6 Cara Konsumsi Tofu Bikin Turun Berat Badan, Ini Resep Lezatnya!

Tofu
Sumber :

VIVA Lifestyle – Tofu menjadi salah satu bahan makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara sehat dan tetap lezat. Kamu bisa mencoba berbagai cara kreatif untuk mengonsumsi tofu.

Banyak Lomba Lari Digelar, Bisa Cegah Penyakit Jantung Hingga Turunkan Berat Badan

Tofu tidak hanya membantu menjaga kalori tetap terkendali, tetapi juga memberikan nutrisi penting dan rasa kenyang yang lebih lama. Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

Melansir dari Weight Watcher, tofu merupakan makanan bebas kolesterol, rendah kalori, tinggi protein yang juga kaya akan kalsium dan mangan untuk tulang. Tofu dapat membantu menurunkan berat badan dengan membuat tubuh kenyang lebih lama dengan kalori lebih sedikit dibandingkan daging. 

Marshanda Lakukan Hal Ini Hingga Berhasil Turunkan Berat Badan Sampai 20 Kg

Tak hanya itu, tofu juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, terutama ketika digunakan sebagai pengganti protein hewani yang tinggi lemak jenuh. Berikut ini manfaat tofu untuk menurunkan berat badan.

6 Cara Tofu untuk Menurunkan Berat Badan 

7 Minuman yang Mempercepat Metabolisme Tubuh dan Membantu Menurunkan Berat Badan

ilustrasi perut rata, perut buncit, diet

Photo :
  • Pixabay/ Public Domain Pictures

Ada beberapa cara bagaimana tofu dapat membantu menurunkan berat badan, di antaranya;

1. Rendah Kalori

Tofu umumnya rendah kalori, terutama jika dibandingkan dengan sumber protein hewani seperti daging merah. Sebagai contoh, setiap 100 gram tofu biasanya mengandung sekitar 70-80 kalori, tergantung pada jenisnya. Ini memungkinkan untuk memasukkan protein yang cukup ke dalam diet tanpa menambah terlalu banyak kalori.

2. Tinggi Protein

Tofu adalah sumber protein nabati yang kaya. Protein sangat penting dalam diet penurunan berat badan karena membantu meningkatkan rasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk ngemil atau makan berlebihan. Selain itu, protein juga penting untuk mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan, yang membantu menjaga metabolisme tetap tinggi.

3. Rendah Lemak Jenuh dan Bebas Kolesterol

Tofu memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah dan tidak mengandung kolesterol. Lemak jenuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan dapat menyebabkan peningkatan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Memilih sumber protein rendah lemak seperti tofu dapat membantu menjaga keseimbangan nutrisi yang sehat.

4. Kaya Akan Nutrisi Penting

Selain protein, tofu juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, dan beberapa vitamin B. Zat-zat ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan selama proses penurunan berat badan. 

5. Mudah Dicerna dan Aman untuk Kesehatan

Tofu adalah makanan yang mudah dicerna oleh tubuh, sehingga tidak memberatkan sistem pencernaan. Hal ini membuatnya cocok untuk semua jenis diet, termasuk diet penurunan berat badan. 

6. Fleksibel dalam Penggunaan

Tofu dapat dimasak dengan berbagai cara, seperti digoreng, ditumis, direbus, dipanggang, atau diolah menjadi berbagai hidangan seperti sup, salad, atau kari. Kemampuan untuk menggabungkan tofu dengan berbagai bumbu dan saus memungkinkan variasi dalam diet sehat. 

Resep Sup Tofu

Berikut ini resep sup tofu yang bisa kamu coba di rumah:

Bahan-bahan:
- 1 blok tofu sedang, potong menjadi kotak-kotak kecil
- Minyak untuk menggoreng (sekitar 1-2 cm dalam panci)
- 2 sdm tepung terigu
- 2 sdm katakuriko (tepung kanji) atau tepung maizena
- 1 sdm kecap asin
- 1 sdm mirin (sake manis Jepang)
- 1 sdm dashi bubuk (bisa diganti dengan kaldu sayuran atau dashi instan)
- 300 ml air
- 1 batang daun bawang, iris halus untuk taburan
- Nori kering (rumput laut), iris tipis untuk taburan (opsional)
- Radish daikon, diparut halus untuk taburan (opsional)
- Lobak kecil, potong melingkar halus untuk taburan (opsional)

Cara membuat:

1. Potong tofu menjadi kotak-kotak kecil. Letakkan di atas tisu dapur dan biarkan mengering selama beberapa menit untuk menghilangkan kelembaban.

2. Setelah itu, panaskan minyak dalam wajan hingga cukup panas untuk menggoreng. Campur tepung terigu dan katakuriko (atau tepung maizena) dalam mangkuk kecil. Gulingkan potongan tofu di dalam campuran tepung hingga semua permukaannya tertutup dengan tipis. Goreng tofu dalam minyak panas hingga kecokelatan dan renyah. Angkat dan tiriskan di atas tisu dapur untuk menyerap kelebihan minyak.

3. Kemudian, buat kuah sup. Campur air, kecap asin, mirin, dan dashi bubuk dalam panci. Panaskan hingga mendidih.

4. Jika sudah, letakkan potongan tofu yang sudah digoreng dalam mangkuk saji. Tuangkan kuah sup panas di atas tofu. Taburi dengan daun bawang iris, nori kering iris (jika digunakan), dan bahan taburan lainnya sesuai selera seperti lobak daikon parut atau irisan lobak kecil.

5. Sup tofu ala Jepang siap disajikan hangat sebagai hidangan pembuka atau lauk utama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya