merah seperti daging sapi tanpa lemak adalah sumber protein berkualitas tinggi yang sangat baik untuk pembentukan otot. Protein adalah komponen utama otot, dan mengonsumsi secara teratur akan membantu meningkatkan massa otot.

Makanan yang Anda konsumsi memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembentukan otot. Ingatlah bahwa nutrisi yang baik harus diimbangi dengan latihan yang teratur untuk hasil yang optimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya