Pisang Sering Berubah Warna Menjadi Cokelat, Apakah Harus Disimpan di Kulkas?

Ilustrasi pisang.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Pisang yang fresh dan matang identik dengan warna kuning cerah. Namun, seringkali pisang yang matang dapat berubah warna menjadi cokelat dan tak jarang menimbulkan pertanyaan mengenai cara penyimpanan yang tepat.

Resep Asinan Kiamboy yang Viral di TikTok, Lezat dan Segar Banget!

Apakah pisang seharusnya disimpan di dalam kulkas agar tak berubah warna? Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

Perlu diketahui, perubahan warna pisang yang menjadi cokelat disebabkan oleh proses alami yang dikenal sebagai pematangan enzimatik. Ini dipengaruhi oleh produksi etilen dalam pisang. 

Gak Melulu Jahat! Dokter Ungkap Ada Gula Baik untuk Cegah Diabetes, Apa Itu?

Perubahan warna pisang ini sebenarnya tidak selalu mengindikasikan kerusakan buah. Melansir dari Healthline, pisang yang sudah berubah warna menjadi kecokelatan masih dapat dikonsumsi atau diolah menjadi jus atau smoothies.

Namun, ada beberapa cara penyimpanan yang ideal untuk membantu mempertahankan kesegaran pisang lebih lama dan mencegah penurunan kualitas rasa serta tekstur. Bagaimana caranya?

Menguak 4 Cara Konsumsi Pisang untuk Menurunkan Berat Badan, Mau Coba?

Tips Simpan Buah Pisang, Haruskah Masuk Kulkas?

Buah pisang.

Photo :
  • Pixabay/stevepb

Berikut ini tips menyimpan buah pisang agar kesegarannya tetap bertahan lama:

1. Pisahkan dari Buah Lain

Pisang menghasilkan etilen yang dapat mempercepat pematangan buah-buahan lainnya. Pisahkan pisang dari buah-buahan lain untuk mengurangi paparan etilen.

2. Simpan di Tempat Sejuk

Simpan pisang di tempat yang sejuk, seperti di dalam lemari es atau di tempat yang sejuk di ruangan. Suhu rendah dapat memperlambat proses pematangan.

3. Bungkus Ujung Batang Pisang 

Bungkus ujung batang pisang dengan kertas atau plastik. Ini dapat membantu mengurangi paparan udara langsung ke batang pisang dan memperlambat pematangan.

4. Jangan Menyimpan di Kulkas Bila Pisang Belum Matang

Jika pisang belum matang, sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas karena suhu terlalu rendah dapat merusaknya. Setelah matang, baru bisa disimpan di dalam kulkas untuk mempertahankan kesegarannya. 

5. Langsung Konsumsi 

Pisang yang sudah matang lebih cepat berubah warna. Sebaiknya konsumsi atau olah pisang segera setelah matang untuk menjaga kesegaran rasa dan teksturnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya