Lakukan 6 Kebiasaan Ini di Pagi Hari Disebut Bisa Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat, Yuk Coba!

Ilustrasi bangun tidur.
Sumber :
  • Pexels/Unsplash

VIVA Lifestyle – Pagi hari merupakan momen yang tepat untuk memulai hari dengan baik dan memberikan dorongan awal yang positif untuk menurunkan berat badan. Kamu bisa melakukan beberapa kebiasaan sederhana yang dapat membuat kamu mencapai tujuan penurunan berat badan lebih cepat dan efektif. 

Banyak Lomba Lari Digelar, Bisa Cegah Penyakit Jantung Hingga Turunkan Berat Badan

Kamu bisa mulai mengatur pagimu lebih baik dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan di bawah ini. Apa saja? Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

Melansir dari Times of India, ada beberapa kebiasaan yang mulai kamu terapkan di pagi hari untuk menurunkan berat badan. Yuk simak!

Marshanda Lakukan Hal Ini Hingga Berhasil Turunkan Berat Badan Sampai 20 Kg

6 Kebiasaan untuk Menurunkan Berat Badan

Air lemon dan madu

Photo :
  • thedailymeal
Resep Es Matcha Lemon, Minuman Segar Pengganti Kopi


1. Minum air lemon

Kebiasaan pertama yakni minum air lemon dan madu. Air hangat dengan lemon dan madu adalah minuman yang kaya akan nutrisi. Lemon mengandung vitamin C yang baik untuk sistem kekebalan tubuh dan pencernaan. 

Lalu, madu mengandung antioksidan dan memiliki efek antimikroba. Kombinasi keduanya dapat membantu membersihkan sistem pencernaan, mempercepat metabolisme, dan memberikan energi alami.

2. Meditasi

Meditasi pagi hari membantu mengurangi stres dan kecemasan. Stres yang berlebihan dapat meningkatkan produksi hormon kortisol, yang dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut. Jadi, meditasi untuk mengurangi stres bisa membantu menjaga keseimbangan hormon dan mengurangi keinginan untuk makan berlebihan atau konsumsi makanan yang tidak sehat.

3. Terkena sinar matahari

Paparan sinar matahari pagi membantu mengatur ritme sirkadian tubuh, yang berperan penting dalam metabolisme dan kualitas tidur. Selain itu, sinar matahari pagi juga meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh. Vitamin D ini tidak hanya penting untuk kesehatan tulang, tetapi juga memiliki peran dalam regulasi berat badan dan metabolisme lemak.

4. Olahraga

Kebiasaan lainnya yakni melakukan olahraga high intensity interval training (HIIT) adalah metode latihan yang melibatkan interval intensitas tinggi yang diikuti oleh periode pemulihan. Latihan ini efektif dalam membakar kalori dan meningkatkan metabolisme bahkan setelah latihan selesai.

Melakukan HIIT di pagi hari dapat membantu meningkatkan energi, membakar lemak lebih efektif, dan meningkatkan metabolisme tubuh sepanjang hari.

5. Makan makanan kaya protein

Sarapan dengan makanan tinggi protein seperti telur, yogurt, atau smoothie protein membantu mempertahankan massa otot dan menjaga kenyang lebih lama. Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat atau lemak, sehingga membantu mengatur kadar gula darah dan mengurangi keinginan untuk makan camilan yang tidak sehat di antara waktu makan.


6. Mandi air dingin

Kebiasaan terakhir yakni mandi. Ya, mandi dengan air dingin dapat meningkatkan sirkulasi darah, mempercepat pemulihan otot setelah latihan, dan meningkatkan energi. Reaksi tubuh terhadap perubahan suhu juga dapat meningkatkan metabolisme.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya